Tunggu Sebentar

 

Gaya HidupCara Mudah Untuk Melatih Diri Untuk Selalu Bangun Pagi

Ringga RahmiMaret 26, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/03/Bangun-Lebih-Awal.jpg

Gaya hidup yang tepat akan membuat produktivitas seseorang menjadi meningkat. Salah satu gaya hidup yang perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah membiasakan diri utnuk selalu bangun pagi, maka kita akan bisa melakukan banyak hal pada hari tersebut.

Melatih Diri Untuk Selalu Bangun Pagi
Melatih Diri Untuk Selalu Bangun Pagi

Banyak yang merasakan betapa beratnya untuk bangun pagi. Meskipun memiliki jadwal yang padat, namun masih memiliki kesulitan untuk bangun pagi. Manfaat lain dari selalu bangun pagi adalah kita menjadi lebih bersemangat menjalani hidup. Karen Saat hari masih pagi, suasana masih begitu tenang, bahkan kita memiliki banyak waktu untuk menikmati sinar matahari pagi dan hal kecil lainnya. Berikut adalah cara mudah untuk bagun pagi versi memulai.id.

  1. Mengatur Jadwal Tidur

Jadwal tidur yang teratur akan membuat kita lebih mudah untuk bangun pagi. Disarankan untuk selalu tidur pada jam sama setiap harinya. Dengan mengatur jam tidur sesuai jadwal, maka kita menjadi lebih mudah untuk bangun pada pagi hari.

Tidur yang cukup akan membuat kita badan menjadi lebih segar dan membuat kita bisa untuk bangun pagi. Apabila sudah ada jadwal tertentu untuk tidur, contohnya pada jam 21.00, maka kita akan menjadi terbiasa dan akan mengantuk apabila sudah pada jam tidur. Sehingga kita mendapatkan waktu yang cukup untuk tidur.

  1. Memasang Alarm Untuk Bangun Pagi

Alarm merupakan pengingat terbaik  untuk bangun pagi. Kita dapat mengatur alarm sesuai waktu bangun yang kita inginkan. Dengan mengatur alarm maka kita akan otomatis bangun untuk mematikan alarm yang sudah berbunyi. Cara lain yang dinilai lebih efektif adalah dengan meletakkan alarm di seberang ruangan. Sehingga untuk mematikan alarm kita harus berjalan ke seberang ruangan, dan pada akhirnya akan bangun dan enggan untuk kembali tidur.

Melatih Diri Untuk Selalu Bangun Pagi
Melatih Diri Untuk Selalu Bangun Pagi

Kita dapat mengatur jam untuk bangun lebih cepat setiap harinya. Contohnya pada hari ini kita membuat jadwal bangun pukul 05.00. Untuk besok kita dapat membuat alarm untuk bangun pada pukul 04.50. Dan pola itu digunakan untuk setiap hari. Dengan mengatur alarm lebih cepat setiap harinya, maka kita akan mudah untuk bangun lebih pagi.

  1. Membuat Kegiatan Yang Dimulai Pagi Hari

Kita dapat mengatur waktu pertemuan dengan klien lebih pagi. Contohnya mengatur jadwal meeting pada jam  08.00. Sehingga kita menjadi terpaksa bangun lebih pagi dan menyiapkan segala sesuatunya lebih cepat dari biasanya. Dengan bangun lebih pagi, maka kita akan menjadi lebih mudah menyiapkan pertemuan dengan klien.

Cara lain adalah menggunakan waktu di pagi hari untuk memulai sebuah proyek. Contohnya, ketika ingin memperbaiki meja kerja kita, maka kita dapat mencoba memperbaikinya di pagi hari. Sehingga kita lebih bersemangat untuk bangun pagi karena akan melakukan sesuatu pada pagi tersebut.

  1. Rajin Berolahraga

Berolahraga dapat meningkatkan kebugaran tubuh. Secara klinis olah raga dapat melancarkan peredaran darah dan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Sehingga dengan rutin berolahraga tubuh kita menjadi lebih sehat dan membuat tidur menjadi lebih berkualitas.

Dengan tidur yang cukup, kita akan lebih mudah untuk bangun lebih pagi. Kondisi tbuh yang lebih sehat membuat bangun pagi menjadi lebih mudah. Bahkan dengan rajin berolah raga kita juga terhindar dari stress atau burnout. Bila kita merasa bahagia dan rileks, maka akan mudah untuk bangun dipagi hari.

  1. Makan Dengan Teratur

Makan secara teratur akan meningkatkan metaboliosme tubuh, sehingga tubuh kita menjadi lebih segar dan memiliki energi yang cukup. Disarankan agar makan 3 kali sehari dengan porsi yang cukup. Sebaiknya kita rutin mengkonsumsi makanan yang sehat dan tinggi protein. Karena dengan makan yang teratur dan bergizi maka kita akan memiliki energi untuk melakukan aktifitas. Sehingga bangun pagi menjadi hal yang biasa.

Untuk makan malam diharapkan untuk makan dalam jumlah yang sedikit. Hal ini bertujuan agar pada saat tidur, tubuh kita tidak akan bekerja lebih keras untuk mencerna makanan yang kita makan. Sehingga kita dapat bangun dalam keadaan segar. Sebagai contoh bisa dilihat bahwa ketika kita makan malam dalam jumlah yang banyak, tubuh kita akan menjadi lemas pada saat bangun tidur keesokan harinya. Hal ini disebabkan karea tubuh melakukan pencernaan kepada semua yang kita makan pada malam sebelumnya.

  1. Menyusun Target Harian Pada Malam Hari

Dengan membuat rencana untuk kegiatan sehari-hari maka kita akan mudah dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Membuat rencana harian disarankan agar dilakukan pada malam hari. Hal ini disebabkan karena apabila kita membuat jadwal pada malam sebelumnya, kita akan mendapatkan gambaran kegiatan yang harus kita lakukan.

Kegiatan ini akan membuat kebiasaan bangun pagi menjadi lebih mudah karena kita mempunyai target yang akan dilakukan. Sehingga tubuh kita menjadi bersemangat untuk menghadapi hari esok.