Tunggu Sebentar

 

E-Commerce5 Sektor Startup yang Diperkirakan Berkembang di Tahun 2020

Andreas Rifto DevaMaret 11, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/03/5-Sektor-Startup-yang-Diperkirakan-Berkembang-di-Tahun-2020.jpg

Peluang bisnis industri startup diperkirakan masih berkembang pesat di tahun 2020 ini. Meski demikian, tak semua sektor startup mengalami peningkatan. Ada yang malah menurun karena perubahan kebutuhan masyarakat. Setidaknya tahun ini kelima sektor start up ini akan bertahan bahkan dikabarkan akan menggurita.

  1. Fintech

Kebutuhan masyarakat akan persyaratan pinjaman uang yang praktis menjadikan pinjaman online atau fintech sebagai salah satu alternatif mendapatkan pinjaman uang dengan cepat. Startup sektor ini diprediksi akan berkembang pesat di tahun 2020. Meski diprediksi akan berkembang pesat, sepertinya OJK memiliki banyak pekerjaan rumah untuk mengawasi jalannya startup fintech ini karena banyaknya pinjaman online ilegal yang merugikan masyarakat.

  1. Transportasi

Start up di sektor transportasi disinyalir masih akan mendominasi pangsa pasar di tahun 2020. Inovasi yang memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk bepergian dengan mudah jadi salah satu alasan startup di sektor transportasi ini bertahan.

  1. Ecommerce

Sektor selanjutnya adalah e-commerce atau marketplace yang dikabarkan akan semakin berkembang pesat. Mengingat transaksi belanja online masyarakat Indonesia selama empat tahun terakhir terus meningkat secara signifikan bahkan kini mencapai Rp 69,9 kuadriliun. Dan tentunya ini menjadi sebuah peluang bisnis yang menjanjikan di tahun 2020.

  1. Logistik

Maraknya situs belanja online atau marketplace menjadikan kebutuhan para pelaku bisnis atas jasa kirim logistik semakin meningkat. Bahkan kini, startup di sektor logistik telah banyak memberikan inovasi-inovasi baru dalam mewujudkan keinginan para pelaku bisnis. Kehadiran startup logistik memberikan pilihan alternatif yang praktis dan murah dalam mengirimkan barang ke luar pulau dan provinsi. Sehingga memiliki dampak yang signifikan bagi kehidupan masyarakat.

  1. Investasi

Kebutuhan masyarakat akan produk-produk investasi seperti reksa dana, saham, obligasi, hingga emas menjadikan startup di sektor investasi laris manis dicari pemodal. Terlebih dorongan untuk mandiri secara finansial menjadi salah satu faktor berkembangnya startup investasi ini. Tren anak muda berinvestasi ini jadi salah satu hal yang menyebabkan startup di sektor ini diperkirakan akan melesat di tahun 2020.