Tunggu Sebentar

 

Gaya HidupHiburanPlantshopedia: 2 Bulan Memulai Usaha, Kini Omsetnya Belasan Juta

Darmarita PerdanaMaret 30, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/03/d7074855-7b17-453d-8278-8dc4bff0f7e2.jpg

Plantshopedia merupakan salah satu usaha tanaman hias yang menjual aneka ragam tanaman mulai dari kaktus, sekulen, monster, tilandsia, sansivera, dan tanaman hias lainnya, beragam pot, souvenir, dan semua yang berhubungan dengan tanaman. Tentunya pilihan produk yang ditawarkan oleh Plantshopedia sangatlah lengkap karena konsep dari toko tanaman hias satu ini dibuat mirip dengan distro tanaman. Dimana tidak hanya tanaman hias saja, namun beberapa aksesoris yang behubungan dengan tanaman tersedia di toko ini.

Terletak di kawasan perumahan elite, toko ini mampu mendapatkan konsumen dari kalangan menengah hingga menengah keatas. Maka tidak heran jika semenjak buka sejak 4 bulan yang lalu, keuntungan Plantshopedia mencapai 15 juta perbulannya. Namun semua itu bukan hanya karena lokasi toko saja  namun beberapa usaha yang dilakukan Adani Setiorini dalam mengembangkan usahanya dibilang kreatif dan juga efektif. Banyak kompetitor dari usaha tanaman hias yang satu ini, namun co-founder Plantshopedia tersebut mengemas usaha mereka dengan konsep yang modern dan kekinian. Memanfaatkan promosi kreatif, dan juga berkolaborasi dengan sejumlah pengusaha lainnya usaha ini terus berkembang hingga sekarang.

Memanfaatkan Event Kekinian untuk Melakukan Promosi

Promosi merupakan salah satu strategi bisnis yang penting untuk dilakukan, karena hal tersebut merupakan cara agar untuk menjaring konsumen bahkan mempertahankan pelanggan. Strategi tersebut juga dilakukan oleh Plantshopedia dengan cara yang efektif dan tentunya menarik. Tidak hanya aktif mengedukasi para konsumennya melalui media sosial, bisnis tanaman hias ini mengikuti beberapa event besar yang diadakan di Balikpapan.

Sudah dua acara yang diikuti oleh Plantshopeid yakni Balikpapan Weeding Festival dan BPN GO 123 dimana antusias masyarakat menjadi meningkat terhadap usaha yang dikembangkan oleh tiga wanita cantik ini. “Kami support tanaman hias di salah satu WO untuk dekor di Balikpapan Weeding Festival saat itu, jadi kami berkolaborasi dengan pihak lain. Selain itu kami juga pernah membuka stand di BPN GO 123. Alhamdulilah setelah itu followers di instagram naik, dan omset juga bertambah” tutur Adani saat wawancara. Tentunya konsep binis mereka yang menarik, menampilkan berbagai macam pernak-pernik tanaman hias yang sedang populer saat ini membuat Plantshopedia tampil beda pada kedua acara tersebut.

Mengembangkan Bisnis dengan Strategi Kolaborasi

Bisnis merupakan salah satu usaha yang akan sangat pesat berkembang jika dilakukan bersama-sama. Trend kolaborasi merupakan salah satu strategi bisnis yang sudang sangat populer saat ini. Dengan kerjasama yang dilakukan oleh antar penggiat usaha atau elemen lainnya dapat memberikan manfaat serta keuntungan pada masing-masing individu maupun kelompok. Tentunya tidak melewatkan kesempatan tersebut, Plantshopedia melakukan sejumlah kolaborasi salah satunya menjalin kemitraan dengan pedangan tanaman hias untuk menekan modal.

Tidak hanya itu, binis tanaman ini juga berkolaborasi dengan seniman lokal yang dapat membuat produk berhubungan dengan tanaman semisal  amigurami dengan bentuk kaktus, hiasan dinding bergambar kaktus dan tanaman, kokedama, terrarium. Bahkan untuk mendukung salah satu produk kreatifnya yakni hydroplant, Plantshopedia juga bekerja sama dengan pedangan ikan hias lokal untuk menjadi supplier. Tidak hanya dapat mengembangkan bisnisnya saja, Plantshopedia juga memiliki andil untuk mengembangkan perekonomian lokal melalui usaha tanaman hias yang kreatif. Saat ini, usaha terus berjalan melalui penjualan secara offline maupun online. Meskipun perkembangan teknologi yang pesat, namun mereka tidak mengandalkan penjualan online saja. Hal ini dikarenakan kecenderungan masyarakat Balikpapan yang lebih suka melihat langsung barang sebelum membelinya.