Tunggu Sebentar

 

E-CommerceStartupTeknologiUMKMApa itu Google Bisnis?

Sigid SetyoApril 5, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/04/Google-Bisnis.png

Google Bisnis atau Google Bisnisku (Google My Business) adalah alat yang luar biasa hebat untuk mengembangkan bisnis Anda. Berdasarkan penelitian Google, alat ini dapat membantu meningkatkan hingga 35% trafik ke website, dan 42% kunjungan ke lokasi bisnis Anda.

Jika hal ini berjalan dalam jangka panjang, potensi peningkatan ini dapat mencapai 300% dalam 1 – 2 tahun. Luar biasa, bukan?

Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas seluk beluk Google Bisnis secara lengkap. Meski Anda seorang pemula yang belum pernah menggunakannya, dijamin Anda dapat memanfaatkan alat Google ini untuk melejitkan bisnis Anda.

Apa itu Google Bisnis?

Apa itu Google Bisnis

Google Bisnis adalah fitur pembantu GRATIS bagi para pemilik usaha dalam hal pengenalan dan pengelolaan bisnis agar diketahui lebih banyak khalayak melalui media internet. Fitur tersebut berupa penandaan lokasi (Google Maps), profil usaha (Google Business Site) dan tentu saja penelusuran di mesin pencari Google. Anda tidak memerlukan kemampuan ilmu khusus untuk dapat menjalankan fitur kepunyaan Google ini. Sebab, fitur tersebut sangat simpel dan mudah digunakan. Cukup siapkan beberapa foto dan sedikit waktu luang untuk menuliskan profil.

Bagaimana Cara Fitur Google ini dapat Membantu Bisnis Kita?

Google akan mengizinkan Anda untuk membuat profil dari bisnis Anda di situs mereka. Di sini Anda dapat memberikan informasi mengenai bisnis Anda, mulai dari alamat, produk dan layanan, jam buka-tutup, dan sebagainya.

Dengan demikian, jika ada yang mencari info tentang bisnis, atau produk dan layanan yang terkait bisnis Anda, maka profil bisnis Anda akan ditampilkan. Yang menyenangkan, profil bisnis Anda bahkan dapat ditampilkan walaupun audience tidak secara khusus mencari nama bisnis Anda.

Coba perhatikan studi kasus berikut!

contoh penelusuran usaha di Google

Misalkan Anda ingin mencari sebuah rumah makan yang menyediakan bebek bakar. Anda tidak tahu di mana lokasi rumah makan bebek bakar, bahkan sekadar namanya pun tidak tahu. Maka, di sini Anda akan mengetikkan kata kunci “bebek bakar terdekat”.

Secara otomatis, Google akan menampilkan nama-nama rumah makan penyedia bebek bakar terdekat yang terdapat dalam database mereka. Lokasi ini pun sudah disesuaikan berdasarkan GPS dari ponsel Anda.

Anda dapat melihat review atau ulasan dari para pengunjung yang pernah mencoba di tempat makan tersebut. Misalkan Anda tertarik dengan satu nama, ketika Anda klik, Google akan menampilkan profil bisnis dari rumah makan tersebut.

contoh penelusuran usaha di Google Maps

Anda tidak hanya bisa melihat profil bisnis mereka, tapi juga melihat menu, lokasi, jam buka, hingga ulasan dari pengunjung lainnya. Bahkan, Anda dapat mem-bookmark sehingga lain kali Anda dapat diingatkan sedang berada di dekat lokasi rumah makan tersebut.

Apa Keuntungan Menggunakan Google Bisnis?

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa menggunakan Google Bisnis, paling tidak dapat memberikan keuntungan berikut.

  1. Bisnis Anda lebih mudah ditelusuri, ditemukan, dan ditampilkan oleh Google. Ini akan meningkatkan kunjungan baik terhadap situs maupun lokasi bisnis Anda.
  2. Mudah membangun branding dengan bantuan testimoni dari pelanggan bisnis Anda.
  3. Mudah mengelola CRM (Customer Relationship Management) dengan fitur interaksi pelanggan yang disediakan Google

contoh data analisa dari akun Google Bisnis

Dan, sekali lagi, semua itu disediakan secara gratis oleh Google. Asyik, bukan?

Bagaimana Cara Daftar di Google Bisnis?

Berikut ini adalah langkah-langkah cara daftar Google Bisnis. Untuk mulai memanfaatkan bantuan dari Google ini, Anda dapat membuka akun Google Bisnis melalui link berikut: https://www.google.com/intl/id_id/business/ .

Anda akan langsung dibawa ke halaman pendaftaran Google Bisnis berbahasa Indonesia. Klik “Kelola Sekarang”.

cara mendaftar google bisnis

 

Di halaman selanjutnya, ketikkan nama bisnis Anda. Karena Anda baru akan membuat profil bisnis, Anda klik saja “Tambahkan bisnis Anda ke Google”.

alur langkah pendaftaran akun google bisnis

Anda akan diminata memasukkan nama brand, merek, atau nama usaha dan bisnis Anda.

form nama usaha

Klik “Berikutnya”, Anda akan diminta memasukkan bidang dari usaha atau bisnis Anda.

form kategori usaha

Klik “Berikutnya”, Anda akan ditawarkan untuk menempatkan alamat bisnis Anda di Google Maps. Pilih Ya, dan Anda akan diminta memasukkan alamat dari bisnis Anda.

form alamat usaha

Isi alamat dengan lengkap lalu klik “Berikutnya”, kemudian atur posisi atau lokasi bisnis Anda sesuai dengan tanda yang Anda sematkan.

setel penanda lokasi usaha

Klik “Berikutnya”, lalu Anda akan ditawari untuk menambahkan layanan delivery atau antar-jemput lokasi sekitar. Jika Anda menyediakannya, klik pilihan “Ya”, lalu atur jangkauan area pelayanan Anda. Jika tidak, Anda dapat melewati saja dan langsung ke langkah selanjutnya.

fitur area bisnis

Klik “Berikutnya”, lalu Anda akan ditawari untuk memasukkan detil kontak yang dapat dihubungi oleh audience Anda, berupa nomor telepon dan alamat website.

setelan detil kontak bisnis

Jika Anda sudah memiliki situs bisnis sendiri, Anda dapat memasukkan alamat situs Anda. Jika tidak atau belum memiliki, pilih “Buat situs gratis berdasarkan info Anda”. Maka Google akan membuatkan situs Anda secara otomatis pada sub-domain site.google.com.

setelan informasi dari Google  setelan final akun google bisnisku

Klik “Berikutnya”, Anda akan ditawari untuk menerima info terbaru seputar pengembangan bisnis Anda di Google Bisnisku. Pilih salah satu, lalu klik “Berikutnya” lagi, dan proses pembuatan Google Bisnisku telah selesai. Tinggal proses verifikasi saja.

konfirmasi alamat email

Untuk verifikasi, masukkan nama Anda ke dalam kolom “Contact name”, lalu klik “Mail”. Google akan mengirimkan kartu pos yang akan Anda terima sekitar 14 hari kemudian. Kartu pos tersebut berisikan kode verifikasi yang nanti harus Anda masukkan di halaman verifikasi.

Klik “Lanjutkan”, Anda akan dibawa menuju dasbor Anda.

Beranda Google Bisnis

Anda dapat mulai mengatur postingan, menambahkan produk, foto, dan info layanan. Tetapi, untuk mulai melihat dan mengtur insight audience Anda, perlu menunggu proses verifikasi selesai.

Bagaimana Cara Verifikasi Akun Google Bisnis?

Pertama, Anda perlu memahami cara login Google Bisnisku (asumsikan bahwa Anda sudah menerima kartu pos setelah 14 hari).

Buka halaman Google Bisnisku di https://www.google.com/intl/id_id/business/. Klik langsung di tombol “Login” atau “Kelola sekarang”. Jika cache di browser Anda masih aktif, secara otomatis Anda akan dibawa ke dasbor Bisnis Anda. Jika sudah tidak aktif, Anda akan diminta memasukkan email dan sandi akun Google Anda.

Pada menu di sebelah kiri, klik link “Verifikasikan lokasi”. Jika belum terlihat, tarik turun menunya sampai link tersebut muncul.

cara verifikasi Google Bisnis

Klik tautan tersebut, Anda akan dibawa ke halaman verifikasi dan diminta memasukkan 5 digit angka ke dalam kolom yang tersedia.

form kode verifikasi google bisnisku

Masukkan kode verifikasi ke dalam kolom tersebut, dan akun Google Bisnis Anda siap untuk mengolah data pelanggan.

Bagaimana Cara Menambahkan Lokasi Usaha?

Bisnis Anda mungkin memiliki cabang. Jika Anda ingin menambahkan cabang dari bisnis Anda, dapat Anda lakukan dengan mendaftarkannya masing-masing melalui menu “Tambahkan lokasi baru”.

menambahkan lokasi baru

Sebagai info, menu tersebut hanya akan mulai aktif ketika Anda telah melakukan verifikasi atas lokasi Bisnis Anda sebelumnya. Jika belum, Anda hanya akan dibawa kembali ke halaman pendaftaran Google Bisnis baru.

Proses penambahan lokasi baru seperti saat menambahkan lokasi pertama kali. Anda akan diminta memasukkan alamat dan mengatur posisinya secara akurat dalam Google Maps.

Lokasi tersebut tetap perlu diverifikasi terlebih dahulu untuk memastikan bahwa Anda benar-benar memiliki cabang di tempat tersebut. Kartu pos berisikan kode verifikasi akan dikirim ke alamat yang dicantumkan dan Anda dapat memverifikasi setelah kode tersebut diterima.

Bagaimana Pula Cara Menambahkan Lokasi Bisnis Secara Massal?

Jika Anda memiliki lebih dari 10 cabang bisnis, Anda dapat menggunakan upload lokasi secara massal melalui spreadsheet. Bentuk dan format spreadsheet yang digunakan harus menggunakan standar dari Google. Untuk itu, Anda perlu mengunduhnya terlebih dahulu.

Untuk mengelola lokasi bisnis, Anda dapat masuk ke menu “Kelola lokasi” di menu sebelah kiri.

mengelola bisnis anda

Anda akan dibawa ke halaman pengelolaan lokasi. Jika sebelumnya Anda merupakan pengelola utama dan cabang Anda belum pernah membuat profil bisnis sebelumnya, pilih “Tambahkan lokasi”. Namun, jika sebelumnya cabang-cabang Anda sudah membuat profil bisnis, Anda dapat menggabungkannya ke dalam satu grup dengan memilih “Grup lokasi”.

membuat grup lokasi di google bisnis

Dengan menambahkan grup lokasi, Anda akan membuat grup baru dan menambahkan cabang-cabang tersebut dari dengan kode aksesnya. Setelah memilih tambahkan lokasi, Anda akan mendapatkan pilihan menambahkan 1 lokasi atau massal dengan impor lokasi.

cara mengelola lokasi Google Bisnis 2

Anda bisa memilih “Impor lokasi” untuk penambahan lebih dari 10 lokasi. Akan muncul pilihan berikut ketika Anda meng-klik pilihan “Impor lokasi”.

impor data untuk mengelola beberapa lokasi

Pilih “Download template” untuk mengisi data lokasi cabang bisnis Anda dan menguploadnya ke Google. Jika tidak yakin bagaimana cara mengisinya, pilih “Download contoh spreadsheet” untuk melihat contoh pengisiannya.

Setelah mengisi lokasi-lokasi tersebut, klik “Pilih file” untuk mengupload spreadsheet yang telah Anda edit. Demikian sampai muncul pilihan selesai, dan tunggu kiriman kode verifikasi dari Google.

Google akan mengirimkan kode verifikasi ke setiap alamat cabang yang dicantumkan melalui kartu pos. Anda dapat kembali ke halaman pengelolaan lokasi untuk memasukkan kode verifikasi setiap cabang.

Bagaimana Cara Mendapatkan Review di Fitur Google Ini?

Review atau ulasan Google Bisnis sangat penting bagi para pemilik bisnis atau usaha lokal ini. Karena ulasan ini akan menjadi social proof berupa testimoni, yang mana berperan penting dalam mempengaruhi persepsi dan minat pelanggan.

cara review Google Bisnis

Dari mana mendapatkan review atau ulasan tentang bisnis Anda? Ya dari pelanggan yang pernah berkunjung ke lokasi bisnis Anda. Oleh karena itu, pemilik bisnis harus berupaya untuk memberikan produk dan layanan terbaiknya kepada pelanggan.

Setelah memastikan bahwa pelanggan puas dengan produk atau layanan Anda, mintalah mereka untuk memberikan ulasan atau review pada profil bisnis Anda. Upayakan agar mereka memberikan ulasan terbaiknya (skala bintang 0 – 5). Semakin baik review mereka, semakin bermanfaat untuk perkembangan bisnis Anda.

Bisakah Membuat Review di Profil Google Bisnis Sendiri?

Well, Anda sangat tidak disarankan melakukan hal ini karena Google dapat mendeteksi jika ada upaya spamming dalam review tersebut. Melalui IMEI dan IP yang unik, Google dapat melacak spam ulasan tersebut, bahkan jika Anda berganti-ganti akun Google.

Begitu juga menggunakan jasa review Google Bisnis yang mungkin Anda akan dapati tawarannya. Setiap ulasan harus memiliki IMEI dan IP yang unik agar dapat lolos dari deteksi Google. Jika jasa review yang Anda gunakan ceroboh, bisa-bisa profil bisnis Anda di-take down oleh Google.

Cara yang aman adalah dengan berusaha memberikan produk dan pelayanan terbaik, lalu meminta dengan sopan kepada pelanggan untuk memberikan ulasannya.

Sebagai ringkasannya, Anda dapat melihat video langkah demi langkah membuat Google Bisnis berikut. Pastikan Anda menggunakan layanan gratis dari Google ini untuk melejitkan bisnis Anda. Selamat Mencoba!