Tunggu Sebentar

 

Gaya HidupTeknologiKerja dari Rumah Jadi Mudah dengan Dukungan 6 Start Up Ini

Sigid SetyoMaret 24, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/03/kerja-dari-rumah-dengan-mudah.png

Kerja dari rumah alias work from home menjadi kian populer di tengah seruan pemerintah untuk membatasi penyebaran virus COVID-19.

Banyak dukungan mengalir kepada campaign #WorkFromHome dari pemerintah ini. Salah satunya dari start up berikut.

Beberapa start up memberikan layanan yang sangat mendukung untuk produktivitas kerja dari rumah. Apa saja start up tersebut?

Gojek dan Grab

Terkenal dengan core business di bidang penyalur jasa transportasi, Gojek dan Grab memiliki fitur yang mendukung penggunanya untuk bekerja dari rumah secara produktif. Layanan delivery dari kedua start up tersebut memungkinkan pengguna untuk mengirimkan dokumen atau benda penting terkait pekerjaan.

Jadi pengguna tak perlu ke luar rumah untuk mengerjakan tugas-tugas dan pekerjaannya. Bahkan, demi menghindari kontak yang berisiko pada penularan virus, Grab dan Gojek pun menyediakan fitur layanan contactless.

Fitur layanan ini memungkinkan pengguna untuk menempatkan dokumen atau barang yang akan dikirimkan di titik tertentu. Mitra Gojek atau Grab akan mengambil barang atau dokumen tersebut dan mengantarkannya ke tujuan. Di tujuan, mitra Grab atau Gojek juga hanya perlu meletakkannya di tempat tertentu dan meninggalkannya. Orang yang dituju akan mengambil tanpa harus kontak dengan mitra.

Dengan layanan ini, pengguna dapat menghindari terjadinya kontak yang tak perlu. Mengenai pembayaran, pengguna dapat menunaikan pembayarannya via e-money seperti Go-Pay atau Dompe OVO untuk Grab. Selain meminimalisir penyebaran virus via kontak langsung, juga dapat mengurangi kemungkinan penyebaran via droplet lewat uang fisik.

Layanan contactless ini tidak hanya untuk dokumen atau barang yang terkait dengan pekerjaan. Untuk barang yang bersifat support juga berlaku, seperti makanan dan minuman agar kerja tetap bersemangat dan berenergi.

Ruang Guru

Campaign #WorkFromHome yang diserukan pemerintah sebenarnya tidak hanya soal kerja dari rumah, tapi juga belajar dari rumah, dan ibadah dari rumah. Dalam hal belajar dari rumah, start up Ruang Guru memegang peranan yang sangat penting sebagai pioner terdepan bimbingan belajar online di Indonesia.

Khusus untuk campaign ini, Ruang Guru membuka kelas belajar online yang jamnya disesuaikan dengan jam sekolah, mulai dari pagi sampai siang/sore. Fitur ini dapat dimanfaatkan dengan gratis selama campaign ini berlangsung. Lebih lagi, hal ini dapat dimanfaatkan dan diikuti oleh seluruh tingkat kelas dari 1 SD sampai dengan 12 SMA.

Untuk para karyawan dan profesional, start up asli Indonesia ini juga mengadakan kursus online di bidang finance, marketing, dan sebagainya. Ini tentu dapat digunakan untuk mengupgrade diri dan kemampuan masing-masing karyawan dan profesional tersebut.

Bukalapak dan Tokopedia

Kedua unicorn marketplace kebanggaan Indonesia ini juga termasuk dalam 6 start up yang mendukung #WorkFrom Home melawan virus COVID-19 ini. Secara khusus, marketplace ini memang tidak mengeluarkan fitur spesial untuk pengguna yang bekerja dari rumah. Akan tetapi, peran kedua marketplace ini terletak pada monitoring stok dan harga perlengkapan kesehatan.

Tokopedia dan Bukalapak menyatakan kesiapannya untuk memonitor dan mengintervensi harga perlengkapan kesehatan yang terlampau tinggi. Begitu juga untuk melakukan sosialisasi etika bisnis yang baik kepada mitra merchant masing-masing. Demikian disampaikan langsung oleh CEO Bukalapak, Rachmat Kaimuddin, dan Vice Chairman Tokopedia, Leontinus A. Edison.

Dukungan kedua marketplace ini juga berupa penggalangan dana lewat crowdfunding langsung via fitur aplikasi tersebut. Jadi, kamu yang memiliki kepedulian dan kepekaan sosial yang tinggi dapat berpartisipasi dalam melawan virus COVID-19 ini bersama-sama.

Halo Doc

Meskipun start up ini tidak secara langsung mendukung pekerjaan, tapi Halo Doc menyediakan dukungan untuk melawan COVID-19. Yaitu berupa konsultasi langsung dari rumah. Ada sekitar 20.000 dokter yang akan mendengarkan keluhan kesehatanmu dan memberikan saran tindak lanjutnya.

Ini memudahkan kamu untuk mendapatkan konsultasi kesehatan, tanpa harus keluar rumah. Kalaupun membutuhkan obat, layanan ini terintegrasi dengan Go-jek yang dapat mengantarkan obat tersebut langsung ke rumah.  Asyik, bukan?

Nah, tak perlu bingung lagi dengan masalah kerja dari rumah. Dengan dukungan start up tersebut, kamu dapat tetap produktif dan dapat bekerja tanpa harus berada di kantor.