Tunggu Sebentar

 

OtomotifMengenal Motor Custom Jokowi

ajengypsMaret 26, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/03/custom-motor.jpg

Motor custom merupakan modifikasi yang dilakukan oleh pengguna motor. Biasanya modifikasi ini dilakukan untuk mempercantik tampilan motor tersebut. Tahukah kalian bahwa presiden Indonesia, Joko Widodo merupakan orang yang suka dengan motor modifikasi. Mau tahu tentang motor modifikasi milik pak Jokowi? Yuk simak penjelasan berikut ini.

1. Motor Custom Jokowi Ada Berapa?

Jokowi selain mengurusi negara juga memiliki hobi untuk mengendarai motor. Dari koleksi motornya terdapat beberapa motor custom yang jumlahnya diketahui ada dua. Yang satu dimodifikasi oleh Elders Garage dan Chopper Land, sedangkan motor yang kedua dimodifikasi oleh Katros Garage. Persamaan kedua motor tersebut adalah dari jenis motornya yaitu motor Chopper.

2. Kenapa Jokowi Memilih Katros Garage?

Katros Garage merupakan salah satu orang yang memodifikasi motor Jokowi. Katanya, beliau memilih Katros Garage karena sudah percaya dengan kualitas hasil pekerjaan Katros. Diketahui, sebelum memodifikasi motor Jokowi, Katros terlebih dahulu memodifikasi motor anak Jokowi yang pertama yaitu Gibran.

3. Perubahan Apa yang Dilakukan Katros Garage?

Pertama, tema motornya berhasil diganti oleh Katros, sebelumnya motor Jokowi bergaya Authentic Retro dan diubah menjadi Bobber Chopper. Kemudian suspense depan yang teleskopik diubah menjadi upside down. Kenapa Katros memilih upside down? Karena gaya ini membuat motor lebih stabil saat kecepatan tinggi. Bagian stang juga ikut diubah, sekarang memakai spion aftermarket.

Paling penting, ubahan paling wow yang dilakukan Katros ada pada bagian rangka motor. Rangka Kawasaki W175 di ubah mengikuti keinginan desain Jokowi yang membuat posisi jok sedikit lebih rendah dari sebelumnya.Spakbor depan,spakbor belakang, dan cover body juga ikut diubah secara buatan tangan sendiri oleh Katros. Wah, totalitas sekali kan?

Untuk menandakan kepemilikan, pada tangki disisipkan nama Jokowi. Kemudian ban yang digunakan motor custom ini jadi terlihat sangat besar. Rem yang digunakan tetap rem cakram. Lalu ditambahkan saklar lampu. Knalpot megalami perubahan menggunakan knalpot custom dengan materi full stainless steel.

4. Detail Motor Custom Jokowi

Pasti banyak yang bertanya – tanya mengenai detail motornya. Bahkan ada beberapa netijen yang membandingkan apakah sesuai dengan peraturan yang berlaku. Berikut adalah detail lengkap motor Jokowi yang dimodifikasi oleh Katros.

  • Jok sintetis berwarna hitam
  • Knalpot full satinless
  • Cover body samping, spakbor depan, spakbor belakang dibuat secara handmade
  • Spionnya aftermarket
  • Tangki bensin dibuat secara handmade
  • Stangnya model drag bar
  • Lampu stop dan sein menggunakan aftermarket
  • Ban depan dan ban belakang 5-16
  • Suspensi depan : upside down
  • Velg belakang aluminium 3.5-16 sedangkan velg depang 3-16

5. Biaya Motor Custom Jokowi

Biaya modifikasi motor Jokowi yang dilakukan oleh Katros masih menjadi teka – teki. Pasalnya kedua pihak tidak membeberkan harga pasti yang dikeluarkan membuat netijen semakin penasaran. Tapi, melihat spesifikasi yang dihasilkan nilainya berkisar belasan hingga puluhan juta. Tapi ingat ya, itu hanya perkiraan.

Selain itu, ada rumor mengenai harga motor Jokowi yang di modifikasi oleh Elders Garage dan Chopper Land. Motor tersebut disebut – sebut seharga ratusan juta. Modifikasi motor tersebut berasal dari industry dalam negeri sehingga sangat diapresiasi masyarakat.

Itulah beberapa pembahasan mengenai motor custom yang dimiliki Jokowi. Sebenarnya dari artikel ini dapat diambil kesimpulan bahwa anak muda bisa memulai bisnis di bidang otomotif terutama modifikasi motor karena keuntungan yang didapat lumayan. Sekian artikel untuk hari ini, jangan lupa baca artikel lainnya di laman ini ya!