Tunggu Sebentar

 

Gaya HidupHiburanMelalui Kelas Edukatif, Nirmana Memberi Ruang Seni untuk Berkreasi

Darmarita PerdanaApril 4, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/04/83938156_197341274793691_5779051234984160766_n.jpg

Seni memang saat ini menjadi hal yang eksklusif sehingga banyak orang menilai sangat sulit untuk mempelajari atau mendapatkan akses ke bidang tersebut. Bahkan para penggiat seni pun banyak yang cukup kesulitan mencari bahan baku peralatan seni untuk mengembangkan usaha atau sededar menyalurkan hobi. Tentunya masih sangat minim ruang-ruang untuk mengakomodasi hal tersebut, melihat potensi ini Nirmana hadir memberikan ruang kepada pekerja seni, penghobi, bahkan penguasaha industry kreatif untuk mengembangkan bisnisnya. Menghadirkan toko peralatan seni rupa dan kerajinan yang bertujuan menfasilitasi mereka yang ingin memulai usaha atau menyalurkan hobi, Nirmana tampil berbeda dengan sejumlah kelas edukatif yang sering diadakan. Tentunya, hal ini merupakan salah satu bidang bisnis lain yang akan menarik konsumen untuk usaha yang satu ini.

Nirmana sudah berkecimpung di bidang seni sejak 2017 sebagi Rumah Seni yang siap memberikan ruang pada siapa saja yang tertarik untuk mengembangkan bakat dibidang seni dan kerajinan. Strategi Nirmana sangatlah unik dimana mereka sering membuka program edukasi melalui sejumlah lokakarya sesuai dengan permintaan pasar dan juga trend yang sedang berkembang. Oleh sebab itu, masyarakat Balikpapan sangat menerima eksistensi Nirmana dengan sangat antusias.

Strategi Inofativ dan Efektif dalam Mengembangkan Usaha

Keberadaan rumah seni sendiri memang akan menimbulkan pertanyaan bagi banyak masyarakat karena konsep bisnis ini bukan seperti toko yang menjual bahan-bahan konsumtif. Oleh sebab itu, tentunya tidak mudah untuk mengenalkan kepada masyarakat mengenai bagaimana bisnis ini sebenarnya. Tentu saja hal ini tidak membuat Nirmana kehabisan segudang ide kreatif. Nirmana memilik untuk mengajak semua orang mengetahui dengan belajar bersama. Strategi memberikan edukasi kepada para konsumennya inilah yang membuat Nirmana menjadi populer di Kota Balikpapan.

Target konsumen dari Nirmana sendiri sebenarnya tidak spesifik, namun kebanyakan pelaku industry kreatif, penggiat seni, atau penghobi dibidang ini. Rumah seni ini sering mengadakan kelas rutin yang banyak memiliki murid setiap kelas yang mereka adakan. Tidak hanya memberikan edukasi melalui kelas-kelas seni dan kerajinan saja, Nirmana juga merangkul komunitas dan mengadakan ruang-ruang diskusi mengenai pengayaan literasi dan menumbuhkan berbagai inovasi. Tujuan dari diskusi tersebut tentunya untuk memberikan edukasi mengenai bisnis ini. Oleh sebab itu, Nirmana memiliki tiga bidang bisnis yakni Art Store, Rumah Seni dan Creative Hub. Pendekatan secara edukatif inilah yang menjadi jurus andalan mengembangkan usaha sembari melakukan banyak kolaborasi dengan sejumlah pihak yang terkait.

Pemilihan Lokasi yang Strategis

Meskipun sampai saat ini, jenis bisnis rumah seni masih sangat jarang ditemui namun tidak serta merta menjadi superior di dalam kelasnya. Tentunya Nirmana juga melakukan berbagai strategi bisnis yang bisa mendatangkan para konsumen untuk mencapai tujuan mereka yakni memberikan ruang berkreasi serta berinovasi. Karena strategi rumah seni yang satu ini lebih menyentuh para konsumen mereka untuk banyak berdiskusi, lokasi yang mereka pilih sangatlah strategis yakni berkedatan dengan sebuah kedai kopi.

Pemilihan tempat yang strategis ini tentunya mampu menarik banyak orang penasaran dan ingin mengetahui lebih dalam mengenai Nirmana itu sendiri. Diskusi Nirmana tidak semua dilakukan secara berkelompok, namun mereka juga memberikan konsultasi tentang pemilihan alat seni rupa sampai bagaimana memilih teman berkarya yang tepat. Didukung lokasi yang berdekatan dengan warung kopi, para konsumen akan lebih nyaman untuk bersilaturahmi dalam durasi yang cukup panjang.