Tunggu Sebentar

 

Food & BeveragesBisnis Kuliner Ayam Kekinian ala Kandang Ayam

Henney28April 2, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/04/kandang-ayam.jpg

 

Kuliner berbahan ayam memang selalu punya pasar yang seolah tak ada matinya, hal inilah yang ditangkap sebagai peluang bisnis yang menjanjikan oleh Shendy Lukito pemilik dari resto Kandang Ayam. Resto berkonsep “rumah ayam” yang menyajikan kuliner ayam yang unik dan lain dari yang lain. Berawal dengan berjualan menggunakan gerobak di pinggir jalan, kini Shendy telah memiliki 6 gerai di kawasan Kota Bandung. Yakni di Kebon Kawung, Kebon Jati, Karapitan, Antapani, Bojongsoang dan Cimahi dengan menu andalan ayam krispi yang dipadukan dengan saus bercitarasa kuat yang memiliki 9 variasi rasa berbeda.

Fokus dengan Tujuan

Meski awalnya sempat hampir gulung tikar dan sempat berpikir untuk menutup bisnis kuliner ayam yang dijalankan, karena bisnis yang kurang berkembang hingga membuatnya tak mampu menggaji karyawannya. Namun tujuan serta motivasi yang kuat membuat Shendy tetap bertahan dengan bisnisnya. Melihat pemasaran konvensional belum bisa membuat bisnisnya berkembang, Shendy pun memutar otak dan mulai menggunakan media sosial untuk mengenalkan kuliner ayam yang ia coba tawarkan. Hasilnya responnya cukup bagus dan membuat penjulaan pun meningkat secara signifikan. Tak puas, Shendy juga mencoba peruntungan dengan mendaftarkan gerai kulinernya bersama merchant GrabFood. Karena melihat gaya hidup masayarakat saat ini yang mulai berubah dan lebih menyukai sistem pesan antar makanan. Ternyata, kejelian Shendy melihat peluang tidak keliru, hasilnya pun di luar ekspektasi. Bahkan hampir 30% penjualan di gerai resto Kandang Ayam di dapat dari order melalui aplikasi pesan antar makanan online tersebut hingga membuatnya jadi salah satu resto favorit di Bandung.

Konsep Kuliner Unik

Menawarkan menu ayam krispi yang dipadu dengan berbagai jenis saus bercitarasa unik, Kandang Ayam menawarkan konsep menikmati olahan ayam dengan cara yang lain dari menu bisnis kuliner ayam kebanyakan. Setidaknya, di resto Kandang Ayam terdapat 12 macam saus yang menemani sajian ayam krispi, 9 diantaranya saus basah dan sisanya saus kering dengan harga yang sangat terjangkau. Selain sajian kulinernya yang berbeda, konsep restonya pun juga tak kalah unik hingga membuat pengunjung makin betah berlama-lama menikmati sajian kuliner ayam yang ditawarkan. Dengan konsep tempat makan yang cozy serta sajian kuliner ayam yang unik, tak heran jika bisnis kuliner yang dijalankan Shendy Lukito melalui resto Kandang Ayamnya bisa sukses seperti sekarang ini dengan 6 gerai di kawasan kota Bandung dan Cimahi, belakangan ingin membukai gerai baru di kota lainnya.