Tunggu Sebentar

 

Gaya HidupCara Jitu Tangani Start Up yang Mengalami Krisis Keuangan

HowardMaret 17, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/03/1-us-bank-note-47344-1280x905.jpg

Masalah seringkali terjadi apabila anda memutuskan untuk mendirikan ataupun membangun sebuah start up. Terutama masalah yang paling sering kali terjadi adalah mengenai keuangan ataupun finansial dalam sebuah perusahaan.

Kenyataannya bisnis start-up seringkali berada di ambang kegagalan. Namun hal tersebut dapat diatasi apabila anda sudah melihat tanda-tandanya jangan bingung. Karena berikut ini adalah cara untuk bisa menangani perusahaan startup, yang sedang mengalami krisis keuangan.

  1. Harus Bertindak Segera

Hal pertama yang harus anda lakukan tentu saja segera bertindak dalam keadaan seperti ini terutama saat krisis dan juga di ambang batas. Ada banyak hal yang harus anda pikirkan mulai dari bangkrutnya startup, kemudian para karyawan yang harus meninggalkan perusahaan dan tidak memiliki pekerjaan.

Apabila anda memang seorang founder ataupun pemimpin yang sejati, di mana anda harus bertanggung jawab. Jangan sia-siakan waktu yang anda miliki serta berusaha untuk menyelamatkan perusahaan. Anda hanya memiliki sedikit waktu untuk menentukan keputusan dan juga mempertahankan perusahaan, agar tetap bisa berjalan.

Cobalah untuk mencari investor ataupun pinjaman dan jangan menunda atau bahkan ragu untuk meminjamnya. Selain itu susun juga strategi baru untuk bisa mempertahankan startup dan bicarakan dengan karyawan.

Bagaimana kondisi perusahaan sekarang ini mempertahankan karyawan hanya demi melihat kehancuran perusahaan sama saja merencanakan sebuah kegagalan. Cobalah untuk mengatur kembali berapa banyak orang yang anda butuhkan sebagai sumber daya manusia utama, untuk membantu membangun kembali.

  1. Putus Asa Bukan Solusi

Putus asa merupakan cara kedua yang harus dihindari benar bisnis merupakan sebuah hal yang sangat sulit untuk diatasi. Bahkan seringkali berada di ambang kegagalan selain itu bagi seorang sounder ataupun pendiri startup ?

Bukanlah tidak mungkin mengalami putus asa atau kesal karena adanya kehancuran ataupun kesalahan yang dilakukan. Namun menunjukkannya hanya akan membuat orang lain atau orang-orang di sekitar anda merasakan hal yang sama. Cobalah tetap bersikap profesional dalam keadaan seperti ini sehingga anda bisa melihat cahaya terang di lorong panjang.

Anda bisa melihat solusi apa yang harus diambil ketika masalah pelik tersebut mendera. Jangan juga menerima tawaran buruk yang sebenarnya nantinya akan menjerat anda di kedepannya.

  1. Membuat Rencana

Hal ketiga apabila anda mengalami krisis keuangan pada startup yaitu putuskan untuk membuat rencana yang jelas dan masuk akal. Hal ini dilakukan khususnya bagi anda yang memang membutuhkan masukan ataupun nasihat tambahan dari para pendiri startup yang sudah sukses.

Mereka yang pernah mengalami kegagalan juga sangat penting. Misalnya saja cobalah mencari pemasukan yang lain untuk mengatasi pembayaran pinjaman menjual bisnis, atau perusahaan untuk mengatasi pembayaran, meningkatkan investor dan juga saham serta hal lain. Sebagainya dengan segera bertindak dan juga membuat rencana. Setidaknya anda sudah menentukan satu langkah tepat untuk menyelamatkan perusahaan.

  1. Temukan Titik Masalahnya

Terakhir merupakan cara yang paling ampuh dan juga penting. Bagi banyak founder start up, memahami masalah hal penting. Di mana anda harus bisa menemukan sumber masalah dari krisis keuangan nya. Apabila ternyata krisis tersebut terjadi akibat kurangnya pemasukan dan juga besarnya modal yang dikeluarkan.

Maka anda harus memutar otak bagaimana caranya agar perusahaan dapat menjual produk tanpa harus mengeluarkan biaya berlebihan. Anda harus tahu, mana yang mengakibatkan kebakaran dengan begitu anda bisa melihat krisis keuangan. Kemudian menyelesaikannya satu persatu masalah ini, merupakan tips yang paling penting dan juga paling sulit untuk dilakukan. Tetapi jika anda sudah bisa mempraktekkannya semua akan berjalan dengan mudah.