Tunggu Sebentar

 

Gaya HidupHal-hal yang Patut Dipersiapkan Freelancer Pemula

Andreas Rifto DevaMaret 10, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/03/woman-in-red-long-sleeve-shirt-wearing-eyeglasses-using-3791130-1280x853.jpg

Anda sudah memutuskan bahwa ini adalah waktu yang tepat untuk memulai lembaran baru sebagai seorang freelancer full time. Saat ini menjadi freelancer dan bekerja dari rumah sudah sangat mungkin untuk dilakukan karena kebutuhan perusahaan akan pekerjaan freelance semakin tinggi. Berbagai pelaku usaha mulai dari kecil, menengah hingga skala besar mempekerjakan freelance untuk banyak project mereka.

Maka tak salah jika pekerjaan sebagai freelancer saat ini cukup menjanjikan. Namun sebagai seorang self employee, Anda juga harus mempersiapkan beberapa hal sebelum benar-benar terjun langsung menjadi freelancer full time.

  1. Portfolio

Anda perlu membangun portofolio yang memuat hasil kerja yang telah Anda lakukan sebagai seorang freelancer. Biasanya, calon klien ingin melihat lebih dulu bagaimana kualitas pekerjaan Anda dan apakah Anda orang yang benar-benar tepat untuk project mereka. Susunlah portofolio Anda seapik mungkin sehingga calon klien tertarik untuk mempekerjakan Anda. Untuk memudahkan, Anda bisa membuat portofolio secara online menggunakan banyak platform portofolio yang ada di internet.

  1. Skill yang mumpuni

Freelancer full time adalah seorang yang sudah benar-benar siap pakai untuk suatu pekerjaan. Karena itu, jika skill Anda masih dalam tahap pemula, Anda mungkin butuh waktu untuk melakukan upgrade kemampuan Anda hingga mencapai skala menengah. Hal ini diperlukan karena seringkali calon klien juga meminta saran dari para freelancer untuk berbagai permasalahan yang mereka hadapi. Freelancer dengan skill menengah hingga tinggi tentu dapat memberikan solusi yang tepat bagi calon klien.

  1. Kemampuan komunikasi yang baik

Kemampuan komunikasi yang baik diperlukan karena sebagai freelancer Anda akan mendapatkan klien yang berbeda untuk project yang berbeda pula. Asah kemampuan untuk mendengarkan secara seksama, mengikuti brief yang telah ditentukan serta lakukan negosiasi dengan elegan. Bagaimanapun juga, freelancer adalah seorang self employee yang bisa menetapkan harga yang pantas atas hasil kerja mereka. Jaga hubungan baik dengan klien, karena bukan tidak mungkin di masa depan jika mereka memiliki project serupa mereka akan langsung memilih Anda.

  1. Kemampuan Bahasa Inggris

Anda akan terkejut ketika menemukan ada banyak sekali calon klien luar negeri yang tertarik mempekerjakan freelancer dari Indonesia. Karena itulah penting untuk memiliki kemampuan bahasa Inggris. Tidak perlu yang hebat – setidaknya Anda bisa bercakap-cakap dengan klien Anda menggunakan bahasa internasional tersebut.

  1. Siapkan ‘kantor’ di rumah Anda

Meskipun bekerja dari rumah, namun freelancer tetap memerlukan keteraturan. Siapkan satu sudut di rumah Anda untuk menjadi kantor dimana Anda bisa bekerja dengan tenang. Perhatikan juga kelengkapan kerja, jaringan wifi, hingga kenyamanan dimana ‘kantor’ Anda berada.

Sesekali jika suka, Anda bisa bekerja dari coffee shop atau cafe di kota Anda untuk mengganti suasana kerja.

  1. Butuh proses

Sebagai pemula, Anda perlu waktu untuk menjadi seorang freelancer professional dengan klien yang meningkat. Maka bersabarlah dan tetaplah bekerja keras mengerjakan project yang datang kepada Anda. Terus belajar dan kumpulkan portfolio agar Anda bisa melakukan bargain lebih kepada calon klien selanjutnya.

  1. Bergabung dengan platform Freelancer

Harus memulai dari mana? Nah untuk Anda yang baru memulai sebagai freelancer, Anda bisa bergabung menjadi freelancer di beberapa platform freelancer di Indonesia maupun di luar negeri. Di Indonesia, tersedia projects.co.id, freelancer.co.id, Sribulancer, Fastwork dan lain-lain. Untuk platform luar negeri Anda bisa mencobanya di freelancer.com, up work dan lain-lain.

Ada pula platform freelance yang khusus disediakan untuk freelancer dengan skill tertentu. Misalnya platform freelance khusus penerjemah, khusus penulisan, desain, dan lain-lain.

——-

Menjadi seorang freelancer, Anda harus mengandalkan skill. Karena dengan skill yang mumpuni Anda bisa menjual kemampuan Anda dan dilirik oleh calon klien dalam dan luar negeri. Terus asah kemampuan Anda agar menjadi freelancer yang berkualitas dan memiliki jam tinggi.