Tunggu Sebentar

 

Food & BeveragesBisnis Pisang Kekinian, 4 Pengusaha Ini Raup Untung Hingga Ratusan Juta Rupiah

Henney28April 6, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/04/pisang-goreng-bu-nanik.jpg

Bisnis kuliner memang selalu menjanjikan. Tak mengherankan jika banyak yang kepincut untuk menggeluti bisnis yang satu ini. Salah satu  yang kerap jadi favorit pilihan ialah bisnis olahan pisang. Tak tanggung-tanggung, omset yang didapat dari bisnis olahan pisang bisa menyentuh angka ratusan juta rupiah.

Masih ragu? Sudah banyak yang membuktikan kenikmatan suksesnya bisnis olahan pisang. Bukan cuma satu atau dua bisnis, tapi banyak sekali yang sudah membuktikannya. Penasaran siapa saja yang jeli melihat peluang bisnis olahan pisang hingga sukses  dan meraup omset hingga ratusan juta rupiah? Yuk simak ulasan berikut selengkapnya.

1. Bu Nanik dengan Pisang Goreng Madu

 

Mulanya ketika mengawali bisnis olahan pisang ini Bu Nanik hanya coba-coba membuat kreasi olahan pisang goreng yang lain dari biasanya, ia pun menambahkan madu dalam adonan tepung untuk menggoreng pisang. Siapa yang menyangka jika banyak yang menyukai olahan pisang kreasi Bu Nanik tersebut. Hingga akhirnya ia pun membuka bisnis olahan pisang yang diberi nama Pisang Goreng Madu Bu Nanik agar membuatnya berbeda.

Sebetulnya, bu Nanik sendiri sudah memiliki bisnis katering yang menyediakan menu makan siang terutama untuk para karyawan dijalankan sejak 1994. Dan menu olahan pisang goreng madu tadi diselipkan dalam menu makan siang tersebut. Tak dinyana, banyak pelanggan yang menyukainya hingga akhirnya Bu Nanik pun mulai mengembangkan usaha kuliner pisang goreng madu tersebut dan meninggalkan usaha katering yang sudah dijalankannya lebih dulu. Hingga kini, usaha kuliner pisang goreng madu Bu Nanik ini diklaim mampu menghabiskan hingga 5 peti pisang raja setiap harinya.

2. Banana Royal

banana royal

Bisnis olahan pisang yang populer dengan brand Banana Royal ini menurut sang owner Andry Aditya mampu meraup omset sampai Rp 100 juta tiap bulannya hanya dari olahan pisangnya saja. Dilansir dari Detik.com, Andry menyebutkan jika bisnis banana nugget kala itu sedang ramai-ramainya. Dan hal tersebut ia tangkap sebagai peluang lalu yang layak dicoba dan mulai merintis bisnis banana nugget-nya sendiri dengan brand Banana Royal sekitar tahun 2017.

Berbekal pengalaman kerja sebagai koki di sebuah hotel, pria alumnus SMK 1 Bandung tersebut pun mulai menjalankan bisnis olahan pisang nugget. Awalnya, karena keterbatasan modal dan tak mau buru-buru Andry memilih rumah orangtuanya untuk jadi tempat produksi olahan pisang nuggetnya. Perlahan tapi pasti, pisang nugget buatan Andry jadi populer dan banyak disukai. Untuk pemasaran dan promosi, Andry memanfaatkan sosial media agar jangkauannya makin luas.

Setiap harinya Andry mampu menjual hingga 200 kotak olahan banana nugget. Bahkan ketika sedang ramai, Andry bisa menjual olahan pisang nuggetnya hingga 400 kotak. Andry juga mengaku bahwa ia merasa sangat senang dengan apa yang ia capai saat ini dan berencana untuk mengembangkan bisnisnya ke depan.

3. Gedhang Ganteng

Selanjutnya ada Muhammad Rofif Amrullah, pengusaha muda sekaligus owner dari kafe Gedhang Ganteng bahkan mengaku mampu meraup omset sampai Rp 80 juta tiap bulannya dari bisnis olahan pisangnya. Mendapat inspirasi dari sebuah pisang tandan, Rofif (panggilan akrabnya) kemudian berpikir untuk mencoba menjual olahan dari pisang. Ia meyakini dengan olahan pisang yang inovatif dan kreatif, untung yang diperoleh bisa lebih banyak. Kemudian Rofif pun memutuskan untuk membuka kafe pertamanya di Jl. Mayjen Panjaitan, Malang dengan mengusung konsep olahan serba pisang dengan modal Rp 40 juta yang diperoleh dari orang tua dan tabungan pribadinya.

Kafe Gedhang Ganteng lambat laun semakin ramai oleh pengunjung, yang sebagian besar didominasi oleh anak-anak berusia muda. Tak mengherankan, karena memang Rofif mengincar kalangan anak muda jadi target marketnya, selain itu harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau sehingga tak bakal bikin kantong menjerit. Kafe olahan pisang ini sendiri menawarkan olahan pisang dengan harga dari mulai Rp 5.000 sampai Rp 20.000 untuk setiap porsinya.

4. Sang Pisang

Ternyata anak presiden juga tertarik dengan bisnis olahan pisang kekinian, lho. Kaesang, anak bungsu dari Presiden Jokowi ini merintis bisnis pisang dengan brand Sang Pisang. Ketika ditanya mengenai omset bisnis olahan pisang yang dijalankannya, Kaesang bahkan berceletuk hinga sembilan digit. Hingga saat ini Sang Pisang sudah punya 300 outlet dan tersebar di berbagai kota di Indonesia. Ide bisnis olahan pisang kekinian ini tercetus ketika Kaesang sedang nongkrong bersama sahabat-sahabatnya membahas peluang bisnis. Kemudian, muncul ide bisnis pisang kekinian yang kini diberi nama Sang Pisang tersebut.

Nah, itu tadi empat bisnis pisang kekinian yang mampu meraup omset sampai ratusan juta rupiah. Sekarang giliran Anda untuk menemukan ide dan peluang bisnis yang ada dihadapan Anda? Sudah terbayang ingin mengembangkan ide bisnis seperti apa?