Tunggu Sebentar

 

Food & BeveragesBisnis Minuman Kopi Kekinian, Peluang Manisnya Patut Dicoba!

Henney28Maret 24, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/03/janjijiwa.jpg

 

Berbicara soal kopi, pasti tak akan ada habisnya. Sudah sejak dulu, minuman kopi menjadi salah satu minuman populer dan sangat digemari sebagian besar masyarakat Indonesia. Bahkan kopi memiliki tempat yang begitu istimewa di beberapa kalangan. Hingga sekarang ini, karenanya tak mengherankan jika kini kopi berkembang begitu pesat dan juga signifikan. Sehingga minuman kopi kerap jadi ladang bisnis bukanlah hal yang baru lagi.

Peluang Bisnis Minuman Kopi Kekinian

Di era modern seperti saat ini berbisnis minuman kopi dinilai punya prospek yang lebih menjanjikan. Baik berbisnis minuman kopi secara tradisional ataupun kopi kekinian. Apabila lebih diperhatikan lagi secara seksama, sekarang ini sudah banyak ditemukan kedai kopi kekinian yang menjamur hampir di semua sudut kota. Bahkan pelanggan yang datang pun hampir selalu ada dan seolah tak pernah surut. Perubahan gaya hidup seiring perkembangan jaman dan kebutuhan minuman kopi, tampaknya mulai dilihat sebagai peluang bisnis yang menarik bagi sebagian pelaku bisnis.

Karena memang, nongkrong sambil ngopi kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup anak muda milenial kekinian yang kerap membagikan aktivitasnya di media sosial. Hal tersebut membuat bisnis minuman kopi kekinian makin berkembang bahkan melejit. Karenanya jangan heran apabila virus ngopi juga semakin membuat anak muda di berbagai daerah kian semakin teracuni sehingga menjadikan bisnis kopi makin populer dan hits.

Jika dulu, kopi identik dengan warnanya yang hitam pekat dengan rasa yang kuat. Kini minuman kopi memiliki varian yang lebih menarik dan cocok dengan selera anak muda milenial.  Sehingga hal ini tentu menjadi inovasi yang membuat bisnis minuman kopi kekinian bia bertahan dan makin meningkat valuenya.

Salah satu bisnis minuman kopi kekinian yang telah sukses meraup untung ialah Kedai Janji Jiwa. Populer dengan tagline-nya “kopi dari hati,” bisnis minuman kopi kekinian ini sukses menarik perhatian anak-anak muda milenial. Menawarkan minuman kopi lokal yang memiliki kualitas rasa yang pas untuk anak muda. Kopi Janji Jiwa memiliki banyak menu favorit untuk #temansejiwa, sebutan untuk pelanggan setianya. Misalnya saja es kopi susu (perpadun espresso, susu, dengan gula aren). Soal harga, minuman kopi kekinian ini dibanderol dari mulai Rp15 ribu hingga 30 ribu an saja. Hingga kini, bisnis minuman Kopi Janji Jiwa telah memiliki  500 outlet lebih atau jilid yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Bisnis ini sangat cepat berkembang karena memiliki konsep kemitraan.

Melihat kesuksesan bisnis minuman Kopi Janji Jiwa, tentu ingin sekali bukan memiliki bisnis yang sama? Tapi, bagaimana caranya memulai bisnis tersebut? Pertimbangan seperti apa yang harusnya dilakukan agar bisa menjalankan memulai bisnis kopi kekinian seperti yang Kopi Janji Jiwa lakukan agar bisa bertahan dan bersaing di pasaran hingga sukses seperti saat ini? Simak ulasan berikut selengkapnya.

Tentukan Konsep

Memulai bisnis minuman kopi kekinian memang bukan hal yang mudah, namun bukan berarti sulit untuk dikembangkan. Itulah sebabnya, sejak awal Anda harus benar-benar memiliki konsep binsis yang ingin dijalankan. Jika memilih bisnis minuman kopi kekinian, maka konsep dan desain dari kemasan kopi yang Anda buat harus memiliki kesesuaian. Tentunya, konsep saja tak cukup, karena memang ukuran utama agar bisa memenangkan persaingan dan hati pelanggan bukan hanya itu.

Buat Kemasan Terlihat Lebih Menarik

Biasanya, sebuah kedai kopi tak cuma melayani pelanggan yang ingin menikmati kopi sambil nongkrong di dalam kedai. Banyak juga yang kerap memesan minuman kopi untuk dinikmati sambil jalan atau dibawa pulang. Karena itulah, kemasan minuman kopi  harus dipikirkan semenarik mungkin, sebab hal ini tak kalah penting untuk diperhatikan. Pasalnya, kemasan bisa memberikan pengaruh luar biasa pada pelanggan. Tentunya minuman kopi dengan desain yang unik akan jauh lebih terlihat menarik dibanding kemasan tanpa desain apapun. Agar makin menarik, sesuaikan dengan konsep bisnis yang diusung, misalnya melalui desain logo kemasannya.

Selalu Inovatif

Salah satu trik agar bisnis yang dijalankan semakin berkembang ialah dengan adanya inovasi. Selain itu, inovasi bisa dilakukan dengan menambah varian menu. Seperti menambahkan menu pelengkap minuman kopi, seperti kue kering, cake atau camilan yang sedang hits saat ini. Atau bisa juga dengan mengakali suasana kedai jadi lebih nyaman sehingga pelanggan jadi betah dan ingin kembali lagi dan lagi mencicipi menu yang disediakan.