Tunggu Sebentar

 

Gaya HidupGaya Hidup Sehat Untuk Menghadapi Darurat Virus Corona

Ringga RahmiMaret 26, 2020

Virus Corona telah menjadi ancaman bagi seluruh masyarakat di dunia, termasuk di Indonesia. Jumlah kasus kematian akibat virus korona terus bertambah, untuk itu kita perlu menerapkan beberapa gaya hidup sehat untuk mencegah penyebaran virus corona disekitar kita.

Tentang Virus Corona

Virus Corona merupakan merupakan sebuah virus yang mengganggu sistem pernafasan kita. Apabila Terserang virus ini maka kita akan mengalami gangguan sistem pernafasan, memunculkan gejala pneumonia akut bahkan sampai kematian. Saat ini berdasarkan data diketahui bahwa penyebaran virus corona di seluruh dunia telah menyebabkan 307.280 orang positif terserang virus corona. Hal ini membuat virus corona menjadi pandemi, yaitu kasus yang tersebar di seluruh dunia. Untuk itu kita perlu melakukan langkah untuk melindungi diri dan keluarga dari akibat virus corona.

Gaya Hidup Sehat Untuk Menghadapi Darurat Virus Corona

  • Rajin Mencuci Tangan Dengan Sabun
Rajin Mencuci Tangan Dengan Sabun
Rajin Mencuci Tangan Dengan Sabun

Mencuci tangan dengan sabun merupakan salah satu upaya yang dapat mencegah paparan virus corona. Hal ini juga dianjurkan oleh Badan Kesehatan Dunia yaitu WHO. Karena seperti yang kita ketahui bahwa tangan adalah bagian tubuh yang paling sering digunakan dan berhubungan dengan dunia luar. Tangan yang kotor atau terkontaminasi virus akan menyebabkan daya tahan tubuh kita menjadi rendah dan kita akan rentan terkena penyakit. Mencuci tangan yang baik adalah dengan menggunakan sabun khusus untuk mencuci tangan.

  • Mengkonsumsi Air Putih Dalam Jumlah Yang Cukup

Mengkonsumsi air yang cukup akan membantu melancarkan peredaran darah dan membuat metabolisme tubuh menjadi meningkat. Dengan rutin meminum air putih, maka tubuh akan tetap terhidrasi sehingga tubuh kita berada dalam kondisi yang sehat.

  • Memasak Makanan di Rumah
Memasak Makanan di Rumah
Memasak Makanan di Rumah

Dengan membuat makanan di rumah, maka makanan kita kaan terjamin kebersihannya. Untuk memasak makanan ini kita tidak perlu memasak makanan yang ribet, cukup membuat menu sederhana yang kaya akan nutrisi. Karena kita tidak pernah tahu apakah ada paparan virus yang ada pada makanan apabila kita membeli makanan di luar rumah.

  • Waspada Terhadap Kondisi Tubuh

Dengan adanya paparan virus corona menjadikan kita perlu waspada untuk menjaga kebersihan tubuh. Langkah yang dapat kita lakukan adalah menggunakan masker ketika bepergian keluar serta menutup hidung dan mulut ketika batuk. Apabila tubuh kita merasakan kelelahan dan gejala flu. Maka hal pertama yang perlu kita lakukan adalah beristirahat, makan yang teratur dan meminum vitamin. Apabila gejala flu yang muncul pada tubuh semakin meningkat dan tidak dapat ditanggulangi sendiri, barulah disarankan untuk mendatangi rumah sakit. Dengan catatan, saat berobat ke rumah sakit, kita tidak membawa anak kecil, karena rumah sakit merupakan sumber penyebaran virus corona. Seperti yang kita ketahui anak-anak dibawah umur 12 tahun masih rentan akan paparan penyakit, termasuk paparan cirus corona.

  •  Memilih Untuk Beraktifitas di Dalam Rumah

Pemerintah menghimbau agar masyarakat berada di rumah untuk melakukan aktifitas. Apabila tidak ada kegiatan yang terlalu mendesak untuk mengharuskan diri keluar rumah, maka disarankan agar masyarakat menghabiskan waktu di rumah. Akhir-akhir ini #DiRumahAja menjadi gerakan masal untuk mencegah penyebaran virus corona dikalangan masyarakat. Dengan menghabiskan banyak waktu dirumah, kita tetap dapat melakukan pekerjaan kita. Waktu luang yang kita miliki dapat diisi dengan membaca artikel yang bermanfaat bagi kehidupan Anda, khususnya bagi para start up yang membutuhkan informasi untuk pengembangan diri.