Tunggu Sebentar

 

UMKMUMKM: 6 Aplikasi Terbaik UMKM

Ringga RahmiMaret 27, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/03/aplikasi-umkm.jpg

UMKM merupakan sektor usaha yang kini menjadi perhatian pemerintah untuk pengembangannya. Berbagai langkah dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan minat masyarakat untuk bergabung kedalam bisnis ini. Mulai dari mempermudah urusan perizinan, mengadakan pelatihan gratis untuk pelaku usaha serta membuat berbagai aplikasi untuk pengembangan usaha.

Kebijakan lain dari pemerintah yaitu dengan adanya Osman. Kebijakan ini adalah sebuah sistem informasi yang tersusun secara integrasi antara berbagai pihak dalam usaha kecil dan mikro. Antara lain Pemerintah, Industri, Perusahaan Korporasi, Lembaga masyarakat dan tentu saja masyarakat pelaku usaha kecil dan mikro.

Berbagai produk osman telah melahirkan aplikasi untuk memudahkan interaksi antara pelaku usaha dan konsumennya. Aplikasi yang dikembangkan disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya serta kebutuhan mitra yang terkait dalam usaha kecil dan mikro.

Seiring dengan bertambahnya kemajuan teknologi, maka peningkatan efektifitas UMKM dilakukan dengan mengembangkan berbagai aplikasi. Pemerintah juga mencoba untuk mengeluarkan beberapa aplikasi untuk mempermudah pengelolaan UMKM. Selain pemerintah, beberapa developer juga meluncurkan aplikasi yang membuat urusan administrasi dan keuangan dari UMKM menjadi lebih efektif dan efisien.

Pada artikel kali ini, memulai.id akan membagikan 6 aplikasi yang dapat digunakan untuk pelaku usaha :

  • Aplikasi Udeo

Aplikasi Uedo merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan pada Smartphone Anda. Aplikasi ini dikembangkan oleh Osman yang melakukan kerjasama dengan Usaha desa. Dalam Aplikasi ini, pemilik usaha dapat menilai usahanya, mengelola usaha, melakukan pencatatan keuangan dan melakukan inkubasi usaha.

Dalam Aplikasi ini, pemilik usaha dapat menghitung neraca keuangan dengan mudah. Aplikasi Uedo juga menyediakan fitur untuk melakukan pembagian tugas karyawan dalam usaha Anda. Sehingga aplikasi ini akan membantu untuk mencapai efisiensi dan efektifitas dalam bekerja.

  • Aplikasi Bumdes

Bagi yang belum mengenal aplikasi ini, mungkin masih belum familiar dengan aplikasi yang dikeluarkan oleh  Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Sasaran dari aplikasi ini adalah Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang ada di Indonesia, saat ini jumlahnya diperkirakans sekitar 30.000 usaha.

Dengan aplikasi ini, pemilik usaha dapat meningkatkan kinerja dari karyawan dan tata kelola dari usaha tersebut. Aplikasi ini berbasis web sehingga dapat dengan mudah diakses oleh siapa saja. Kelebihan dari aplikasi ini adalah fitur penilaian terhadap BUMDES yang memudahkan pemilik usaha. Fitur lain yang ada pada aplikasi ini adalah program inkubasi bisnis.

  • Ninja Xpress

Aplikasi ini membantu pemilik usaha, khususnya yang menggunakan jenis bisnis e-commerce dalam mengirimkan barang. Dengan aplikasi ini, pengiriman produk kepada konsumen menjadi lebih mudah. Kelebihan dari aplikasi ini adalah konsumen dapat melakukan pengecekan terhadap produk yang diinginkan secara realtime.

  • Sleekr

Bagi pengusaha yang kesulitan dalam melakukan pengelolaan data karyawan dan data keuangan. Maka Aplikasi Sleekr menjadi solusi yang tepat, karena kedua fitur ini menjadi keunggulan dari aplikasi ini. Pemilik usaha tidak akan lagi menemukan kesusahan dalam pengelolaan data keuangan seperti urusan pajak.

  • Oy!

Aplikasi ini memberikan kesempatan kepada pemilik usaha untuk melakukan promosi dari usahanya kepada khalayak ramai. Mulai dari bisnis kuliner, penjualan tiket perjalanan serta jasa salon kecantikan dapat dipasarkan pada aplikasi ini. Aplikasi ini dapat diunduh pada andorid.

  • Pinjam.co.id

Apabila pemilik usaha ingin mengembangkan usaha dan membutuhkan modal yang cukup besar, maka pinjam.co.id dapat menjadi solusi yang tepat. Apikasi ini memberikan pinjaman modal hingga Rp. 200 juta dengan bunga sekitar 1-1,75% perbulan, tergantung dengan masa pinjaman.