Tunggu Sebentar

 

E-CommerceLaris! Ide Produk yang Laku Saat Corona

Sigid SetyoApril 29, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/04/produk-yang-laku-saat-corona.png

Di tengah menurunnya perekonomian akibat dampak pandemi Covid-19, ternyata ada beberapa jenis produk yang laku saat corona, bahkan mengalami peningkatan pembelian. Ini bisa jadi ide untuk business shifting, khususnya bagi Anda yang bergerak di bidang perdagangan.

UMKM bidang perdagangan termasuk yang tidak terlalu sulit untuk melakukan shifting, karena bisa lebih fleksibel dalam pemasarannya. Nah, produk-produk berikut ini dapat menjadi pilihan untuk Anda jual dalam masa pandemi Corona sekarang.

1. APD (Alat Perlindungan Diri) Bidang Kesehatan

Permintaan terhadap APD kesehatan ini sempat mengalami kenaikan yang luar biasa akibat panic buying dan limited supply. Kenaikan permintaan bahkan mencapai 600% atau 6 kali lipat dari saat biasa.

Meski saat ini harga mulai berangsur turun dari yang sebelumnya menggila, permintaan APD diprediksi masih akan tinggi hingga 2 – 3 bulan ke depan. Anda dapat menjual masker, sarung tangan disposable, dan jenis APD kesehatan lainnya.

2. Alat Olahraga Mandiri

Dengan adanya PSBB, kegiatan olahraga di luar rumah menjadi berhenti sama sekali. Bahkan, aktivitas di gym-gym pun menurun karena banyaak kekhawatiran akan penularan. Ke depannya, tren ini bisa bertahan dan membentuk sebuah kebiasaan baru di kalangan masyarakat.

Penjualan alat bantu olahraga mandiri di rumah bahkan melonjak hingga 300%. Ini tentu peluang yang sangat bagus di masa korona.

3. Perlengkapan Cuci Piring

Semakin banyak aktivitas dilakukan di rumah masing-masing menjadikan kegiatan makan menghasilkan banyak cucian. Peningkatan penjualan bahan dan perlengkapan cuci piring seperti spons, sikat, dan sebagainya bahkan mencapai 207%.

4. Alat Monitor Kesehatan

Masa pandemi semakin membuat orang aware terhadap kesehatannya masing-masing. Mereka menjadi ingin tahu tentang kondisi tubuhnya secepat mungkin tanpa harus dibantu tenaga kesehatan.

Ini membuat alat monitor kesehatan berbentuk jam tangan, gelang, dan sebagainya jadi produk yang laku saat corona. Peningkatan penjualan mencapai 182% dibandingkan momen biasa.

5. Perlengkapan Kamar Mandi

Meningkatnya pemahaman masyarakat mengenai pentingnya cuci tangan membuat permintaan terhadap produk terkait semakin tinggi. Baik berupa sabun, pasta gigi maupun alat minor lain, semua mengalami peningkatan hingga 160%.

Tidak hanya berupa bahan, peningkatan juga terjadi dalam bentuk perlengkapan yang membuat suasana mandi lebih nyaman. Seperti tempat sabun cair, tempat sikat, tempat odol, dan semacamnya.

6. Perlengkapan Memasak

Masa physical distancing banyak dimanfaatkan masyarakat untuk mencoba hal yang selama ini hanya diidamkan. Salah satunya adalah memasak.

Ini waktunya mereka mengembangkan kemampuan memasaknya dengan mencoba resep baru. Video panduan memasak juga mengalami peningkatan view yang signifikan. Sementara penjualan perlengkapan memasak meningkat sebesar 160% selama masa Pandemi.

7. Produk Peralatan Kerajinan Tangan

Selain memasak, hobi lain yang juga banyak diminati adalah prakarya atau membuat kerajinan DIY (Do it Yourself). Dari yang berbahan benang, kain, kertas, manik-manik dan sebagainya menjadi produk yang laris saat Corona.

Kegiatan ini memang mengasikkan dan dapat menjadi aktivitas yang mendidik bersama anak yang juga sekolah di rumah. Potensi ini melejitkan penjualan produk bahan dan alat kerajinan mencapai 117% di banding hari biasa.

8. Produk Perawatan Wajah dan Tubuh

Bagi perempuan, merawat wajah dan tubuh tak boleh dibatasi oleh pandemi. Kebutuhan perawatan yang biasanya dilakukan di salon, mau tak mau harus dilakukan secara mandiri.

Peningkatan permintaan terhadap produk facial and body care ini cukup signifikan, mencapai 212% jika digabungkan. Sebagai produk yang memang special needs, produk ini dapat bertahan secara stabil bahkan setelah pandemi.

Nah, sudah putuskan produk yang laku saat Corona mana yang akan Anda jual. Anda dapat memulai dari yang paling dibutuhkan oleh anggota keluarga Anda. Karena itu berarti, keluarga orang lain mungkin juga membutuhkannya.