Tunggu Sebentar

 

Gaya Hidup6 Solusi Meningkatkan Kebiasaan Membaca Buku

Ringga RahmiMaret 26, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/03/Meningkatkan-Kebiasaan-Membaca-Buku.jpg

You Are What You Read

Kalimat diatas merupakan quote dari Oscar Wilde. Cara sesorang dalam bersikap dan berfikir akan ditentukan oleh apa saja informasi yang diterima oleh seseorang. Informasi dapat diterima dari berbagai sumber, seperti buku, film dan berita dari media cetak maupun media elektronik.

Meningkatkan Kebiasaan Membaca Buku
Kebiasaan Membaca Buku

Membaca buku terkadang menjadi kendala tersendiri bagi banyak orang. Setiap orang memiliki beberapa buku yang ingin dibaca, bahkan beberapa buku yang telah dibeli namun belum pernah dibaca dan hanya menjadi pajangan di ruang kerja. Berikut memulai.id akan memberikan beberapa solusi untuk meningkatkan kebiasaan membaca buku.

  • Mulailah Dengan Buku Dengan Tema Yang Digemari

Meningkatkan kebiasaan membaca buku dapat dimulai dengan memilih buku dengan tema yang paling kita sukai. Contohnya apabila Anda merupakan seorang karyawan yang berencana membangun bisnis start up suatu hari nanti, maka dapat membeli buku mengenai hal ini. Untuk bacaan yang berat dapat membeli buku mengenai langkah untuk memulai bisnis seperti Zero to One: Notes on Startups, or How to Build the Future .

Bagi Anda yang menyukai buku biografi maka dapat membaca buku dengan judul Steve Jobs yang berisi perjalanan hidupnya dalam memulai karir untuk membangun bisnis start up.

  • Selalu Membawa Buku Saat Bepergian

Dengan membawa buku saat kita berpergian, maka kita akan termotivasi untuk membaca buku. Contohnya kita dapat membaca buku saat menunggu pesanan diantarkan ketika makan di sebuah restoran dan juga kita dapat memanfaatkan waktu saat berada di kereta dengan membaca buku.

Membaca buku memberikan berbagai manfaat yaitu menumbuhkan pola pikir yang baru pada kita. Manfaat lain dari membaca buku adalah sebagai pilihan tepat untuk mengisi waktu luang. Sehingga kita menjadi mengurangi waktu untuk bermain handphone di waktu luang.

  • Membuat Waktu Khusus Untuk Membaca Buku

Solusi lain untuk meningkatkan kebiasaan membaca buku adalah dengan mengatur waktu untuk membaca buku setiap hari. Bisa dengan menyediakan waktu saat bangun di pagi hari ataupun malam sebelum tidur. Membaca buku dapat dilakukan secara berangsur-angsur misalnya satu bab selama satu hari.

Anda dapat membiasakan diri untuk membaca buku sebelum tidur dengan mengatakan pada diri sendiri bahwa tidak akan tidur sebelum membaca 1 bab dari buku. Mungkin pada awalnya akan terasa berat, namun setelah dilatih selama beberapa hari, membaca buku sebelum tidur dapat menjadi kebiasaan.

Dengan menyediakan waktu untuk membaca kita akan terbiasa untuk membaca buku. Ketika membaca buku telah menjadi kebiasaan, maka kita tidak akan merasa terbebani lagi untuk membaca buku. Seperti yang kita lihat pada masyarakat Jepang yang sudah terbiasa membaca buku, mulai dari anak-anak sampai dengan orang tua.

  • Membagikan Ilmu Yang Didapat Dari Buku

Apabila Anda mendapatkan inspirasi dari buku yang telah dibaca, maka Anda dapat membagikan apa saja yang ada pada buku tersebut. Bisa dengan cara berdiskusi dengan rekan kerja yang juga membaca buku yang sama, cara lain adalah dengan menulis di blog pribadi mengenai isi buku yang telah dibaca.

Dengan berbagi ilmu dari apa yang telah dibaca, maka keinginan diri untuk selalu menambah pengetahuan akan meningkat. Sehingga membaca tidak lagi menjadi beban dan akan menjadi kebiasaan.

Cara lain untuk membagikan isi dari buku yang telah dibaca yaitu dengan membagikannya melalui media sosial yang Anda miliki. Anda dapat membagikan potongan buku yang menginspirasi pada postingan di instagram ataupun facebook.

  • Menggunakan Ilmu Dari Buku Pada Keseharian

Apa yang telah dibaca akan lebih bermakna apabila diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya apabila anda membaca buku The 7 Habits of Highly Effective People  oleh Stephen Covey, maka sebaiknya isi dari buku ini langsung diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Buku ini telah menjadi buku terlaris versi Wall Street Journal. Buku ini memberikan beberapa gaya hidup yang dapat dilakukan untuk menjadi orang yang efektif dalam kehidupan sehari-hari.

Membaca buku dengan cara ini menjadikan hidup kita mengalami perubahan dan memberikan dampak langsung pada hidup. Hal ini akan membuat kita menjadi bersemangat untuk membca buku, sehingga membaca buku menjadi rutinitas karena ada hal baru yang didapatkan ketika membaca buku.

  • Bergabung Dengan Club Membaca

Memiliki teman atau sekumpulan orang yang memiliki kebiasaan membaca buku akan meningkatkan minat kita membaca buku. Untuk itu cara ini patut dicoba, yaitu dengan mengikuti club atau organisasi yang berisi orang-orang yang gemar membaca buku.

Kita dapat menemukan berbagai club membaca dari internet maupun Facebook. Dengan bergabung menjadi anggota, kita memiliki motivasi yang lebih untuk membaca buku dan juga bisa berbagi tips untuk meningkatkan kebiasaan membaca buku dengan anggota dari club membaca.

Cara yang paling simpel adalah dengan mengikuti akun di media sosial yang berisi tentang buku dan orang-orang yang suka membaca buku. Cara ini dinilai sangat efektif karena hampir setiap orang selalu membuka media social setiap hari.

  • Mulailah Dari Sekarang

Dalam memulai hal yang baru seperti membiasakan diri untuk membaca harus dimulai dari saat ini. Karena kebiasaan menunda akan menjadikan diri menjadi tidak akan pernah mencapai tujuan. Hal ini disebabkan oleh berbagai maca alasa, contohnya kita sebagai pemilik sebuah bisnis selalu beralasan tidak memiliki waktu yang luang untuk membaca buku.

Solusi yang dapat kita lakukan adalah seperti mulai membaca sebuah buku yang ada di meja kerja saat jam istirahat. Tidak perlu dalam jumlah yang banyak, cukup dimulai dengan beberapa halaman terlebih dahulu.