Tunggu Sebentar

 

Gaya HidupMinimalis : Gaya Hidup Yang Perlu Dimiliki Founder Start Up

Ringga RahmiMaret 23, 2020

Tentang Gaya Hidup Minimalis

Biasanya kata minimalis akan selalu berkaitan dengan desain rumah atau kantor yang memiliki konsep berupa bagunan yang geometris dan minim dalam dekorasi. Munculnya gaya minimalis pada arsitektur rumah dimulai pada abad ke 19, dan masih populer hingga saat ini. Gaya minimalis pada arsitektur mengedepankan pencahayaan yang efektif dan penciptaan ruangan besar dengan furnitur yang sedikit untuk mengedepankan kesan sederhana namun tetap elegan.

Minimalis : Gaya Hidup Yang Perlu Dimiliki Founder Start Up
Minimalis : Gaya Hidup Yang Perlu Dimiliki Founder Start Up

Konsep gaya hidup minimalis kurang lebih sama dengan konsep pada desain rumah yang mengedepankan kesederhanaan. Gaya hidup minimalis muncul dan mendarah daging pada bangsa Jepang. Ajaran ini mengilhami masyarakat Jepang untuk hidup sederhana, mengedepankan kualitas dan memilih menambah pengalaman daripada membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan.
Apabila Anda adalah founder Start Up yang memulai karir dan perusahaan dari awal dan masih dalam tahap perkembangan, maka gaya hidup minimalis ini dapat menjadi pertimbangan. Bagi yang belum terlalu familiar, Start Up adalah perusahaan yang berada pada tahap awal merintis dan baru memulai bisnis mereka. Memulai untuk berbisnis dengan membuat sebuah start up merupakan salah satu solusi untuk mengurangi angka pengangguran di negeri kita.

Manfaat Gaya Hidup Minimalis Bagi Founder Start Up

Beberapa Founder Start Up ternama juga mengedepankan konsep minimalis, seperti Mark Zuckerberg, founder Facebook dan Steve Job yang merupakan founder dari Apple. Berikut adalah beberapa manfaat gaya hidup minimalis bagi Founder Start Up:

1. Dapat Memakasimalkan waktu untuk pengembangan Start Up Anda
Gaya hidup seorang minimalis akan tercermin dalam cara mereka menjalani hidup dalam kesehariannya. Hal ini dapat dilihat dalam segi berpakaian, memilih makanan dan juga kendaraan yang mereka miliki. Dengan menerapkan hidup minimalis, maka Anda tidak akan kesulitan lagi untuk menentukan pakaian yang akan dipakai untuk berangkat bekerja. Karena semua pakaian yang Anda miliki terbuat dari bahan berkualitas yang terbaik dan dalam jumlah yang tidak berlebihan. Seperti yang kita ketahui Steve Jobs selalu menggunakan pakaian yang berwarna setiap harinya, yaitu baju berwarna hitam, celana dan sepatu olahraga.
Jadi Anda akan memiliki banyak waktu untuk menyiapkan strategi bisnis untuk mengembangkan perusahaan, karena memiliki waktu yang singkat untuk bersiap-siap menuju kantor.

2. Mendapatkan Karyawan Yang Tepat
Bagi setiap Start Up, adanya tim yang solid akan membuat perjuangan dalam mengembangkan perusahaan menjadi lebih mudah. Founder yang memiliki gaya hidup minimalis akan mencari karyawan yang berkualitas, meskipun dalam jumlah yang sedikit. Ini kembali lagi pada konsep minimalis, dimana Founder lebih mengedepankan kualitas dari pada kuantitas. Akan lebih baik memiliki sedikit karyawan yang memilki kemampuan di atas rata-rata dan loyal terhadap perusahaan, dibandingkan memiliki banyak karyawan namun belum tentu bisa memberikan performa yang bagus. Karyawan Fresh Graduate yang memiliki skill yang bagus juga bisa menjadi pilihan dalam pemilihan karyawan.

3. Terhindar Dari Stress
Gaya hidup minimalis merupakan gaya hidup yang mencari hal yang paling esensial dalam hidup dan mencari apa yang paling penting dalam hidup. Dengan menerapkan prinsip ini, maka seseorang akan terhindar dari stres, karena mereka akan mencari apa makna kebahagiaan bagi diri mereka sendiri. Kebahagiaan ini didapatkan biasanya dari hal-hal yang sederhana, seperti mimiliki karyawan yang solid, dan dapat berupa kesyukuran atas tercapainya mimpi untuk mewujudkan perusahaan yang telah diinginkan sejak dahulunya.

4. Lebih Mudah Dalam Mengatur Budget Perusahaan
Gaya hidup minimalis membuat kita lebih bisa mengatur keuangan. Karena kita menjadi paham skala prioritas dalam membelanjakan dana perusahaan. Apabila kita belum membutuhkan ruangan kantor yang luas, maka dapat menggunakan kantor yang sederhana. Namun tetap harus dipastikan bahwa semua kebutuhan dasar seperti komputer, jaringan internet yang kencang tetap tersedia di kantor yang sederhana. Inilah nilai-nilai dari minimalis yaitu hidup denagn sederhana namun tetap menjaga kualitas dari apa yang kita miliki.