Tunggu Sebentar

 

Food & BeveragesGedang Jamur: Bisnis Jajanan Sehat yang Memiliki Target Pasar Luas

Darmarita PerdanaApril 7, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/04/kjhjh.jpg

Jajanan kekinian yang saat ini tengah menjamur memang membuat banyak orang tertarik untuk mencicipi. Peluang bisnis ini memang sangatlah besar karena segen pasar yang luas mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Potensi ini dimanfaatkan oleh Titin Agustina, owner dari Gedang Jamur untuk menekuni passion dibidang entrepreneur. Berawal dari berjualan jajan dengan menjadi reseller dari pedangan gorengan, Titin berusaha untuk terus berkembang. Tujuan awalnya memulai usaha adalah untuk mandiri secara finansial saat ia menjadi mahasiswa. Namun ternyata semakin ia menikmati jatuh bangun mengembangkan bisnis, keyakinannya menjadi pengusaha sukses semakin tinggi. Komitmen dari tujuan yang ingin ia capai diwujudkan dengan membuka usaha jajanan keninian yaitu Gedang Jamur.

Gedang jamur sendiri merupakan usaha jajanan dengan 2 produk unggulan yakni pisang keju dan nugget jamur dengan berbagai varian toping. Usaha ini dikembangkan Titin bersama rekannya Adjie Kurniawan Basuki dengan target yang besar. Pemilihan produk ini tentunya disesuaikan dengan trend yang sedang berkembang serta potensi yang ia miliki sendiri yakni budidaya jamur. Tentunya produk yang ditawarkan ini memiliki target pasar yang luas mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa.

Banyaknya pesaing tidak membuat bisnis Gedang Jamur menjadi kehilangan ciri khas. Selain memberikan pelayanan yang maksimal terhadap konsumen, bahan serta rasa juga menjadi prioritas utama. Karena konsep jajanan kekinian yang satu ini bersifat menyehatkan, Gedang Jamur tidak menggunakan bahan yang sembarangan. Semua bahan yang diolah haruslah segar untuk menjaga kualitas rasa dari produk. Seperti jamur yang digunakan merupakan hasil produksi sendiri, sehingga dalam memasarkan produk Gedang Jamur percaya diri untuk tampil beda. Selain itu, saus untuk toping yang digunakan merupakan olahan sendiri bukan produk pabrik. Tentunya dengan hal tersebut Titin mampu membuat rasa yang berbeda dari para pesaingnya di luar sana.

Promosi Menarik dan Pelayanan Terbaik untuk Menjaga Pelanggan

Pembeli adalah raja dan ratu yang harus dilayani dengan baik merupakan salah satu prinsip strategi yang dilakukan oleh Gedang Jamur. Dalam mengelola bisnisnya tersebut, Titin dan Adjie selalu bersikap ramah ketika berhadapan dengan konsumen. Karena mereka percaya bahwa faktor psikologis dapat membuat seorang konsumen berubah menjadi pelanggan setia. “Saya punya prinsip dalam menjalankan usaha yaitu tetap humble kepada siapapun, tidak memandang bagaimana penampilan dari konsumen kami selalu tersenyum kepada konsumen. Karena kami percaya bahwa kenyamanan dalam berbelanja salah satu alasan konsumen kembali lagi untuk membeli” ujar Titin. Wanita cantik yang satu ini memang menggunakan faktor psikologis untuk menarik konsumen untuk membeli produk di stand Gedang Jamur.

Gedang Jamur juga melakukan strategi marketing yang sudah cukup umum dilakukan oleh banyak pengusaha yakni mempromosikan melalui social media. Hal ini terbukti efektif untuk menarik konsumen. Dengan mengunggah foto secara rutin lewat social media, eksistensi bisnis yang dijalankan akan terus meningkat. Sehingga banyak orang semakin mengetahui dan tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

Sistem Delivery Order Memberikan Kemudahan Bagi Konsumen

Strategi marketing yang satu ini memang terbukti dapat menarik minat para konsumen, terlebih ibu-ibu yang memiliki kesibukan untuk mengurus pekerjaan atau anak muda yang memang lebih memilih cara praktis. Tentu saja dengan sistem delivery order atau pesan antar ini memudahkan konsumen dapat menikmati produk dari Gedang Jamur. Meskipun baru dibuka pada tahun 2020 ini, bisnis jajanan kekinian yang satu ini sudah memiliki omset yang lumayan untuk para pemula bisnis.