Tunggu Sebentar

 

Gaya HidupHiburanRumah Seni Nirmana Tawarkan Solusi Kreatif untuk Kembangkan Bakat

Darmarita PerdanaApril 3, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/04/82505782_836533866760649_8614254473154613849_n-1280x1280.jpg

Usaha industry kreatif saat ini tengah mejadi idola banyak orang karena produk barang atau jasa yang mereka jual akan membuat konsumen tertarik. Hal ini yang membuat Nirmana hadir menawarkan solusi bagi para pelaku industry kreatif di Balikpapan dengan menghadirkan ruang-ruang belajar untuk terus mengembangkan inovasi mengani produk mereka. Tidak hanya para pengusaha industry kreatif saja, Nirmana juga memberikan ruang bagi penggiat seni bahkan semua orang yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai seni. Saat ini Nirmana memiliki tiga bidang usaha yakni Rumah Seni, Art Store dan juga Creative Hub.

Saat diwawancarai pada salah satu kesempatan, Project Manager Nirmana, Sophie Razak mengatakan bahwa masih banyak orang yang menganggap seni merupakan hal eksklusif sehingga sulit untuk dijangkau. Melihat hal tersebut, Nirmana menghadirkan ruang untuk masyarakat Balikpapan dan semua orang menyalurkan hobi mereka, meluapkan kegemaran dan juga belajar bersama serta berbagi cerita seru mengenai keseharian dengan sederhana. “Rumah Seni Nirmana terbuka sebagai ruang pembelajaran bersama untuk berkesenian melalui banyak media seperti kelas kreatif, lokakarya, ruang pameran, dan lain sebagainya” tutur Sophie.

Konsep Bisnis “Hidup Untuk Saling Menghidupi”

Dengan konsep bisnis yang sederhana yakni “hidup untuk saling menghidupi”, Nirmana hadir memberikan ruang bagi siapa saja untuk memulai usaha di bidang industry kreatif. Bisnis satu ini memang banyak membuka kelas seperti kelas karikatur, kelas painting, kelas merajut bahkan kelas akting pun pernah diadakan. Konsumen dari Nirmana sendiri memang sangat beragam mulai dari anak-anak, remaja sampai orang tua. Bisnis ini memang tidak mentargetkan konsumen karena setiap orang dapat menyalurkan hobi serta ide di sana.

Tentunya mengapa rumah seni ini memiliki konsep yang sangat filosofis yakni tujuan dari Nirmana sendiri adalah ingin mengembangkan usaha bersama para penggiat seni atau pengusaha industry kreatif. Sama seperti nama dari bisnis ini, Nirmana memiliki arti yakni titik kecil yang berproses secara berkesinambungan menjadi sebuah perjalanan dan menggenapkan sebuah bentuk atau rupa. Setiap orang mulai dari kelompok maupun individu dapat hadir pada kelas yang dibuka sesuai dengan jadwal.

Strategi Pengembangan Bisnis yang Inofatif

Nirmana berkembang bukan hanya sebuah rumah seni biasa, namun juga terdaat toko peralatan seni dan kerajinan yang dijual. Sehingga dengan peralatan tersebut, para penggiat seni dan juga penghobi bisa mendapatkan peralatan yang berkualitas untuk mengembangkan hobi mereka. Hal ini merupakan komitmen nyata dari Nirmana untuk membantu mengembangkan idustri kreatif di Balikpapan. Tidak hanya itu saja, Nirmana juga aktif melakukan kolaborasi untuk melakukan sebuah pameran serta aktif merangkul komunitas. Dengan usaha yang dilakukan sejak 2 tahun tersebut, saat ini Rumah Seni Nirmana banyak dikenal oleh banyak masyarakat Balikpapan.

Strategi inofatif dari Nirmana yang tak kalah menarik adalah menghadirkan ruang diskusi yng berkaitan dengan pengayaan literasi serta inovasi untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai bisnis tersebut. Beberapa tema yang mengarah ke permasalahan individual maupun kelompok tentang seni mereka angkat untuk memberikan edukasi. Contohnya Nirmana memberikan konsultasi terhadap tester alat seni rupa, konsultasi agar tidak salah dalam memilih teman berkarya dan lain sebagainya. Keunikan dan inovasi yang ditawarkan oleh Nirmana inilah yang membuat bisnis ini tetap eksis hingga sekarang. Tidak hanya sekedar menjual produk, namun melalui promosi yang edukatif membuat suatu bisnis dapat dilirik oleh banyak masyarakat.