Tunggu Sebentar

 

Otomotif5 Perkakas Bengkel Ini Wajib Ada Part 2

ajengypsApril 5, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/04/bisnis-bengkel-2.jpg

 

Perkakas bengkel part 1 sudah saya bahas sebelumnya. Sekarang kita lanjut ke peralatan yang tidak kalah pentingnya dengan yang part 1. Penasaran? Yuk simak 5 peralatan bengkel yang wajib kamu miliki saat memulai bisnis.

1. Kikir

Kikir adalah perkakas bengkel yang sangat diperlukan. Fungsi utamanya yaitu untuk meratakan dan menghaluskan suatu bidang. Jenis kikir sangat banyak sekali dengan fungsi detail yang berbeda – beda. Kikir gepeng untuk bermanfaat untuk meratakan benda kerja agar sejajar tegak lurus. Bentuk kikir gepeng adalah koak pipih.

Kemudian, ada kikir persegi empat, bentuknya segi empat berguna untuk membuat permukaan benda kerja berbentuk siku. Kikir segi tiga berbentuk segi tiga, semakin ujung ukurannya makin kecil. Bermanfaat untuk meratakan benda kerja berbentuk 60o atau lebih besar. Jika untuk menghaluskan ukuran 60o atau lebih kecil digunakan kikir pisau.

2. Sney & Tap

Sney dan Tap adalah perkakas bengkel yang berbeda. Tap adalah perkakas untuk membuat ulir dalam untuk baut tanamn. Sedangkan Sney adalah perkakas untuk membuat ulir luar. Kedua alat ini adalah peralatan yang digunakan di atas meja.

Karena dioperasikan di atas meja maka masing – masing dari alat ini mempunyai pegangan. Pegangan sney  digunakan agar sney dapat memberikan tekanan merata juga agar tuas tidak miring. Penggunaan pegangan tap fungsinya agar tap memberikan tekanan kuat juga memastikan sudutnya tetap 90o C.

3. Ragum

Ragum akan memudahkan pekerjaan bengkel motor. Fungsinya sebagai penjepit benda kerja sehingga saat memotong, memahat, mengikir menjadi lebih mudah. Hasil kerja akan lebih bagus dan rapih dengan penggunaan alat ini. Alat ini terbuat besi yang kuat. Bagian – bagian alat tersebut diantaranya ada rahang geser, rahang tetap, anvil, slider, dudukan, tuas pemutar, dan batang ulir.

Ada 3 jenis ragum yang sering dipakai. Pertama, sering disebut Ragum Biasa yaitu ragum untuk mencengkeram benda kerja yang bentuknya sederhana. Cara kerjanya dengan memutar handle. Kedua, Ragum Putar yang digunakan untuk mencengkeram benda, keutamaannya ragum ini bisa diputar. Terakhir, ada ragum universal yaitu untuk mencengkeram benda dan biasa diatur perpindahan vertika dan horizontalnya.

4. Treker Magnet

Treker magnet merupakan perkakas yang digunakan untuk mengambil barang di lubang mesin. Motor dikenal memiliki rangkaian yang terbuat dari magnet sehingga pengambilan di lubang mesin akan lebih mudah jika pakai treker magnet.

Sebenarnya treker magnet juga digunakan di mesin mobil. Barang – barang kecil berbahan besi akan mudah menempel dengan alat ini. Contoh barang kecil yang terbuat dari besi dan sejenisnya adalah mur atau baut. Kamu bisa mendapatkan alat ini mulai dari serratus ribuan saja.

5. Kompresor : Perkakas Bengkel

Perkakas bengkel yang diperlukan selanjutnya adalah kompresor. Alat ini berfungsi untuk meningkatkan tekanan udara. Tenaga penggeraknya yaitu bisa motor listrik, bensin, dan diesel. Bagian – bagiannya ada air dryer, desucant dryer, filter udara,regulator dan lubrikator. Perkakas satu ini bisa kamu dapatkan dengan rentang harga mulai dari 2 jutaan saja. Semakin mahal biasanya semakin modern dan bagus.

Itulah perkakas bengkel motor yang perlu kamu siapkan saat memulai bisnis bengke. Barang – barang tersebut bisa kamu dapatkan di toko otomotif atau bisa juga belanja secara online di platform terpercaya. Semoga informasi kali ini bermanfaat. Jangan lupa membaca artikel bisnis menarik lainnya di memulai.id.