Tunggu Sebentar

 

E-CommerceDaftar Situs Pasang Iklan Gratis di Internet

Sigid SetyoApril 30, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/05/pasang-iklan-gratis-di-internet.jpg

Pembatasan sosial yang sedang berlangsung menjadikan kesempatan untuk promosi secara konvensional menjadi sedikit terhambat. Untuk para pelaku bisnis, ini tentu sangat berpengaruh. Sebagai solusi, Anda dapat pasang iklan gratis di internet.

Di mana bisa memasang iklan secara gratis tanpa dipungut biaya di internet?

1. Pasang Iklan Gratis untuk COD

Jika model penjualan Anda menggunakan sistem COD (Cash on Delivery) anda dapat menggunakan situs-situs berikut untuk memasang iklan secara gratis.

a. Olx.co.id

Berawal dari tokobagus.com menjadi olx..co.id, merupakan situs yang menjadi langganan orang untuk mencari barang dengan sistem pembelian COD. Anda bisa menjual hampir barang jenis apapun berdasarkan lokasi terdekat.

Banyaknya kunjungan per hari dapat mencapai hampir 800 ribu view. Ini memungkinkan Anda menemukan pembeli dalam waktu kurang dari 1 hari.

b. Jualo.com

Situs ini masih merupakan situs milik anak negeri Indonesia sendiri dengan rerata kunjungan mencapai 490 ribu view per harinya. Situs ini juga menyediakan jasa untuk memasang iklan secara gratis di internet sesuai lokasi Anda.

2. Pasang Iklan di Marketplace

Jika Anda tidak berminat bertemu langsung dengan pelanggan untuk COD, Anda dapat mengupload produk jualan Anda di marketplace. Marketplace merupakan tempat berkumpulnya para penjual dan pembeli di dunia maya.

Adapun marketplace yang cocok untuk Anda gunakan antara lain sebagai berikut.

a. Tokopedia.com

Tokopedia merupakan marketplace yang banyak menjual produk UMKM dengan harga lumayan. Anda dapat mencoba peruntungan dengan membuat toko online di sini.

b. Bukalapak.com

Bersama dengan Tokopedia, Bukalapak merupakan marketplace asli Indonesia yang memiliki banyak kunjungan (mencapai jutaan view) per harinya. Sistemnya serupa, yakni dengan membuat toko online untuk meng-upload katalog produk Anda.

c. Shopee.co.id

Shopee merupakan marketplace milik asing yang sangat kreatif dalam membuat event dan memberikan promosi. Shopee dikenal dengan gratis ongkirnya yang sangat mudah untuk didapat tanpa syarat yang rumit.

Anda dapat membuat toko online di Shopee dengan mudah dalam hitungan menit tanpa perlu memahami apapun tentang website sebelumnya.

d. Lazada.co.id

Lazada juga merupakan marketplace asing yang dimiliki oleh Alibaba Group. Marketplace ini dikenal dengan tampilannya yang cantik dan sistem COD-nya yang cepat.

Untuk dapat menjual di Lazada, Anda dapat mengikuti secara langkah demi langkah panduan Lazada University yang telah disediakan.

Saat ini, setiap marketplace juga telah menerapkan sistem COD sebagai salah satu bentuk pembayaran.

3. Pasang Iklan Gratis untuk Jasa

Jika Anda pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah yang bergerak di bidang jasa, Anda dapat menggunakan tempat berikut untuk memasang iklan jasa Anda.

a. Sejasa.com

Sejasa merupakan situs untuk tawar beli jasa secara online yang berfokus pada jasa langsung. Dalam artian, situs ini berperan hanya sebagai perantara yang menghubungkan pengguna jasa dengan penyedia jasa secara langsung. Transaksi dan pelayanan kemudian dapat dilakukan dengan bertemu secara langsung di dunia nyata.

b. Projects.co.id

Situs ini merupakan tempat bertemunya pengguna dan penyedia jasa secara online. Jasa yang ditawarkan di sini biasanya yang dapat dikerjakan secara remote working. Hasilnya akan dikirim kepada pembeli jasa secara online.

c. Sribulancer.com

Situs ini juga sama sistemnya dengan projects.co.id, tempat jual beli jasa yang dapat dikerjakan secara remote. Kelebihannya adalah potongan yang diambil oleh penyedia hanya 10%, lebih kecil dari dari situs sebelumnya yang mencapai 12%.

Keterbatasan Pasang Iklan Gratis di Internet

Karena menyajikan iklan gratis, ada keterbatasan dalam sistemnya. Misalnya, Anda mungkin hanya dapat memasang iklan sampai jumlah tertentu, dan harus membayar untuk dapat memasang iklan lagi.

Misalnya lagi, iklan Anda dapat dihapus atau harus tenggelam karena bersaing dengan orang lain yang juga memasang iklannya paling terbaru.

Untuk dapat memasang iklan secara bebas, membayar tetap merupakan cara yang paling efektif mendatangkan banyak pembeli. Sehingga Anda tidak lagi terbatas untuk pasang iklan di internet.