Tunggu Sebentar

 

E-CommerceCara Membuat Website Ecommerce Ternyata Mudah!

ajengypsMaret 29, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/03/Cara-Membuat-Website-Ecommerce-1280x853.jpeg

 

Cara membuat website ecommerce menjadi informasi penting bagi pelaku bisnis. Hampir semua bisnis yang dijalankan sudah dikembangkan dengan adanya ecommerce. Lalu bagaimana sih cara untuk membuat website ecommerce tersebut? Yuk simak penjelasan pembuatan website ecommerce berikut ini.

1. Buat Website

Pembuatan ecommerce akan tetap mudah meskipun akan sedikit berbeda dengan pembuatan website biasanya. Yang dilakukan pertama kali adalah membuat website. Pilihlah penyedia jasa hosting yang bagus. Bagaimana ciri hosting yang bagus? Yaitu kapasitas traficnya tinggi.

Jadi, ketika website tersebut dikunjungi oleh banyak orang, kecepatan website tersebut tetap normal atau masih tetap bisa di akses. Salah satu hosting yang bisa digunakan adalah Beon. Beon telah dipercaya dalam pembuatan website ecommerce.

2. Cara Membuat Website Ecommerce Kedua Adalah Login

Setelah membuat website selanjutnya adalah login ke member area untuk mengatur segala hal. Kemudian, pilihlah domain yang ingin dipakai misalnya www.memulai.id . Nama domain bisa disesuaikan dengan nama bisnismu ya.

Setelah itu akan memilih hosting. Cara memilih hosting yang baik adalah dengan melihat apakah hosting tersebut mempunyai banyak tools. Tools yang banyak akan membantu kamu membangun dan mengelola website ecommerce ini nantinya. Jadi, pilih betul – betul ya.

3. Ke CPanel

Langkah cara membuat website ecommerce selanjutnya adalah masuk ke CPanel. Masuknya menggunakan username dan password yang telah dikirimkan ke emailmu sebelumnya. Nah, yang dilakukan di CPanel adalah untuk mengatur peralatan yang bisa membantumu mengatur website ini.

4. Instal WordPress dan Plugin WordPress

Cara membuat Website ecommerce keempat adalah menginstal wordpress sekaligus plugin wordpress. Cara instal wordpress yaitu masuk CPanel, kemudian pilih menu softaclous. Kemudian, pilih ikon huruf W yang merupakan logo WordPress dan install. Setelah terpasang, kamu tinggal mendesain tampilannya.

Untuk cara instal pluginnya juga cukup mudah. Plugin berfungsi sebagai pendukung pengembangan websitemu sehingga dikunjungi banyak orang. Lihat tampilan di sebelah kiri wordpress, lalu pilihlah ikon colokan yang diberinaman plugin. Setelah itu klik add new. Tara, selanjutnya akan muncul beebrapa pilihan plugin yang ditawarkan. Untuk membuat website ecommerce pilihlah “WooComerce”. Komponen website ecommercenya sudah lengkap, hanya perlu beberapa tambahan.

5. Registrasi Keuangan WooCommerce

Registrasi keuangan pada WooCommerce maksudnya adalah pengisian data yang diperlukan bagi sebuah toko. Data yang diminta tidak ada yang aneh. Kamu hanya perlu mengisinya dengan benar dan teliti karena ini akan berpengaruh pada bisnismu. Data yang diperlukan berupa nama toko, alamat toko, alamat pengiriman, sistem pengiriman, dan rekening kamu. Setelah semuanya terkonfirmasi, tools disebelah kiri akan bertambah. Tulisan “Products” akan ikut mengisi menu.

6. Upload Produk dan Mulai Berjualan

Cara membuat website ecommerce yang terakhir adalah mencoba cara kerja website ecommercemu apakah telah bekerja dengan benar. Pertama, unggah beberapa produk dan masukkan beberapa keterangan terkait harga dan sebagainya. Kemudian, cobalah kamu order ke websitemu itu dan lihatlah apakah ada notifikasi yang masuk. Jika ada, maka website ecommerce-mu sudah siap digunakan. Jangan lupa untuk selalu update stock produk setiap saat karena saya yakin kamu jualan tidak hanya di website ecommerce saja tapi di media sosial juga.

Itulah penjelasan menganai cara membuat website ecommerce. Bagaimana? Cukup mudah kan? Apakah kamu sudah siap merealisasikan penjualanmu di website ecommerce? Yuk coba sekarang dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya di laman ini ya.