Tunggu Sebentar

 

OtomotifStart Up Otomotif: Tren Belanja Mobil Via Online

Andreas Rifto DevaMaret 19, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/03/6.png

Seiring dengan teknologi informasi yang semakin berkembang, banyak orang jadi lebih nyaman mencari informasi terkait barang yang ingin dibeli secara online. Dunia otomotif juga tidak terlepas dari tren ini. Pencarian mobil, pembelian, bahkan penjualan mobil juga semakin sering dilakukan secara online.

Melihat potensi ini, rasanya terlalu sayang jika pebisnis otomotif tidak memanfaatkan kesempatan ini untuk memperbesar bisnisnya sebagaimana yang dilakukan oleh beberapa pebisnis otomotif dan start up otomotif di nusantara.

Start Up Otomotif Di Indonesia

Geliat start up otomotif di Indonesia sebenarnya sudah berlangsung sejak beberapa tahun lalu. Namun, geliat ini semakin besar seiring waktu. Bahkan, di tahun ini ada beberapa start up otomotif yang melakukan pengembangan usaha, mendapatkan penambahan modal usaha, ataupun diakuisisi oleh pemain lain dalam sektor yang serupa.

Beberapa di antaranya adalah Jualo yang diakuisisi oleh Carro, start up otomotif asal Singapura. Juga OLX dan BeliMobilGue yang melakukan kolaborasi strategis untuk meningkatkan penetrasi layanan. Selain itu, ada juga beberapa start up otomotif lain yang juga mulai melakukan perluasan atau kerja sama dengan perusahaan dan produsen otomotif.

Start Up Otomotif Sebagai Perantara

Kebiasaan melakukan transaksi secara online menjadi salah satu faktor pendukung yang membuat tren jual beli melalui marketplace jadi banyak diminati. Hal ini juga ikut mendukung kemajuan start up yang bergerak di bidang otomotif.

Dalam hal ini, start up lebih cenderung bergerak sebagai perantara yang menghubungkan antara penjual dengan pembeli. Ada beberapa skema penjualan yang kerap muncul dalam bisnis otomotif, yaitu B2C dan C2C. Untuk skema B2C sendiri menyediakan layanan penjualan mobil bekas ataupun baru dari bisnis ke konsumen. Sedangkan skema C2C didominasi penjualan mobil bekas dari konsumen ke konsumen.

Secara prospek bisnis, start up otomotif dalam bentuk marketplace memiliki prospek yang menarik. Salah satunya dari penjualan mobil bekas yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Peningkatan ini bisa mencapai 33 persen atau sekitar 490 orang dibandingkan dengan tahun lalu.

Itulah beberapa hal terkait start up otomotif yang menarik untuk diketahui. Ke depannya, bisnis otomotif dan start up akan terus melakukan inovasi yang akan memberikan dinamika yang lebih menarik lagi bagi pasar otomotif nasional.