Tunggu Sebentar

 

OtomotifMengenal Hegarmotor, Bisnis Otomotif di Bandung

ajengypsMaret 29, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/03/otomotif-di-bandung.jpg

 

Otomotif di Bandung perkembanganya sudah sangat meningkat. Penggunanya kian bertambah tiap tahunnya, tercatat bahwa pengguna kendaraan bermotor di Bandung tahun 2018 mencapai setidaknya 400.000. Melihat jumlah tersebut tak heran jika Bandung menjadi kota yang sering macet. Dalam penggunaan kendaraan bermotor tentunya harus ada perawatan rutin agar kendaraan tersebut awet. Mungkin kamu yang berlokasi di Bandung bisa memakai jasa Hegarmotor. Apakah Hegarmotor itu? Berikut adalah penjelasannya.

1. Apa Hegarmotor itu? Apakah Berhubungan dengan Otomotif di Bandung?

Beberapa waktu lalu, saya telah melakukan wawancara singkat kepada pihak Hegarmotor. Narasumbernya bernama Fadil berumur 21 tahun. Fadil merupakan penerus dari Hegarmotor. Dia mengatakan bahwa Hegarmotor adalah bisnis yang menawarkan jasa berupa perawatan dan cuci motor. Sebelumnya, bisnis ini dikelola oleh sang ayah sejak tahun 2006-an dan dialihkan pada Fadil. Bisnis yang dikelola Fadil sekarang bertempat di Bandung.

2. Apa Alasan Dikembangkannya Bisnis Ini?

Bisnis otomotif di Bandung memang banyak tapi jika melihat daerah Bandung yang luas pasti terasa masih kurang. Fadil mengutarakan bahwa pendiri Hegarmotor membuka usaha ini karena melihat peluang bisnis juga prihatin karena masih banyak orang yang tidak memerhatikan kesehatan motornya. Dengan adanya Hegarmotor, diharapkan para pengendara lebih rajin merawat motornya karena mungkin mereka malas merawat karena sulit mencari jasa perawatan motor di tempat mereka. Kini Hegarmotor hadir sebagai solusinya.

3. Layanan Apa yang Disediakan Hegarmotor?

Untuk mempertahankan kepercayaan konsumen terhadap jasanya, Fadil mengaku bahwa dia dan teamnya berusaha melakukan pekerjaan sebaik mungkin. Hal itu dilakukan agar konsumen tidak kecewa. Selain itu, untuk memperluas pemasaran pihaknya juga melakukan promosi mouth to mouth dan melalui sosial media.

Layanan yang disediakanpun beragam jenis dengan rentang harga yang berbeda. Ada full treatment detailing bike, full treatment detailing body, paint protection, clay and clean treatment, paint correction, paint protection, dan bike wash treatment. Untuk perawatan motor harganya mulai dari 150.000 rupiah sedangkan untuk cuci motor harganya mulai dari 15.000 saja.

4. Apa Kendala Selama Menjalani Bisnis Otomotif di Bandung?

Setiap pelaku bisnis pasti menemukan kendala selama usaha itu berjalan. Fadil juga mengatakan bahwa ada beberapa kendala seperti faktor sumber daya manusia. Pekerja di Hegarmotor berjumlah 9 orang, 5 orang sebagai pekerja teknis dan 4 orangnya sebagai admin. Yang menjadi adalah sulitnya untuk melatih para pekerja tersebut untuk lebih ahli lagi.

Kendala lain yang dihadapi sekarang adalah merebaknya COVID19. Pendapatan Hegarmotor menurun sebanyak 50% karena diberlakukannya social distancing. Walau begitu bengkel tetap harus buka karena merasa ada tanggung jawab untuk para pegawai yang bekerja. Untuk menjamin kesehatan pegawai, Fadhil telah memberikan supply vitamin dan menyediakan pembersih tangan. Bagi kalian yang tidak mau pergi ke bengkel langsung, bisa menghubungi admin Hegarmotor karena ada layanan untuk pengambilan motor di tempat.

5. Bagaimana Cara Konsumen untuk Menghubungi Pihak Hegarmotor?

Hegarmotor adalah salah satu bengkel otomotif di Bandung. Jika kalian orang Bandung dan ingin memakai jasanya bisa mengunjungi alamat di Jalan Abadi Raya no 4, Bandung, 40153. Bisa juga berselancar di akun Instagram mereka @hegarmotor untuk melihat detail layanan atau tanya – tanya. Bengkel buka dari senin hingga minggu mulai 8 pagi sampai 5 sore.

Itulah beberapa penjelasan mengenai bisnis bengkel yang dikelola Fadhil berumur 21 tahun. Adanya Hegarmotor memberitahukan pada pembaca bahwa bisnis di bidang otomotif sangat terbuka lebar apalagi penggunanya semakin bertambah, hampir perorang memiliki sepeda motor. Semoga artikel kali ini bisa mengispirasi pembaca dan jangan lupa membaca artikel lain di laman memulai.id