Tunggu Sebentar

 

Otomotif5 Alat Wajib di Bisnis Bengkel Motor Part 1

ajengypsApril 5, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/04/bisnis-bengkel-1.jpg

 

Bisnis bengkel motor menjadi bisnis yang banyak diminati anak muda. Lalu ketika kamu ingin membuka bengkel motor, alat apa saja yang perlu disiapkan? Berikut adalah penjelasan mengenai alat yang harus ada di bengkel motor bagian pertama.

1. Kunci

a. Kunci T

Kunci T harus ada karena berfungsi sebagai pembuka dan pengendur baut pada motor. Kelebihan kunci T adalah bisa menggapai tempat yang sempit. Tak hanya itu, alat ini juga bisa mengurangi risiko baut slek. Ukurannya ada yang 7 hingga 14 mm, 17 mm, dan 19 mm. Harga barang dipasaran sekitar 25k hingga 35k.

b. Kunci Ring

Alat kedua yang wajib ada di bisnis bengkel motor adalah kunci ring. Rahan benda ini berbentuk hexagonal. Ukurannya mulai dari 6, 7, 8 dan seterusnya.Fungsi kunci ring utamanya adalah untuk mengencangkan dan melepas baut berukuran segi enam. Harganya mulai dari 45k hingga 85k untuk satu set.

c. Kunci Pas

Kunci pas atau open end spanner sering ditemukan di bengkel motor. Alat ini terbuat dari logam chrome vanadium. Sudut rahangnya ada yang 15 derajat ada juga yang 90 derajat. Ciri khas kunci pas ada pada kedua ujung tangkainya. Kedua ujung tangkai memiliki rahang kunci yang berbeda. Fungsinya untuk melepas dan memasang baut atau mur yang tidak terlalu kencang.

d. Kunci L Harus Ada di Bisnis Bengkel Motor

Sesuai namanya kunci L ini bentuknya menyerupai huruf L. Kunci L terbagi menjadi dua jenis, ada yang hexagonal ada juga yang bintang. Ukurannya mulai dari 2 mm hingga 22 mm. Fungsi kunci L yaitu melepaskan dan mengencangkan baut yang kepalanya menjorok ke dalam.

e. Kunci Sok

Kunci sok atau socket wrench adalah alat yang lebih leluasa dan lebih aman dibandingkan kunci pas atau kunci ring. Umumnya, berbetnuk tabung. Berfungsi untuk melepas dan memasang baut berbentuk segi enam.Kunci sok ada yang standard, semi deep, dan deep.

2. Bisnis Bengkel Perlu Tang

Tang wajib ada di bengkel. Fungsinya berbeda – beda tergantung jenisnya. Tang kombinasi digunakan untuk menjepit benda kerja. Jenis tang lancip berfungsi menjepit benda kecil. Tang potong untuk memotong logam kecil. Dan masih banyak lagi jenisnya, pada umumnya kegunaannya sama yaitu untuk memegang suatu benda.

3. Palu

Palu dalam dunia bengkel tersedia banyak macamnya. Jenis yang paling terkenal adalah palu paku berfungsiuntuk memukul dan mencabut paku. Ada juga palu bulat untuk memukul sesuatu atau memecahkan barang. Palu plastic dan palu batu juga diperlukan. Fungsi palu pada umumnya yaitu untuk memukul benda.

4. Bisnis Bengkel Perlu Pahat

Selanjutnya ada pahat yang harus ada dalam usaha bisnis bengkel motor. Pahat ini banyak jenisnya misalnya pahat plat yang berfungsi untuk meratakan bidang. Kemudian, ada pahat alur untuk membuat alu-alur sempit. Pahat dam untuk memotong bahan yang tebal. Tak ketinggalan ada pahat dimon yang berfungsi untuk membersihkan sudut – sudut dalam.

5. Gergaji

Tak disangka, ternyata gergaji juga diperlukan di bengkel motor. Fungsi utamanya untuk memotong benda kerja. Jenisnya ada dua yaitu yang mekanik dan mesin. Lebih efektif dalam penggunaan gergaji mesin.

Itulah alat yang wajib ada saat menjalankan bisnis bengkel motor. Mau tahu alat yang diperlukan lainnya? Yuk, langsung baca di artikel yang kedua. Tinggal klik linknya ya!