Tunggu Sebentar

 

BisnisUMKMPeluang Bisnis Saat Corona yang Menguntungkan

Sigid SetyoApril 28, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/04/peluang-bisnis-saat-corona-yang-menguntungkan.jpg

Pandemi virus Corona telah menyebabkan penurunan bisnis secara menyeluruh. Banyak bisnis yang tumbang di masa pandemi Covid-19 ini. Tapi tak sedikit juga yang berkembang justru menjadi peluang bisnis saat Corona.

Bisnis apa saja yang terdampak parah dan bisnis apa yang berpotensi untuk menjadi pemenang di masa ini? Bagaimana dengan peluang UMKM di masa Pandemi Covid-19?

Bisnis Terdampak Corona

Menurut analisa Bank Indonesia, OJK, dan LPS, ada 6 bisnis yang kemungkinan akan menjadi loser pada masa pandemi ini.

Bisnis apa sajakah itu?

  1. Pariwisata (beserta semua bisnis turunannya)
  2. Konstruksi
  3. Transportasi (darat, laut, lebih lagi udara)
  4. Pertambangan
  5. Keuangan (Finance, Simpan Pinjam)
  6. Otomotif

Peluang Bisnis Saat Corona

Selain bisnis terdampak tersebut di atas, ada juga bisnis yang justru menjadi berpotensi menjadi winner di tengah krisis ini. Bisnis apa sajakah itu?

1. Makanan dan Minuman

Industri makanan hampir selalu bertahan dalam masa apapun, lebih lagi saat krisis. Karena makanan dan minuman merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi untuk bertahan hidup.

Namun, perlu dicermati bahwa ada pergeseran industri yang bertahan. Bisnis makanan yang terkait dengan wisata seperti restoran dengan sistem dine-in (makan di tempat) menjadi salah satu yang terdampak parah.

Warung makan yang menerapkan makan di tempat bahkan dapat drop omsetnya hingga hanya tinggal 10%. Anda dapat membaca artikel Memulai.id yang membahas tentang strategi bisnis kuliner bertahan saat Corona.

2. Tekstil

Industri tekstil dan turunan pabrik tekstil berpotensi berkembang saat pandemi virus Corona. Ini karena mereka dapat mengalihkan produksinya pada APD seperti masker dan safe suit.

Bisnis pakaian juga dapat bertahan didukung oleh momen Ramadan dan Idul Fitri yang kerap mendongkrak penjualan. Karena waktunya yang belum terlalu lama, pengeluaran di bidang ini relatif kurang terdampak. Terutama untuk kalangan menengah atas.

3. Kimia, Farmasi, dan Alat Kesehatan

Kebutuhan akan produk-produk kesehatan di masa wabah Corona memang akan sangat dibutuhkan. Termasuk di dalamnya obat-obatan, ventilator, hand sanitizer, dan lain sebagainya.

Bisnis kesehatan ini diperkirakan mengalami peningkatan permintaan yang cukup tinggi. Sehingga akan sangat berpotensi untuk menjadi pemenang saat krisis akibat Corona ini.

4. Jasa Telekomunikasi

Tuntutan untuk bekerja dari rumah (work from home), belajar dari rumah, hingga beribadah di rumah, membuat komunikasi jarak jauh makin penting.

Industri yang mengambil bidang ini diperkirakan mengalami peningkatan permintaan yang sangat tinggi. Baik bagi provider telekomunikasi maupun jasa telekomunikasi berupa software atau aplikasi.

Contoh paling baik adalah ledakan pengguna aplikasi Zoomd dari 2 jutaan menjadi 100 juta di seluruh dunia dalam waktu singkat.

5. Jasa Logistik

Jasa logistrik juga menjadi peluang bisnis saat Corona yang potensial menguntungkan. Karena berkurangnya mobilitas manusia menyebabkan meningkatnya kebutuhan akan jasa pengiriman dan layanan antar barang.

Penyedia jasa logistik dapat memanfaatkan momen ini untuk menjaring pelanggan sebanyak-banyaknya. Caranya dengan memberikan promo menarik bagi pengiriman paket saat masa pandemi ini.

Peluang UMKM saat Corona

UMKM dapat menjadi potential losers maupun potential winners, tergantung di bidang apa dia bekerja. Namun, melihat sebaran UMKM yang terbanyak di bidang makanan dan minuman, serta pakaian, membuat ia sangat berpotensi untuk bertahan.

Tentu Anda perlu melakukan beberapa penyesuaian. Misalnya jika usaha Anda di bidang fashion, Anda perlu membaca artikel dari Memulai.id berikut ini.

Adaptasi yang kreatif akan terus dibutuhkan di masa krisis. Oleh karena itu, Anda perlu cepat tanggap dalam melihat peluang bisnis saat Corona sekarang ini.