Tunggu Sebentar

 

Gaya HidupTeknologi7 Aplikasi Teleconference Gratis untuk Rapat dari Rumah

Sigid SetyoMaret 25, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/03/aplikasi-teleconference-gratis.jpg

Aplikasi teleconference gratis berikut ini bisa dimanfaatkan untuk rapat dari rumah. Di tengah pandemi Corona, seruan untuk kerja dari rumah atau #WorkFromHome gencar digaungkan. Rapat dari rumah pun menjadi solusi untuk keperluan business meeting yang wajib dilakukan. Dengan adanya aplikasi teleconference, semua itu tak lagi jadi kendala.

1. Aplikasi Teleconference Gratis Skype

Skype merupakan legenda dalam hal teleconference, bahkan massconference. Menjadi pioner dalam teknologi VoIP di masanya, Skype menjelma menjadi penyedia layanan komunikasi jarak jauh terlengkap. Layanannya memiliki fitur yang sangat lengkap. Mulai dari chatting, video call, pengiriman gambar, dokumen, hingga share screen secara realtime.

Aplikasi yang kini menjadi besutan dari Microsoft ini dapat menampung hingga 25 orang dalam satu konferensi. Jumlah yang cukup banyak untuk melakukan sebuah teleconference. Keunggulan yang lain, aplikasi ini tersedia secara luas untuk berbagai perangkat, mulai dari smartphone, komputer PC atau laptop, hingga TV.

Download aplikasi teleconference gratis ini di sini.

2. Teleconference dengan Google Hangouts Meet

Aplikasi lain yang menjadi legenda di bidang teleconference adalah Google Hangouts Meet. Ini merupakan fitur layanan Google yang memang sengaja didesain untuk melakukan pertemuan atau rapat jarak jauh. Jumlah orang yang dapat difasilitasi dalam meeting tersebut sangat besar, mencapai 250 orang.

Kelebihan lainnya adalah layanan ini terintegrasi dengan beragam layanan Google lain seperti Google Calendar. Dengan demikian, pengguna akan mendapatkan peringatan langsung di perangkatnya. Layanan Google Meet ini juga dapat dilakukan melalui perangkat smartphone dan PC atau laptop.

Layanan ini sebenarnya berbayar, tapi pengguna dapat mencobanya secara gratis lewat fitur free trial di sini.

3. Cisco Webex Teleconference

Cisco Webex merupakan layanan handal dari Cisco yang kerap digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar di dunia. Fiturnya sangat lengkap seperti halnya Skype dan lebih lagi dapat terintegrasi dengan platform lain seperti Dropbox, G-drive, dan sebagainya.

Layanan personal hanya dapat menampung 25 orang dalam satu panggilan video. Sedangkan untuk kelas bisnis mampu menampung hingga 100 orang dalam satu konferensi. Layanan ini berbayar, tapi pengguna dapat mencoba versi trialnya di sini.

4. Aplikasi Teleconference Zoom

Zoom merupakan aplikasi teleconference gratis yang menyediakan fitur cukup mumpuni untuk paket gratisnya. Tanpa harus membayar, pengguna dapat melakukan teleconference kepada 100 peserta sekaligus selama 40 menit. Jika ingin lebih lama atau memuat lebih banyak peserta, pengguna dapat menggunakan versi premiumnya.

Keunggulan lain adalah integrasinya dengan layanan penyimpanan awan (cloud storage) lain seperti Dropbox, G-drive, dan semacamnya. Ada juga layanan share screen dan invite by email or by phone. Untuk mencoba versi free trialnya, dapat ke tautan ini.

5. Teleconference dengan GoToMeeting

GotoMeeting merupakan layanan yang didesain khusus untuk melakukan rapat dari rumah. Rapat online yang dapat diakomodir dapat menampung hingga 250 orang untuk versi berbayar dan 3 orang untuk versi gratis.

Pengguna juga dapat mengadakan rapat sepanjang 40 menit dan merekamnya secara gratis. Untuk jumlah waktu tak terbatas, pengguna meng-upgrade keanggotaannya dengan harga yang relatif murah.

6. Aplikasi Teleconference ClickMeeting

ClickMeeting didesain secara khusus untuk mengadakan rapat online atau webinar. Platform video conference ini bahkan dapat dicoba gratis selama 7 hari untuk seluruh fitur dan layanannya. Jumlah orang yang dapat ditampung untuk versi gratisnya hanya 25 orang.

Meski ada aplikasi untuk smarphone, bagi peserta conference tak perlu menginstall aplikasi untuk dapat mengikuti konferensi. Rapat dapat diikuti langsung melalui browser bawaan perangkat masing-masing.

7. Aplikasi WhatsApp

Meski sudah sering digunakan untuk video call, siapa sangka WhatsApp dapat juga digunakan untuk video conference. Sayangnya, aplikasi instant messenger ini hanya dapat menampung hingga 4 orang dalam satu panggilan. Bagusnya, layanan ini gratis tanpa syarat apapun dan tanpa batasan waktu.

Nah, sayangnya, hingga sekarang belum ada start up aplikasi teleconference gratis buatan Indonesia asli. Mungkin kamu dapat mencoba ide ini.