Tunggu Sebentar

 

Gaya HidupTrend Bisnis Startup yang Bakal Booming di Tahun 2020

DevaFebruari 5, 2020
trenbisnis1

Bisnis digital selalu mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Pada tahun 2019 sektor startup yang banyak diminati antara lain services on demand dan e-commerce. Go-jek dan grab merupakan contoh dari startup yang bergerak di bidang service on demand. Sedangkan bisnis seperti Traveloka, Tokopedia, dan Bukalapak adalah bisnis yang bergerak di bidang e-commerce.

Selain itu, sektor teknologi finansial (fintech) yang banyak diminati pada tahun 2019 antara lain pinjaman online dan kredit tanpa kartu. Dalam sektor artificial intelligence atau kecerdasan buatan telah ambil bagian di tahun 2019 dengan hadirnya teknologi chatbot. Sektor selanjutnya yang sempat menjadi tren di tahun 2019 adalah iot atau internet of things dengan produk pemberi pakan otomatis untuk ternak ikan dan juga udang.

Tren startup yang akan muncul di tahun 2020 ini, diprediksikan tidak jauh berbeda dari tren yang ada di tahun 2019. Beberapa sektor yang diprediksikan menjadi tren untuk startup di 2020 antara lain fintech, e-commerce, health tech, education, artificial intelligence, dan internet of things. Berikut ini beberapa produk yang bisa dihasilkan dari startup di tahun 2020 ini.

Financial Technology (Fintech)

Fintech akan tetap menjadi tren startup di tahun 2020 dengan menawarkan berbagai kemudahan untuk bertransaksi keuangan tanpa harus datang ke bank. Beberapa layanan fintech seperti dompet digital dan juga peer to peer lending masih akan tetap digemari di tahun 2020 ini.

Masyarakat Indonesia merasa banyak manfaat dan kemudahan dengan hadirnya fintech. Selain itu, sektor fintech juga turut menyumbang kemajuan perekonomian di Indonesia. Meskipun sejak bulan September 2018 lalu, terjadi banyak gugatan kepada fintech yang bergerak pada produk peer to peer lending (pinjaman online), namun produk fintech lain masih banyak diminati bahkan semakin meningkat peminatnya hingga saat ini.

E-Commerce (Market Place)

Bisnis e-commerce seperti tidak ada matinya dari tahun ke tahun, bahkan hingga puluhan tahun ke depan. Toko online sangat digandrungi yang menyediakan berbagai keperluan yang dapat dibeli tanpa harus keluar rumah. Toko online merupakan perpaduan antara fintech dan e-commerce yang memanjakan masyarakat di dunia dan diprediksi akan terus mengalami perkembangan di tahun-tahun berikutnya.

Health Tech

Kesehatan merupakan salah satu kebutuhan jasmani dan rohani bagi seluruh masyarakat. Di tahun 2020 health tech diprediksikan akan menjadi sektor baru bagi tren startup. Masyarakat akan mendapatkan kemudahan untuk berkonsultasi dengan dokter tanpa harus mengunjungi rumah sakit atau tempat praktek dokter. Salah satu contoh health tech yang sedang berkembang di Indonesia saat ini adalah layanan Halodoc.

Layanan Halodoc menyediakan berbagai fitur untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis dan juga membeli obat dari apotek dengan sangat mudah. Pengguna hanya perlu memilih di aplikasi yang tersedia, kemudian obat akan diantar ke alamat.

Education (Pendidikan)

Startup yang bergerak di bidang pendidikan akan terus mengalami peningkatan di tahun 2020 ini. Kebutuhan siswa untuk belajar di luar jam sekolah menjadi peluang yang sangat besar untuk startup di bidang education. Dengan menyediakan layanan bimbel secara online dan biaya yang lebih terjangkau, layanan dari start of education ini lebih diminati oleh banyak kalangan.

Saat ini bimbingan belajar dapat dilakukan tanpa harus datang ke tempat bimbingan belajar (bimbel) atau mengundang guru privat ke rumah. Namun cukup dilakukan dengan aplikasi yang disediakan oleh startup education.

Beauty (Kecantikan)

Masalah kecantikan sedang hangat-hangatnya di Indonesia karena sangat digemari oleh para wanita khususnya. Saat ini, semakin banyak wanita yang sadar betapa pentingnya menjaga kesehatan kulit, terutama bagian wajah. Maka dari itu, hadir berbagai influencer kecantikan atau Beauty Vlogger di dunia maya dalam menciptakan tren ini. Startup kecantikan di Indonesia pun mulai bermunculan.

Itulah beberapa tren bisnis startup yang diprediksi akan semakin booming di tahun 2020 ini. Dalam perkembangan startup, pemerintah juga ikut berperan untuk mensukseskan bisnis startup di Indonesia. Beberapa kementerian negara seperti Menristek, Menperin, dan Kominfo bekerja sama dalam mencari bibit baru startup Indonesia dengan membuat regulasi untuk mengatur tentang bisnis startup. Harapan pemerintah dengan munculnya startup baru tersebut tentunya agar dapat berdampak baik bagi perekonomian Indonesia.