Tunggu Sebentar

 

E-CommercePlatform Ecommerce Bagi Pebisnis Masa Kini

ajengypsMaret 26, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/03/IMG_20200324_114546.jpg

 

Platform ecommerce merupakan tempat untuk menampung penjualan dari berbagai pelaku bisnis. Penggunaan platform tentunya sangat bermanfaat baik bagi penjual maupun pembeli. Untuk melihat seberapa besar penggunaan platform ini, saya melakukan survey kepada 20 penjual dengan kategori barang berbeda dan menanyakan beberapa hal. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

1. Apakah Semua Responden Memakai Platform Ecommerce?

Responden yang mengisi survey sebanyak 20 orang dengan rentang usia antara 18 hingga 26 tahun. Para responden merupakan penjual dengan jenis barang yang berbeda. Terdapat 4 jenis barang yang dijual oleh responden yaitu pakaian, koleksi penggemar, makanan, dan perabotan rumah. Lalu apa jawaban mereka untuk survey tersebut?

Dari total 20 responden, semuanya menjawab ‘ya’. Artinya platform di bidang perdagangan online sangat dibutuhkan. Mayoritas dari mereka menuturkan bahwa penggunaan platform akan membantu mereka dalam promosi sehingga meningkatkan penjualan. Intinya, mereka membuka akun di platform ini karena calon pembeli menggunakan tempat tersebut juga.

2. Berapa Banyak Platform Ecommerce yang Digunakan?

Untuk pertanyaan kedua, jawabannya sudah mulai berbeda. 16 dari 20 orang menjawab bahwa mereka hanya menggunakan satu platform saja. Sisanya menjawab dua platform. Alasan penjual hanya memilih satu platform karena menurut mereka akan terlalu ribet jika harus mengawasi penjualan di banyak platform. Sedangkan alasan penjual memakai dua platform karena untuk meningkatkan penjualan karena pelanggan mereka tersebar di dua platform tersebut.

3. Platform Ecommerce Mana yang Banyak Dipakai?

Sering menjadi pertanyaan adalah platform mana yang memiliki konsumen terbanyak. Kita ketahui bahwa platform – platform di Indonesia bersaing sangat ketat dalam menarik perhatian konsumen. Dari 20 orang yang mengisi survey 11 orang menjawab Shopee, 5 orang menjawab Tokopedia, dan 4 orang sisanya memakai kedua platform Shopee juga platform Tokopedia. Sebenarnya ada platform lain tapi kebetulan yang digunakan responden hanya dua platform tersebut.

Lalu apa sih yang menjadi keunggulan dari kedua platform tersebut sehingga menjadi primadona bagi para penjual? Mayoritas menjawab bahwa mereka memilih Shopee karena sering ada voucher gratis ongkir. Voucher gratis ongkir inilah yang paling diminati oleh pembeli. Lalu, bagi pengguna Tokopedia, mereka menuturkan bahwa Tokopedia memiliki pengunjung terbanyak dibandingkan  platform pesaingnya, jadi banyaknya pengunjung memengaruhi seberapa banyak produk mereka dilihat oleh orang lain.

4. Apa Perbedaan Penjualan Setelah Penggunaan Platform?

Terdapat beberapa perbedaan saat menjual di  platform biasa dengan platform ecommerce. Lalu apa aja yang berbeda? Semua responden kompak menjawab tingkat penjualan. Setelah memakai platform tersebut, penjualan mereka meningkat. Responden yang menjual pakaian mengakui bahwa penjualannya meningkat 2x lipat begitupun dengan responden yang menjual koleksi penggemar. Sedangkan bagi penjual makanan dan perabotan rumah hanya naik sedikit saja.

Selain tingkat penjualan, responden juga menambahkan bahwa perputaran modal mereka berubah. Perputaran modal akan lebih lambat karena penggunaan platform di bidang ecommerce itu kan melalui pihak ketiga jadi uang konsumen akan disimpan di platform tersebut dulu. Nah, setelah barangnya sampai di tangan pembeli, uang tersebut baru akan di transfer ke rekening penjual. Sebenarnya, hal ini agak menghambat perputaran modal mereka apalagi jika ada pembeli yang lupa menekan tombol ‘pesanan diterima’.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penggunaan platform ecommerce oleh pebisnis masa kini. Penggunaan situs tersebut dilakukan agar keuntungan yang didapat penjual semakin tinggi. Tapi, tentunya persaingan yang terjadi akan tetap tinggi. Jadi, setiap pebisnis harus melakukan pembaruan – pembaruan yang kreatif, aktif juga mampu membuka lowongan kerja baru pastinya.