Tunggu Sebentar

 

PropertiCara Bisnis Properti Modal Nol, Terbukti dan Terukur

Sigid SetyoApril 5, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/04/cara-bisnis-properti.jpg

Potensi pertumbuhan bisnis properti yang mencapai 7-24% per tahun, tentu menggiurkan bagi setiap orang. Banyak yang berkeinginan untuk terjun di bidang ini, tapi sering terkendala dengan, terutama, biaya atau modal. Padahal, ada cara bisnis properti modal nol yang terbukti dan terukur dapat menaikkan income Anda secara drastis.

Cara tersebut adalah dengan menjadi agen, marketing, atau makelar properti.

Segampang itukah? Ya, tentu saja. Dan tentu juga bahwa Anda tetap perlu bekerja ekstra untuk menjualkan properti karena dari situlah komisi Anda berasal. Sekadar informasi, besar komisi untuk marketing properti adalah antara 2-2,5 % dari nilai properti yang dijual.

Jika Anda berhasil menjual 1 properti saja dengan nilai 1 M, maka komisi yang Anda terima adalah antara 20 – 25 juta rupiah. Sangat lumayan, bukan?

Itu pun baru dari 1 properti. Dengan kecanggihan teknologi, sangat mungkin untuk menjual properti lebih dari 1 setiap bulannya. Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk cara bisnis properti modal nol yang terbukti menguntungkan.

Daftar Menjadi Agen atau Marketing Properti

Syarat pertama adalah Anda harus memiliki daftar properti (listing) untuk Anda jualkan. Daftar ini bisa Anda dapatkan ketika Anda bergabung dengan agensi marketing properti. Upayakan untuk bergabung dengan agensi yang cukup besar karena listing mereka sering lebih lengkap dan memiliki pelatihan teratur.

Pelajari syarat dan ketentuan yang diberikan untuk menjadi anggota, serta hak dan kewajibannya. Jika ada kontrak yang perlu Anda baca, Anda harus baca dengan teliti, terutama terkait syarat keanggotaan dan pengaturan komisi.

Pelajari 1 Profil Properti yang Ditawarkan

Salah satu kesalahan banyak agen pemasar properti adalah berusaha menjual banyak properti sekaligus. Ini membuat mereka kesulitan dalam menguasi product knowledge yang mereka tawarkan. Akibatnya, calon buyer menjadi agak ragu dan kurang percaya karena agen pemasarnya sendiri terlihat meragukan.

Jauh lebih baik untuk menguasi 1 saja, atau kalau mau beberapa jumlah kecil, tapi dengan product knowledge yang dalam dan lengkap. Dengan demikian, agen dapat melayani calon pembeli sebaik mungkin.

Karena dalam bisnis properti, jauh lebih baik untuk memiliki 1 pembeli yang terpuaskan, daripada 1000 calon pembeli yang tak terpuaskan. Jadi, usahakan untuk menguasai product knowledge secara meluas dan mendalam walaupun hanya 1 atau 2 saja.

Bangun Daftar Calon Pembeli Properti Anda

Kekuatan dari pemasar, berlaku untuk pemasar apapun, adalah basis data yang kuat dari calon pembeli. Dan basis data ini harus Anda kumpulkan sendiri, tidak bisa meminta dari orang lain.

Dari mana basis data ini Anda dapatkan? Tentu saja Anda mengumpulkannya sendiri melalui proses demi proses. Dan internet membuat proses tersebut menjadi lebih mudah.

Anda dapat mengiklankan properti yang Anda jualkan di berbagai tempat di internet maupun offline. Contohnya di:

  1. Iklan Berbayar FB Ads
  2. FB Marketplace
  3. Iklan Berbayar Google Ads
  4. Situs jual beli bebas (OLX, Jualo, dan sebagainya)
  5. Website khusus iklan properti (Rumah123, IklanRumah, dan sebagainya)
  6. Spanduk, banner, dan selebaran offline

Setiap lead yang masuk menghubungi Anda, harus Anda catat sebagai prospek. Lakukan follow up dan bagi ke dalam golongan cold, warm, dan hot market.

Atur Jadwal Follow Up Calon Pembeli Properti

Siapkan jadwal follow up yang teratur dan teknik follow up yang baik kepada calon pembeli properti Anda. Pastikan bahwa Anda dapat meng-handle semua objection yang mereka kemukakan.

Berdasarkan respon mereka, Anda dapat mengkategorikan mereka ke dalam golongan pasar yang dingin, hangat, atau panas. Selalu upayakan kepada pelanggan untuk dapat melakukan survey lokasi. Anda tinggal mengoordinasikannya dengan tim developer. Hal ini akan meningkatkan kemungkinan calon pembeli Anda untuk closing pembelian.

Ulangi setiap langkah di atas dengan tekun dan lakukan evaluasi di setiap aksi Anda. Begitulah seharusnya cara bisnis properti modal nol yang sudah terbukti dan terukur meningkatkan income secara drastis. Selamat Menjual!