Tunggu Sebentar

 

OtomotifDarurat Corona, Bisnis Otomotif Dorong Pemasaran Secara Digital

ajengypsMaret 24, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/03/3bisnisotomotif.jpg

Bisnis Otomotif merupakan usaha yang bergerak di bidang kendaraan bermotor juga yang berkaitan dengannya. Kita ketahui bahwa cara kerja bisnis di bidang ini harus bertemu secara langsung misalnya tempat service juga showroom. Wabah COVID19 yang menyebar membuat proses jual beli otomotif terguncang. Lalu bagaimana pelaku bisnis mencari solusinya? Berikut penjelasannya.

1. Mencari Cara Lain

 

Wabah COVID19 menumbangkan banyak korban. Menanggapi kejadian tersebut, pemerintah mengeluarkan aturan social distancing dimana masyarakat dihimbau untuk jaga jarak satu sama lain dan dihimbau untuk tetap di rumah. Melihat aturan tersebut para pelaku bisnis otomotif kebingungan dan berusaha mencari cara agar bisnis mereka tetap berjalan. Bagaimanapun bisnis tetap harus berjalan karena ada tanggung jawab besar untuk pekerja – pekerja yang ada.

Salah satu jalan keluar terbaik adalah penjualan secara digital melalui internet. Masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dan tentunya internet masih bisa dijangkau bahkan akan sering di akses. Dengan begitu, pelaku bisnis mulai menyiapkan keperluan – keperluan yang dibutuhkan untuk pemasaran digital seperti penyebar luasan informasi, laman, dan customer service.

2. Siapa Saja yang Telah Menerapkan Pemasaran Secara Digital pada Bisnis Otomotif?

 

Pemasaran secara digital sudah dipakai oleh beberapa pelaku bisnis otomotif baik yang bisnisnya sudah besar maupun yang masih merintis. Salah satu contoh yang sudah menggunakan pemasaran secara digital adalah PT. Astra Daihatsu Motor. Pihak mereka telah menyiapkan aplikasi mobile, web Daihatsu, hingga layanan panggilan langsung. Perusahaan tersebut menyebutkan telah memiliki beberapa strategi untuk dilakukan.

Tak mau kalah, PT Honda Prospect Motor juga menerapkan hal yang sama. Pihaknya menjelaskan telah memperbaiki layanan pembelian online dan memperbarui laman mereka. Kini, calon konsumen bisa lebih nyaman saat melakukan pemesanan melalui digital. Pesan, bayar, barangpun siap diantarkan.

3. Strategi Pemasaran Digital Pengusaha Kecil

 

Pengusaha kecil maupun besar sekarang memakai promosi digital. Kejadian ini membuat persaingan semakin ketat. Perusahaan besar tentu saja memiliki keuntungan karena brand mereka telah banyak dikenal orang. Tapi, tentu saja pengusaha kecil tidak akan menyerah begitu saja. Mereka telah menyiapkan strategi dalam berperang dengan perusahaan besar.

Pertama, percantik feeds sosial media. Sosial Media merupakan sumber informasi dari sebuah toko, untuk menarik perhatian pembeli. Buatlah sosial media se aktif dan se kreatif mungkin. Kamu bisa membuat konten seputar informasi otomotif, konten ucapan hari – hari besar, juga tentunya konten giveaway.

Kedua, lebih banyak merekrut customer service. Saat keadaan darurat seperti ini pasti yang menghubungi via digital akan lebih banyak dari biasanya. Makanya, jumlah customer service diperlukan lebih banyak. Kecepatan membalas chat dari konsumen menjadi poin penting karena jika lama membalasnya bisa – bisa calon konsumen kehilangan minat untuk membeli.

Terakhir adalah dengan cara tidak menyia – nyiakan peluang. Pihak pengusaha kecil bisa mencari calon konsumen di media sosial. Caranya dengan memasukkan beberapa keyword misalnya cari di twitter “butuh service motor” “wtb atau want to buy motor atau mobil” dan sebagainya.

4. Apakah Cara Ini Efektif Meningkatkan Penjualan di Bisnis Otomotif?

 

Jika ditanyakan hal seperti ini, maka jawabannya tidak meningkatkan penjualan dari biasanya. Alasan pertama karena perekonomian memang sedang memburuk terlihat dari barang – barang kesehatan yang harganya melonjak juga nilai rupiah yang melemah. Alasan lainnya adalah konsumen lebih percaya saat bisa melihat barangnya secara langsung. Tapi, setidaknya langkah pemasaran digital ini bisa membantu di keadaan darurat sehingga bisnis otomotif tidak tutup total.

Itulah beberapa ulasan mengenai peran pemasaran digital bagi bisnis otomotif. Semua upaya penjualan akan tetap dilakukan melihat ada tanggungan untuk setiap pegawai – pegawai bisnis tersebut. Jangan lupa untuk membaca artikel bisnis otomotif lainnya di laman ini ya.