Tunggu Sebentar

 

E-CommerceUMKMDaftar Marketplace Jualan Online Gratis untuk UMKM

Sigid SetyoApril 25, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/04/marketplace-tempat-jualan-online-gratis.jpg

Pembatasan Sosial Berskala Besar di beberapa wilayah membuat omset usaha di wilayah tersebut menurun drastis. Apalagi usaha kuliner, dine-in, hingga yang terkait wisata. Untuk itu, ada baiknya Anda melirik marketplace sebagai tempat jualan online gratis untuk mempertahankan omset Anda.

Gratis di sini berarti Anda tidak harus membayar hosting atau domain kepada penyedia. Meski begitu, biasanya pihak marketplace akan mengambil komisi dari setiap penjualan

Marketplace tersebut biasanya telah memiliki jutaan, bahkan puluhan juta, kunjungan per harinya. Anda dapat mencoba peruntungan di sana. Lumayan untuk meningkatkan omset selama masa pandemi, dan juga ke depannya. Dengan cara ini, Anda dapat menjual secara online, 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

Dimana marketplace yang tepat untuk membuka toko online Anda? Coba di antara marketplace berikut.

1. Shopee

Shopee sempat mendapatkan penghargaan sebagai marketplace terpopuler di Indonesia. Keunggulan utamanya adalah pengguna akan mendapatkan diskon gratis ongkir antara 10 – 20 ribu rupiah yang ditanggung Shopee. Selain itu, bonusnya juga melimpah setiap bulan yang dikemas dalam bentuk game seru.

Bagi Anda yang ingin berjualan, prosedurnya sangat mudah. Cukup mendaftarkan diri di sini dan ikuti petunjuknya. Toko Anda dapat langsung buka dalam hitungan menit.

2. Lazada

Lazada Group berasal dari Singapura yang kini telah diakuisisi oleh Alibaba Group. Kunjungan ke situs mereka via aplikasi juga mencapai jutaan per harinya. Keunggulan untuk penggunanya ada pada sistem COD yang membuat tingkat trust pelanggan sangat besar.

Bagi Anda pelaku usaha, Lazada menyajikan support yang relatif lebih bagus dibandingkan yang lain. Terutama dengan Lazada University yang membuat Anda dapat segera mencapai omset besar meski gaptek di awal.Di sini Anda belajar step by step dari newbie hingga pedagang besar di Lazada.

3. Tokopedia

Marketplace yang hingga kini dimiliki oleh William Tanudwidjaya ini merupakan marketplace asli Indonesia yang paling ramai. Kunjungan per bulan mencapai lebih dari 100 juta. Penggunanya tercatat paling aktif menggunakan aplikasi, baik via Iphone maupun Android.

Interface Tokopedia dapat dipahami dengan mudah, jadi Anda pasti dapat mempelajarinya dengan cepat. Selain itu, dukungan support juga sangat bagus. Yang lebih penting, pencairan dana di Tokopedia terhitung sangat cepat, hanya dalam hitungan jam. Ini membuat cashflow Anda relatif lebih lancar jika berjualan di sini.

4. Bukalapak

Bukalapak juga merupakan marketplace asli Indonesia yang memiliki kunjungan di atas 100 juta per bulan. Aplikasinya yang ringan dan promonya yang kreatif menjadikan bukalapak sangat diminati oleh berbagai kalangan masyarakat.

Bagi penjual, dukungan bukalapak sangat bagus, baik dari admin maupun komunitas pelapaknya. Anda bisa bertanya banyak hal dari hal teknis sampai strategi untuk meningkatkan omset.

5. Elevenia

Marketplace ini merupakan hasil kerjasama antara PT XL Axiata Tbk dengan SK Planet asal korea. Kemudahan dalam pembayaran dan promo yang beragam menjadi daya tarik utama Elevenia bagi penggunanya.

Bagi penjual, proses pendaftaran Elevenia sangat mudah dan supportnya juga bagus. Anda bahkan bisa mendapatkan jasa pemotretan produk secara gratis untuk mendapatkan tampilan yang profesional.

6. Blanja

Blanja.com merupakan marketplace hasil besutan Telkom dengan Ebay asal Amerika. Sejak didirikan pada 2014, performanya semakin baik hingga mencatatkan omset trilyunan per tahunnya.

Blanja.com sangat akomodatif terhadap UMKM, seberapapun besar ukurannya. Ini merupakan kesempatan bagi pemilik usaha, apalagi yang sudah memiliki branding sendiri, untuk ikut mengambil pasar online.

Nah, dimanakah tempat jualan online gratis yang Anda inginkan? Pastikan untuk aktif dan mempelajari supportnya agar usaha Anda semakin cepat berkembang.