Tunggu Sebentar

 

Gaya HidupUsia 30 Tahun Tidak Bisa Jadi Miliarder? Deretan Pemuda Indonesia ini Buktinya

Agus FebriantoFebruari 17, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/grey-metal-case-of-hundred-dollar-bills-164652.jpg

Tahun 2019 Majalah kenamaan Forbes merilis kembali Forbes 30 Under 30 Asia. Dari daftar pengusaha muda sukses Asia yang diurut oleh Forbes, terdapat pemuda asal Indonesia lho. Dari 23 negara yang mencakup 10 bidang industri, Forbes memilih  17 generasi muda Indonesia yang dinilai sukses dalam membangun bisnisnya.

Siapa saja mereka? Berikut empat di antaranya:

1.James Prananto (29 tahun)

Anda yang tahu Kopi Kenangan, ternyata foundernya menjadi salah satu pengusaha sukses saat masih berusia di bawah usia 30 tahun. Hal tersebut tidak mengherankan apabila melihat bagaimana larisnya Kopi Kenangan di pasaran. Bahkan, tahun ini Kopi Kenangan telah memilki ratusan gerai yang tersebar di sejumlah wilayah tanah air. Perusahaan tersebut mampu menjual jutaan gelas kopi dalam setiap bulannya.

2.Amanda Cole (28 tahun)

Amanda di usianya yang baru menginjak 28 tahun sudah disebut sebagai pengusaha sukses. Amanda merupakan pendiri startup Sayurbox. Startup ini memilki platform  distribusi sayur segar. Sayurbox telah bermitra dengan 300 perkebunan, dan melayani 50.000 pelanggan, hingga menghasilkan 1.000 pengiriman sehari.

Ia pun berhasil memenangkan kompetisi startup Seedstars Jakarta, dan telah menerima lebih US$2 juta dalam bentuk pendanaan.

3.Haryanto Tanjo (30 tahun)

Haryanto Tanjo merupakan pendiri Moka Indonesia.Moka adalah sebuah startup yang membantu pengusaha UKM dan pengecer mengelola pembayaran dan operasi manajemen bisnis.

Atas keberhasilannnya membangun Moka, perusahaan ini mendapat kucuran dana dari SoftBank dan EDBI, cabang investasi dari Dewan Pengembangan Ekonomi Singapura. Secara total Moka telah mengumpulkan lebih dari US$28 juta.

4.Aruna Harsa (26 tahun)

Aruna Harsa merupakan salah satu pendiri Dekoruma. Dekoruma adalah  sebuah platform dekorasi rumah yang menghubungkan pelanggan dengan desainer, pemasok, dan vendor interior.

Pada tahun 2018 Dekoruma mendapat pendanaan seri B dari beberapa investor seperti Global Digital Niaga (lini bisnis  GDP Ventures), SGC dan Beenext tahun lalu.

Menginspirasi bukan? Teryata usia bukan menjadi halangan untuk sukses.