Tunggu Sebentar

 

BisnisUMKMTips Bekerja dari Rumah untuk Pebisnis UMKM

Sigid SetyoApril 22, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/04/work-from-home-kerja-dari-rumah.png

Menghadapi Pandemi Covid-19 yang diperkirakan berlangsung cukup lama, memang perlu lebih kreatif dan inovatif. Apalagi bagi pebisnis UMKM. Tantangan untuk mengatur ritme bekerja dari rumah agar bisnis tetap berjalan pun harus dilakukan.

Nah, bagaimana strateginya agar perusahaan tetap berjalan meski dengan menerapkan work from home? Bagaimana pula langkah menerapkan strategi tersebut agar perusahaan tetap berkembang meski pemiliknya bekerja dari rumah?

Memulai.id akan membantu Anda untuk merencanakan bagaimana untuk menjalankan perusahaan Anda dari rumah secara remote working.

Ubah Fokus Produk atau Layanan

Krisis merupakan suatu keadaan yang abnormal, karena itu tidak bisa dihadapi dengan cara-cara yang normal. Pada saat masa krisis seperti sekarang ini, dibutuhkan langkah yang radikal dan terobosan yang berani.

Anda mungkin perlu mengubah fokus produk atau layanan yang Anda jual.

Ubah ke mana? Tergantung. Mari kita coba cermati bisnis apa yang sedang menurun dan menanjak saat pandemi Covid-19 ini!

Pertama, daftar bisnis yang menurun, bahkan bisa terpuruk di saat ini adalah sebagai berikut.

  1. Segala bisnis terkait travel (hotel, penjualan tiket, rumah makan atau tempat jual beli suvenir di tempat wisata, dan sebagainya).
  2. Bisnis hiburan tempat berkumpulnya banyak orang (bioskop, pertunjukan, pameran, mall, dan sebagainya).
  3. Restoran atau rumah makan yang menerapkan Dine-in.
  4. Fashion (karena shifting kepada produk-produk pangan dan kebutuhan primer).
  5. Elektronik (efek shifting juga).
  6. Property (efek shifting), dan lain sebagainya.

Intinya, bisnis yang menurun adalah yang membutuhkan pelanggan untuk tetap hadir, dan yang bukan termasuk kebutuhan primer atau sekunder.

Lalu, bisnis apa yang akan menanjak di masa pandemi dan krisis ini?

  1. Bisnis makanan delivery
  2. Pendidikan online (kursus online, online schooling, dan semacamnya).
  3. Bisnis yang membantu konektivitas jarak jauh (teleconference)
  4. Obat dan alat kesehatan.
  5. Hiburan jarak jauh (Netflix, Iflix, Indihome)
  6. Pulsa dan telekomunikasi
  7. Ekspedisi, kargo dan logistik
  8. Jasa panggilan.

Intinya, bisnis yang menanjak adalah yang termasuk kebutuhan dasar, kesehatan, atau dapat diakses tanpa harus bepergian.

Nah, termasuk manakah, usaha Anda?

Jika termasuk dalam bisnis yang sedang menurun, Anda perlu mengubah strategi, atau bahkan core product Anda. Tak perlu kaku dan ingin memaksakan idealisme karena dalam masa krisis, yang penting adalah survive.

Bahkan martha tilaar yang spesialis kosmetik pun akhirnya memproduksi hand sanitizer dan desinfektan. Karena tentu, kecil ataupun besar, semua usaha berharap untuk tetap berkembang atau setidaknya bertahan saat pandemi Covid-19 ini.

Manfaatkan Teknologi Internet

Internet memungkinkan proses komunikasi, pengawasan, pemasaran, hingga penjualan dilakukan secara tele. Pada saat pandemi yang mengharuskan physical distancing seperti sekarang ini, penggunaan internet merupakan hal yang wajib.

Perluas jangkauan pemasaran Anda dengan internet. Buat website, masuk ke dalam digital marketing. Jika belum paham, ikuti kelas pelatihan online yang menyediakan materi sekaligus ruang konsultasi dan diskusi.

Manfaatkan waktu kerja dari rumah seperti sekarang ini untuk membuka cakrawala pengetahuan baru. Lagipula, ilmu ini akan tetap dibutuhkan saat pandemi surut dan ekonomi kembali menggeliat.

Karena tren industri 4.0 ke depannya adalah Big Data dan Internet of Things.

Jika Anda menjual produk, gunakan internet untuk pemasaran dan jasa ekspedisi untuk distribusi. Kalau jasa layanan yang Anda jual, pastikan dapat melayani panggilan langsung dari end customer. Jemput bola.

Manajemen Waktu

Bekerja dari rumah tidak berarti Anda boleh slacking. Manajemen waktu tetap harus diterapkan secara maksimal kepada Anda beserta tim dan para staf Anda.

Buatlah daftar to do list untuk dikerjakan setiap hari. Pasang prioritas pada 3 hal paling penting yang harus diselesaikan hari itu juga. Tulis daftarnya di malam sebelumnya untuk dieksekusi di hari itu. Terapkan ini pada seluruh tim dan staf Anda.

Selamat kerja dari rumah dan semoga pandemi atau krisis ini segera berlalu! Salam sehat dan sukses!