Tunggu Sebentar

 

PropertiKupas Properti Lord, Investasi Properti Modal Kecil Mulai 10 Ribu

Sigid SetyoMaret 25, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/03/investasi-properti-modal-kecil.jpg

Bisnis properti mengalami kemajuan yang sangat signifikan dalam satu dekade belakangan ini. Dengan imbal hasil hingga 25% per tahun, prospek bisnis ini semakin terlihat cerah. Apalagi dengan terobosan start up berikut yang memfasilitasi investasi properti modal kecil.

Sebelumnya, untuk mulai terjun di bidang bisnis properti, seseorang perlu mempersiapkan banyak hal dengan biaya yang sangat besar. Mulai dari ratusan juta hingga milyaran rupiah untuk akuisisi tanah, pembangunan, hingga mempersiapkan administrasi dan legal hukumnya.

Kini, siapa sangka hanya dengan modal 10 ribu rupiah, orang sudah dapat ikut ambil bagian dalam investasi properti modal kecil ini. Well, thanks to start up PropertiLord yang memungkinkan hal ini dengan skema model pembiayaan crowdfunding.

Legalitas Start Up Investasi Properti

Dunia investasi properti memang sangat menggiurkan karena menjanjikan keuntungan yang menarik. Tapi perlu diingat bahwa high return comes with high risk, keuntungan yang tinggi pasti diikuti dengan risiko yang sepadan. Belum lagi soal keamanan dan legalitasnya.

Well, untuk investor PropertiLord, hal itu tak perlu dikhawatirkan. Karena layanan crowdfunding investasi properti dari PT. Teknologi Investasi Properti telah mengantongi ijin OJK sejak 26 Maret 2019. Ini sekaligus menjadikan PropertiLord sebagai perusahaan digital DIRE pertama di Indonesia. PropertiLord juga sudah tergabung dalam Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH).

Model Bisnis Investasi Properti Modal Kecil

Investasi properti modal kecil dari PropertiLord menggunakan sistem token dengan 2 tahapan.

Tahap pertama adalah pengumpulan modal dari investor melalui metode crowdfunding. Investor dapat melihat listing apa yang sedang atau akan dibangun oleh tim PropertiLord. Sebelumnya, tim PropertiLord telah melakukan berbagai macam analisisi dan verifikasi untuk memastikan bahwa listing tersebut layak dan profitable.

Sebagai contoh, berdasarkan data, harga awal properti pertama yang ditawarkan adalah sekitar 160 juta-an di tahun 2005. Kini, harga tersebut telah melambung hingga 750 juta-an di awal 2020. Potensi capital gainya mencapai 18 – 20 % per tahun dari properti tersebut.

Listing properti model ini lah yang ditawarkan oleh PropertiLord kepada investornya. Investor dapat memilih untuk ambil bagian dalam sebuah proyek dengan membeli token mulai dari 10 ribu rupiah saja. Properti yang terbangun akan disewakan, dan keuntungan dari penyewaannya akan diberikan kepada investor sesuai prosentasi bagian dari token yang disertakan.

Tahap kedua merupakan pasar sekunder, dimana token yang dimiliki oleh investor dapat dipindahtangankan kepada investor lain. Mirip seperti jual beli saham, hanya saja ini disebut token, dan hanya dapat diperjualbelikan di platform ini. Investor yang tertarik dapat membeli token investor lain, tentu dengan harga yang telah disesuaikan dengan prakiraan harga pasar.

Kemudahan dalam memperjualbelikan token ini juga menjadikan bisnis properti yang terkenal tidak liquid menjadi lebih mudah dicairkan. Inilah satu keuntungan sistem investasi properti modal kecil. Orang dapat menawarkan token mereka untuk dibeli dalam jumlah yang tidak terlalu besar sehingga relatif lebih cepat laku dibandingkan menjual satu properti utuh.

Langkah Bergabung dalam Investasi Properti Modal Kecil

Untuk mulai bergabung dengan PropertiLord, kamu dapat mendaftar sebagai pemilik properti atau sebagai investor. Jika bergabung sebagai pemilik properti, kamu perlu mendaftarkan properti kamu langsung ke PropertiLord untuk dilakukan review dan analisa. Setelah itu, tim akan menghubungi kamu untuk membuat percobaan penawaran. Jika lancar, proyek dapat dilanjut ke perjanjian kerjasama dan langsung dapat ditawarkan secara perdana.

Sebagai investor, kamu hanya perlu melakukan registrasi, lalu melihat listing yang sudah di-review. Jika tertarik, kamu dapat membeli token untuk ikut serta dalam penawaran perdana proyek tersebut. Setelah memiliki token proyek, kamu dapat menawarkan tokenmu di pasar sekunder sewaktu-waktu saat sedang membutuhkan biaya.

Nah, ternyata mudah sekali bukan, untuk mulai investasi properti modal kecil? Tak perlu tunggu lama, mulailah berinvestasi dari sekarang, karena waktu adalah hal penting dalam sebuah investasi. Cek Start Up lain di bidang properti di sini.