Tunggu Sebentar

 

Gaya HidupPerbedaan Inkubator dan Akselerator dalam Start UP

Andreas Rifto DevaMaret 17, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/03/photo-of-people-doing-handshakes-3183197-1280x854.jpg

Berbicara mengenai tahun 2020, maka kita tidak bisa terlepas dari perkembangan bisnis dan teknologi. Walaupun kita tahu di awal tahun ini semua orang gempar dengan bisnis yang porak poranda akibat penyakit Corona. Begitupun para pengusaha baru atau pendiri start up.

Ada banyak sekali istilah dan sistem yang digunakan dalam start up agar perusahaan tersebut dapat bertahan hidup dengan baik. Mulai dari, adanya istilah inkubator dan juga akselerator. Nah apasih perbedaan keduanya dan bagaimana efeknya pada penggunaan start up tersebut ? langsung saja kita bahas secara lengkap berikut ini!.

Inkubator Start Up

George Deep, penulis buku 101 Startup Lessons–An Entrepreneur’s Handbook, memberikan penjelasan singkat mengenai kedua perbedaan yang digunakan dalam start up.

Bagi yang belum paham, inkubator merupakan start up yang ada dalam sebuah perusahaan, dimana berbagai fasilitas layaknya kantor dan juga pelatihan bersama dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusianya. Selain itu adanya pertemuan seperti ini dapat membantu mengembangkan perusahaan menjadi lebih baik.

Sedangkan untuk keunggulan yang dirasakan dalam aoabila startup mengikuti inkubator diantaranya adalah :

  1. Belajar Langsung

Kelebihan pertama yang bisa dirasakan jika mengikuti inkubator adalah mendapatkan pengalaman nyata langsung dari para mentor. Umumnya tidak sembarangan mentor yang telah dipanggil untuk inkubator start up, mulai dari berbagai founder layaknya  Trip Adler (Scribd), Phil Kaplan (AdBrite, Blippy), Jason Calacanis (Mahalo), Michael Arrington (TechCrunch), Peter Pham (Photobucket), James Hong (Hot or Not), dan masih banyak lagi.

Mereka akan membagikan cara dan tips yang bisa langsung dipraktekan, bukan dari para penulis yang mungkin kita tidak tahu reputasi atau perjalanan start upnya.

  1. No Founder Left Behind

Tahukah kamu bahwa sesame founder dan juga pendiri start up, mereka seringkali saling membantu. Ada slogan yang sering disebutkan ketika mengikuti inkubator yaitu  “No founders left behind”. Dengan saling membantu, anda akan mencapai kesuksesan lebih mudah di bidangnya. Misalnya saja, beberapa founder start up mengatakan mereka meningkatkan peserta dengan cara membuat kerja sama yang jelas. Facebook membuat sistem login menggunakan google, fitur share dari instagram ke berbagai media sosial lain dan sejenisnya.

Akselerator dalam Start Up

Masuk ke istilah kedua sering disebut Akselerator. Dimana,start up akan ada dibawah binaan perusahaan tersebut.  Nantinya anda akan mengeluarkan waktu dan biaya kurang lebih 7 bulan saja untuk mengikuti program ini. Tujuannya jelas, para pendiri diharapkan dapat membuat startup sendiri melalui program ini.

Nantinya selama akselerator, banyak pelatihan-pelatihan yang diberikan kepada startup di bawah perusahaan akselerator. Tujuannya jelas saja untuk mempersiapkan startup dan juga bisa mempromosikan idenya. Selain itu ada juga yang menggunakan sistem suntikan modal Misalnya saja seperti modal ventura ataupun angel investors.

Keuntungan dari akselerator yaitu :

  1. Cocok untuk pemula

Sistem ini cocok bagi pemula yang sama sekali tidak tahu apapun mengenai startup, entah anda hanya memiliki modal ataupun ide mentah saja. Dengan hal ini jelas anda bisa lebih paham dan mengerti apa yang harus dilakukan.

  1. Mudah diikuti

Selanjutnya keuntungan yang bisa dirasakan cocok bagi anda yang memang harus mendapatkan binaan yang jelas. Biasanya beberapa orang tidak akan bisa bekerja dengan baik  jika mereka tidak mendapatkan perintah yang jelas, atau alur yang kaku. Dengan akselerator maka start up bisa berdiri dengan jelas.

Lalu, mana yang lebih cocok untuk startup yang ingin anda bangun ? Meski berbeda, kedua model pembinaan yang ada sebenenernya bertujuan untuk membangun start up baru. Bisa dikatakan sama saja, karena nantinya kamu bisa mengembangkan bisnis. Pilih yang sesuai dengan selera dan karakter anda.