Tunggu Sebentar

 

Gaya HidupTips Untuk Work From Home Yang Efektif

Ringga RahmiMaret 26, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/03/Work-From-HOme-4.jpg

Work From Home merupakan istilah populer untuk melakukan pekerjaan dari rumah. Gaya hidup ini banyak diadopsi oleh banyak kaum milennial. Baik itu sebagai free lancer, maupun pekerja bagian IT yang melakukan pekerjaan secara Remote atau bekerja di depan komputer saja, tanpa harus datang ke kantor.

Ketika ancaman virus corona melanda berbagai belahan dunia, maka Work From Home menjadi pilihan berbagai kalangan. Bahkan beberapa perusahaan telah mengeluarkan peraturan untuk mengerjakan pekerjaan secara Remote untuk mencegah penyebaran virus corona.

Work From Home
Work From Home

Bagi para start up yang melakukan pekerjaan secara remote dari rumah, terkadang mengalami kesulitan dalam mengatur waktu dan tidak bisa mengatur jadwal ketika melakukan Work From Home. Untuk itu berkut beberapa tips untuk meningkatkan efektifitas ketika melakukan Work From Home :

  • Mengatur Jadwal Untuk Mengerjakan Pekerjaan Kantor

Dalam menjalankan Work From Home, maka kita perlu menentukan jadwal untuk melakukan pekerjaan. Disarankan agar memulai pekerjaan pada waktu yang sama setiap harinya dan mengakhiri pekerjaan pada waktu yang sama. Contohnya kita menetapkan jam bekerja semala 8 jam. Maka kita dapat memulai pekerjaan dengan berada di ruangan kerja atau meja kerja pada pukul 09.00 dan membereskan pekerjaan kita pada jam 17.00. Hal ini dilakukan agar kita dapat menyelesaikan pekerjaan dengan fokus, karena kita telah membagi waktu sesuai dengan porsinya.

  • Membuat To Do List Untuk Target Harian

Dengan mengerjakan pekerjaan dari rumah, maka membuat target harian yang harus dicapai akan membuat kita bekerja lebih terarah. Contohnya pada hari ini kita membuat 5 target untuk diselesaikan. Maka fokus kita akan tertuju untuk  mengerjakan 5 hal yang perlu diselesaikan hari ini, sampai jam bekerja selesai. Agar setiap hari kita memiliki progress dan dapat mencapai target pekerjaan kita, meskipun kita bekerja dari rumah.

  • Memberikan Pengertian Kepada Keluarga

Keluarga merupakan bagian terpenting dalam hidup kita. Apabila kita melakukan Work From Home maka kita memiliki waktu yang banyak untuk berinteraksi dari pagi hingga malam. Untuk itu, kita perlu menyampaikan kepada keluarga kita bahwa kita memiliki waktu tersendiri untuk mengerjakan pekerjaan, dan meminta pemahaman anggota keluarga agar tidak diganggu ketika mengerjakan pekerjaan. Sehingga dalam bekerja kita tidak akan mengalami gangguan yang berarti.

  • Menggunakan Pakaian Yang Tepat Ketika Melakukan Work From Home 

Sebelum bersiap-siap untuk mengerjakan Work From Home maka disarankan mengganti pakaian dengan pakaian yang nyaman dan jangan memakai pakaian tidur. Karena apabila menggunakan pakaian tidur maka kita akan cenderung bermalas-malasan dan memilih kembali untuk tidur. Dengan mengganti pakaian ketika memulai bekerja, maka suasana hati kita akan berubah dan kita akan menjadi lebih bersemangat dalam menyelesaikan target kita hari ini.

  • Menjaga Kebersihan Area Kerja

Untuk bekerja dari rumah, terkadang kita tidak memiliki ruangan yang khusus. Banya pekerja yang memilih metode Work From Home mengerjakan pekerjaan di ruang keluarga ataupun di kamar. Kebersihan area kerja perlu dijaga, agar tidak mengganggu kita dalam bekerja. Kondisi area kerja yang bersih akan membuat kita lebih bersemangat bekerja. Membersihkan area kerja dapat dilakukan pagi hari sebelum memulai bekerja atau sore hari ketika setelah mengerjakan pekerjaan ini.

  • Menyiapkan Waktu Untuk Beristirahat Saat Bekerja

Meskipun kita bekerja dari rumah, istirahat tetap diperlukan. Istirahat diperlukan agar dapat mengisi kembali energi yang terkuras saat bekerja dan juga mengurangi stress/ burnout dalam bekerja. Istirahat yang dilakukan dapat berupa berjalan di dalam ruangan, menyiram tanaman atau dengan melakukan tidur siang selama 30 menit. Hal lain yang dapat dilakukan yaitu melakukan peregangan dan olah raga ringan disela waktu pekerjaan. Agar terhindar dari pegal saat bekerja. Karena sebagian pekerjaan dilakukan dengan duduk di depan laptop, sehingga otot kita membutuhkan istirahat. Sambil beristirahat kita juga dapat mencari informasi seputar pekerjaan dan dampak virus corona pada bisnis masyarakat, salah satunya dengan mengunjungi platform digital yang menyediakan berbagai artikel mengenai dunia start up.