Tunggu Sebentar

 

Gaya HidupMempelajari Bisnis Produk Custom Desain yang Kekinian Ala Himakraf

Darmarita PerdanaApril 6, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/04/82496613_545818202687324_9024601451525488115_n-1280x1279.jpg

Produk dekorasi rumah atau aksesoris yang menambah keunikan suatu ruangan tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa orang. Ditambah desain menarik yang sesuai dengan keinginan tentunya akan membuat kepuasan tersediri dalam membeli suatu barang. Hal inilah yang membuat Himakraf dijalankan karena peluang bisnis produk custom semakin meningkat. Berlokasi di Kabupaten Kutai Timur, menambah peluang bisnis ini semakin besar karena belum banyaknya pesaing. Mengusung konsep kekinian dan memberikan sentuhan dakhwah sunnah pada produknya, Himakraf tampil beda dengan produk custom desain yang ciamik. Tidak hanya itu, harga yang ditawarkan pun masih terjangkau untuk produk custom desain yang rata-rata bersifat eksklusif dengan harga yang cukup tinggi.

Dalam perencanaan bisnis, segmentasi pasar tentulah sangat penting karena akan mempengaruhi produk apa yang akan ditawarkan kepada para konsumen. Untuk membuat bisnis Himakraf berbeda, Mulk Hima sang owner memang memberikan sentuhan dakhwah agama Islam pada produknya. “Himakraf saat ini banyak mendapatkan konsumen yang telah mengenal sunnah. Alhamdulilah sesuai dengan tujuan awal yakni membidik konsumen yang memang telah membuka pemahaman mengenai sunnah” ujar Hima pada salah satu sesi wawancara. Meskipun tidak semua desain dapat diterima dalam pemahaman sunnah, namun dia berusaha untuk membuat produk yang sesuai. Pengkhususan konsumen tersebut bukan berarti menyempitkan target pasar dari bisnis ini, namun Himakraf ingin tampil beda dan menjadikan produknya eksklusif.

Pentingnya Promosi dengan Memanfaatkan Perkembangan Teknologi

Promosi merupakan salah satu strategi bisnis untuk menjaring konsumen hingga mempertahankan para pelanggan. Dengan konsep yang kekinian, Himakraf juga melakukan promosi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi melalui social media yakni Instagram. “Kenapa Instagram karena Himakraf sendiri sudah membidik target konsumen yakni anak muda atau ibu-ibu muda yang banyak tertarik dengan produk custom. Dibandingkan platform lainnya, menurut saya Instagram lebih banyak menjaring attention sesuai dengan segmen pasar Himakraf” tutur Hima dalam salah satu sesi wawancara. Strategi marketing yang dilakukan oleh usaha produk custom satu ini terbilang kreatif dan sangat menonjolkan segi desain. Setiap pembuatan atau produk baru yang dikeluarkan selalu dikemas dengan ciamik agar menarik konsumen.

Instagram sendiri memang menjadi platform yang cocok untuk pengusaha produk desain karena dapat menjadi catalog atau gallery digital bagi calon konsumen yang ingin membeli. Penataan feeds yang menarik, desain kekinian dan jadwal pegunggahan teratur tentu menjadi strategi yang sering dilakukan oleh banyak produsen produk desain, begitu pun dengan Himakraf.

Membangun Gallery Untuk Menambah Minat Konsumen

Sebagai wujud keseriusan membangun bisnis, Hima membuka gallery produk custom yang berada persis di depan rumahnya. Hal ini bertujuan untuk membuat menarik minat konsumen dan juga membuat usaha yang ia jalani semakin berkembang. Pembukaan toko fisik yang konvensional ini tentu membuat trust dari konsumen semakin meningkat ketika melakukan promosi melalui social media. Langkah awal dari Himakraf ini tentunya memiliki sisi positif dalam segi strategi marketing karena konsumen dapat berkunjung langsung hingga berkonsultasi mengenai desain yang mereka inginkan. Namun diperlukan perencanaan modal yang cukup sehingga dapat mewujudkan hal tersebut. Saat ini, bisnis yang sedang berkembang tersebut terus melakukan banyak strategi terutama pengembangan produk yang bisa dijadikan tambahan variasi pilihan untuk para konsumen. Tentunya dengan mengikuti trend desain dan juga produk yang sedang banyak digemari menjadi dasar pertimbangan dalam pemilihan produk serta desain.