Tunggu Sebentar

 

Gaya HidupHimakraf: Bisnis Produk Custom dengan Desain Eksklusif

Darmarita PerdanaApril 6, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/04/81376131_487488012146540_4899994732668086961_n-1280x1280.jpg

Produk custom yang unik seperti jam dinding, gantungan dinding, dan aksesoris lainnya akan membuat dekorasi rumah menjadi lebih menarik. Terlebih karena desain impian dapat diwujudkan melalui produk-produk tersebut. Banyak orang yang memilih produk custom karena memberikan kepuasan tersendiri terhadap barang yang sudah di beli sehingga permintaan pasar semakin bertambah. Saat ini, banyak pengusaha yang merilik bisnis bidang tersebut namun tidak sedikit yang memberikan harga tinggi karena produk menjadi eksklusif dan tidak diproduksi secara masal. Melihat hal ini, seorang wanita asal Kutai Timur, Mulk Hima mengembangkan bisnis kreatif bernama Himakraf. Kecintaannya terhadap pernak-pernik lucu membuatnya ingin ikut terjun ke dalam bidang bisnis yang satu ini.

Bermula dari latar belakang pendidikan yang yakni Sarjana Desain Produk, Hima memang bertekad untuk menjadi seorang pengusaha. Tentu saja, peluang dalam bidang industri kreatif ini tidak ia sia-siakan begitu saja. Konsep dari Himakraf sendiri sangat beradaptasi dengan perkembangan trend yakni menyediakan produk custom sesuai keinginan para konsumennya. Meskipun pada umumnya produk custom sangatlah eksklusif dan terbilang mahal, namun Himakraf menjangkau segmen mulai dari menengah hingga menengah keatas. Hal tersebut yang membuat bisnis produk custom yang satu ini mulai diminati banyak konsumen.

Strategi Promosi Melalui Social Media yang Kreatif dan Efektif

Promosi merupakan salah satu strategi bisnis untuk menjaring konsumen hingga mempertahankan para pelanggan. Dengan konsep yang kekinian, Himakraf juga melakukan promosi melalui social media yakni instagram. “Kenapa Instagram karena Himakraf sendiri sudah membidik target konsumen yakni anak muda atau ibu-ibu muda yang banyak tertarik dengan produk custom. Dibandingkan platform lainnya, menurut saya Instagram lebih banyak menjaring attention sesuai dengan segmen pasar Himakraf” tutur Hima dalam salah satu sesi wawancara. Strategi marketing yang dilakukan oleh usaha produk custom satu ini terbilang kreatif dan sangat menonjolkan segi desain. Setiap pembuatan atau produk baru yang dikeluarkan selalu dikemas dengan ciamik agar menarik konsumen.

Instagram sendiri memang menjadi platform yang cocok untuk pengusaha produk desain karena dapat menjadi catalog atau gallery digital bagi calon konsumen yang ingin membeli. Penataan feeds yang menarik, desain kekinian dan jadwal pegunggahan teratur tentu menjadi strategi yang sering dilakukan oleh banyak produsen produk desain, begitu pun dengan Himakraf.

Segmentasi Konsumen Sehingga Membuat Himakrraf Tampil Beda

Dalam perencanaan bisnis, segmentasi pasar tentulah sangat penting karena akan mempengaruhi produk apa yang akan ditawarkan kepada para konsumen. Untuk membuat bisnis Himakraf berbeda, wanita cantik yang satu ini memberikan sentuhan dakhwah agama Islam pada produknya. “Himakraf saat ini banyak mendapatkan konsumen yang telah mengenal sunnah. Alhamdulilah sesuai dengan tujuan awal yakni membidik konsumen yang memang telah membuka pemahaman mengenai sunnah” ujar Hima, owner dari Himakraf. Meskipun tidak semua desain dapat diterima dalam pemahaman sunnah, namun dia berusaha untuk membuat produk yang sesuai. Pengkhususan konsumen tersebut bukan berarti menyempitkan target pasar dari bisnis ini, namun Himakraf ingin tampil beda dan menjadikan produknya ekslusif.

Tidak hanya membuat desain yang bernuansa sunnah, namun Himakraf sendiri juga menjalankan beberapa kaidah sunnah dalam menjalankan usahanya, seperti tidak menerima pesanan sebagai kado ulang tahun, hingga kado untuk anniversary pasangan. Hal tersebut merupakan wujud keseriusan dari Himakraf untuk menjadi salah satu bisnis yang mengembangkan konsep dakhwah.