Tunggu Sebentar

 

UMKMUMKM: 4 Ide Usaha Yang Menguntungkan

Ringga RahmiMaret 28, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/03/Ide-Usaha-Yang-Menguntungkan-1280x854.jpg

UMKM memberikan angin segar kepada masyarakat yang ingin memulai usaha dengan modal yang tidak cukup besar. Sekarang semua orang bisa mendirikan usaha kecil dan mikro tanpa perlu menghawatirkan banyak hal.

Berikut adalah beberapa ide yang dapat dijadikan usaha bagi Anda yang masih belum mengetahui bidang usaha yang akan dibuat. Memulai.id akan menjelaskan 7 bidang usaha yang layak dijadikan pilihan.

  • Usaha di Bidang Kuliner

Semua orang membutuhkan makanan dalam kesehariannya. Maka dari itu banyak yang mengatakan bahwa bidang kuliner merupakan peluang usaha yang sangat besar. Karena permintaan dari konsumen akan selalu ada setiap harinya. Selanjutnya, menjadi tugas dari pelaku usaha dengan menyediakan aneka kuliner yang sesuai dengan permintaan pasar dan memiliki kualitas yang terjamin.

Pada zaman sekarang, maraknya aplikasi ojek online yang menyediakan jasa untuk delivery makanan bisa menjadi peluang bagi pengusaha. Pengusaha dapat membuat bisnis makanan yang dapat dibuat di rumah. Selanjutnya dapat mengurus izin usaha kepada pemerintah agar mendapatkan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan).

Langkah berikutnya adalah dengan mendaftarkan usaha kuliner kita ke aplikasi ojek online, sehingga konsumen dapat memesan produk makanan kita secara online. Hal ini dapat menjadi peluang untuk meningkatkan promosi dari usaha kita.

  • Usaha di Bidang Otomotif

Otomotif menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang. Dunia otomotif kian populer bagi kalangan milennial saat ini. Anda dapat memulai bisnis otomotif dalam ruang lingkup keci, agar tidak mengalami kesulitan saat membangun usaha dari awal.

Contoh usaha yang termasuk dalam bidang otomotif antara lain usaha penjualan alat perlengkapan motor atau mobil, penyediaan jasa bengkel, penyediaan jasa cuci motor atau mobil. Usaha lain di bidang otomotif yang juga mendapatkan banyak konsumen adalah penjualan helm sepeda motor. Penjualan helm sepeda motor yang memiliki kualitas yang bagus akan membuat banyak konsumen membeli produk yang kita tawarkan. Upaya ini juga membantu masayrakat untuk melindungi tubuh mereka saat mengendarai sepeda motor.

  • Usaha di Bidang Fashion

Usaha bidang fashion saat ini sudah dapat ditemukan dimana saja. Bagi pengusaha yang berminat pada bidang usaha ini, maka dapat memulai dengan modal yang kecil. Contohnya saja usaha penjualan pakaian secara online melalui akun social media yang dimiliki. Apabila Anda belum memiliki modal awal yang cukup, maka dapat melakukan pinjaman modal kepada bank atau lembaga terkait. Peminjaman dana untuk usaha UMKM terhitung mudah dengan bunga dari pinjaman yang tidak besar.

  • Usaha di Bidang Pendidikan

Pendidikan menjadi perhatian semua kalangan. Dengan membuat usaha dalam bidang pendidikan kita dapat ikut serta dalam mencerdaskan anak bangsa. Ide usaha yang dapat dilakukan adalah dengan mendirikan lembaga bimbingan belajar yang bersertifikat dan terdaftar pada pemerintah. Untuk tahap awal Anda dapat menjadi pengajar dalam bimbingan belajar tersebut, pilihan lain untuk mencari tenaga pengajar yaitu mengajak teman Anda yang berprofesi sebagai guru untuk ikut menjadi pengajar pada tempat Anda.

  • Usaha di Bidang Teknologi

Kemajuan teknologi beberapa dekade belakangan ini membuat bisnis di bidang teknologi menjadi pilihan tepat untuk memulai usaha. Anda dapat membuat start up dengan mengembangkan teknologi yang ada. Untuk sebagai bahan referensi untuk bidang usaha ini, Anda dapat mempelajari kisah sukses beberapa Founder Start Up dalam merintis usaha seperti Gojek, dan berbagai start up lainnya.