Tunggu Sebentar

 

Food & BeveragesKetahui Jenis Pengemasan Makanan Ringan untuk Usaha Makanan Ringan

Andreas Rifto DevaMaret 14, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/03/person-holding-a-plastic-bag-3645507-1280x853.jpg

Camilan merupakan salah satu makanan yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang beragam mulai dari asin hingga manis, menjadikan banyak sekali orang berusaha untuk memproduksi camilan. Nantinya makanan tersebut dijual dengan harga yang berbeda-beda, mulai dari yang murah dan cukup ekonomis hingga yang paling mahal.

Kemasan Makanan Ringan

Sekarang ini camilan bukan lagi makanan tradisional dan didapatkan dari kue atau panganan jaman dahulu. Tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa makanan ringan merupakan makanan yang sudah banyak diinovasi, termasuk pengemasannya yang lebih menarik perhatian. 

Bagi yang ingin mendirikan bisnis ada beberapa jenis pengemasan yang bisa digunakan untuk jenis camilan home made atau buatan rumah untuk usaha. Apa saja jenis pengemasan tersebut  ?

Alumunium Foil 

Bahan pertama yang dapat digunakan untuk mengurangi adanya pengeluaran dan mengemas makanan menjadi lebih baik adalah Alumunium Foil. Produk ini masuk kedalam produk yang paling bagus dan higienis. Tidak lupa secara estetika produk ini juga lebih menarik perhatian. Terutama jika camilan yang anda gunakan memang camilan kering berkaitan dengan sayur dan buah. 

Mika/ Plastik

Jika ingin pengemasan yang lebih murah, maka bahan yang digunakan adalah mika ataupun plastik. Bahan ini memang bisa membungkus makanan  basah maupun kering dengna waktu yang lama. Sayangnya bahan ini memang kurang ramah lingkungan. Sehingga menjadikan banyak pengusaha besar mulai meninggalkan mika atau plastik. 

Kertas atau Paper

Selanjutnya adalah bahan kertas. Paper atau bahan kertas populer digunakan di luar negeri sebagai pengemasan yang mudah terurai walaupun sama-sama tidak ramah lingkungan. Tetapi banyak yang mengatakan bahwa penggunaan kertas ini bisa membantu meningkatkan penjualan karena memiliki desain yang unik dan berbeda. Harganya memang lebih mahal sedikit dari plastik, namun jika ingin mudah mengurai sampah yang dihasilkan, maka kertas merupakan produk pentingnya. 

Karton

Pengemasan terakhir yang dapat dilakukan untuk jenis usaha adalah karton. Biasanya penggunaan karton ini untuk yang berukuran sedang dan juga jenis minuman atau makanan basah. Karton memang digunakan bersamaan dengan alumunium foil. Tetapi untuk camilan saja hanya memanfaatkan kartonnya saja sudah cukup. Berbagai macam usaha memanfaatkan bahan ini namun jarang untuk usaha home made