Tunggu Sebentar

 

KesehatanTeknologiStart Up Dokter Online untuk Konsultasi Kesehatan dari Rumah

Sigid SetyoMaret 25, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/03/dokter-online.jpg

Pandemi virus corona atau COVID-19, selain menimbulkan kekhawatiran, juga melebarkan peluang tertentu. Salah satunya layanan dokter online atau konsultasi kesehatan dari rumah.

Mendapatkan pelayanan kesehatan merupakan sebuah hak bagi setiap orang. Tantangan di Indonesia terutama dari segi geografis menjadikan pelayanan kesehatan sangat jauh dari optimal. Meski jumlah dokter mencapai target 50 per 100.000 penduduk (menurut IDI), tapi distribusinya tidak merata secara geografis.

Ini melahirkan sejumlah tantangan, terutama di tengah kondisi wabah seperti sekarang. Andaikan wabah terjadi di tengah komunitas dengan jumlah tenaga dan alat kesehatan yang teratas, bencana jadi sangat sulit ditanggulangi.

Untuk itu, layanan dokter online berikut dapat menjadi solusi. Penggunaan telemedicine sebagai screening awal dapat mengurangi jumlah pasien yang datang ke fasilitas kesehatan secara signifikan. Jadi hanya pasien dengan kondisi dan gejala mencukupi yang akan mendapatkan prioritas penanganan di tengah bencana wabah.

Berikut 3 start up dokter online yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan konsultasi kesehatan secara gratis.

1000 Dokter Online dari AloDokter

Beroperasi sejak 2014, start up AloDokter bukan kaleng-kaleng dan sudah kaya akan pengalaman dalam telemedicine. Layanan yang diberikan meliputi konsultasi kesehatan secara gratis via chat dokter, booking online, hingga penelusuran rumah sakit yang kosong.

Ada 1000 dokter yang tergabung dalam tim AloDokter, mulai dari dokter umum, hingga spesialis dari berbagai cabang. Penyakit dalam. Gigi, Jantung, Mata, THT, hingga Obsgyn, semua dapat dipilih untuk menjadi tempat konsultasi terpercaya. Dengan demikian, pasien tidak perlu pergi bertatap muka atau ke fasilitas kesehatan jika memang tidak membutuhkan.

Selain layanan tersebut, AloDokter juga menyediakan layanan proteksi kesehatan hingga 1 juta rupiah per malam di berbagai institusi rumah sakit. Semua layanan ini dapat diakses secara mudah lewat web atau aplikasi AloDokter di smartphone pengguna.

Layanan Kesehatan Terlengkap via HaloDoc

Sebagai layanan telemedicine yang beroperasi sejak 2016, HaloDoc menjadi salah satu penyedia yang terdepan dan terlengkap. Dengan kerjasama hingga mencapai 20.000 dokter, layanan ini menjadi salah satu start up yang berkembang paling pesat. Bahkan 2019 lalu, HaloDoc mendapat suntikan pendanaan seri B dari UOB Venture Management.

Layanan telemedicine yang disediakan HaloDoc antara lain:  tanya dokter, beli obat, cari dokter, dan pilih rumah sakit.

Dengan tanya dokter, pengguna dapat melakukan konsultasi kesehatan dengan dokter kapanpun dan dari mana pun, tanpa harus tatap muka. Kalau pun perlu peresepan, pengguna dapat membeli obat langsung dari aplikasi dan obat akan diantar ke rumah dalam 60 menit.

Untuk kasus khusus, pengguna dapat menggunakan fitur cari dokter dan membuat perjanjian atau booking online untuk bertemu dengan dokter tersebut. Jika perlu perawatan rumah sakit, pengguna juga dapat memilih langsung rumah sakit mana yang cocok dan memiliki kamar yang masih tersedia.

Semua itu dapat dilakukan langsung dari aplikasi HaloDoc yang ada di smartphone pengguna.

Info Kesehatan dan Dokter Online Terlengkap di SehatQ

Beroperasi sejak 2018, SehatQ menjadi start up telemedicine yang berkembang paling cepat saat ini. Start up binaan Latitude Venture ini bahkan telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 24.000 dokter dan 2.000 rumah sakit di seluruh Indonesia.

Salah satu keunggulan utama dari SehatQ adalah adanya konten berkualitas yang rutin hingga 200 konten per minggunya. Hingga tulisan ini diturunkan, terdapat hampir 6000 direktori artikel dan lebih dari 1100 direktori penyakit dan obat. Semua konten tersebut direview oleh tim medical experts yang profesional sehingga keaslian dan kualitasnya terjamin.

Layanan kesehatan yang disediakan juga semakin berkembang, mulai dari chat dokter, booking rumah sakit, hingga toko obat dan supplemen. Pengguna dapat mengunduh aplikasi SehatQ untuk dapat mulai menggunakan layanant tersebut lewat smartphone masing-masing.

Nah, jadi tak perlu keluar rumah untuk mendapatkan layanan kesehatan. Manfaatkan dokter online tersebut untuk konsultasi awal / screening kesehatan. Cek juga start up lain yang mendukung kerja dari rumah di sini.