Tunggu Sebentar

 

Food & BeveragesBranding Bisnis Kuliner ala CEO Warunk Upnormal

Henney28April 2, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/03/warunk-upnormal.jpg

 

Mengenalkan atau branding bisnis melalui promosi menjadi satu hal yang paling penting saat ingin menjalankan sebuah bisnis, terutama bisnis kuliner atau makanan. Namun, kebanyakan pelaku bisnis kuliner masih belum memahami bagaimana caranya menciptakan branding dengan efektif untuk bisnis yang dijalankannya. Salah satu contoh bisnis kuliner yang cukup sukses dengan branding-nya hingga mampu menggaet anak muda ialah Warunk Upnormal. Bisnis kuliner yang berada dibawah naungan CRP Group ini hingga kini memiliki puluhan outlet yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. Berikut tips yang dibagikan Rex Marindo, pendiri sekaligus CEO dari CRP Group untuk membangun branding bisnis kuliner agar punya daya saing.

Manfaatkan Kecanggihan Teknologi

Hal pertama yang sangat penting dalam branding bisnis kuliner menurut Rex, ialah maksimalkan kecanggihan teknologi. Terlebih di era modern seperti sekarang ini, hampir semua orang telah memiliki dan menggunakan smartphone-nya untuk mengakses media sosial. Jika dulu, Twitter jadi salah satu platform media sosial yang sedang booming. Hal tersebut, tentu sangat penting jika dimanfaatkan menjadi media promosi atau branding. Nah, untuk sekarang media sosial seperti apa yang sedang hits dan populer? Misalnya saja Instagram atau Facebook, maka manfaatkan kedua platform tersebut secara maksimal sebagai media promosi bisnis kuliner.

Gunakan Influencer

Membangun branding atau promosi lewat media sosial memang sangat penting. Rex menambahkan jika kemampuan manusia untuk membantu kegiatan promosi bisnis juga sangat efektif. Selain promosi yang dilakukan melalui komunikasi pertemanan, pelaku bisnis pun juga bisa memanfaatkan pengaruh dari seorang influencer maupun artis. Tapi sebelumnya, pelaku bisnis kuliner juga  harus memilih dengan cermat orang yang hendak dipilih untuk menyampaikan dan mengenalkan bisnis kulinernya sehingga bisa lebih maksimal.

Rex juga menyebut jika saat ini masanya promosi dengan menggunakan jasa para influencer. Namun jangan sembarangan memilih, usahakan pilih sosok yang memang meguntungkan untuk bisnsis kuliner yang sedang dijalankan. Misalnya saja food blogger ataupun mereka memiliki pengaruh yang bagus serta mampu membuat siapapun tergiur untuk mencicipi kuliner yang Anda tawarkan.

Selalu Belajar

Tak cuma itu saja, Rex pun juga berpesan supaya jangan lelah untuk selalu belajar. Belajar dari para pelaku bisnis kuliner lainnya yang sudah mencapai kesuksesannya lebih dulu. Bagaimana caranya mereka bisa meraih kesuksesan yang diperoleh sehingga bisa diterapkan juga pada bisnis kuliner yang sedang Anda jalankan.  Selain itu, masih menurut Rex Marindo, sebagai pelaku bisnis kuliner Anda juga harus selalu bisa menggali setiap potensi dan peluang yang ada agar bisnis kuliner yang dijalankan berkembang ke arah yang lebih baik ke depannya.