Tunggu Sebentar

 

TeknologiIde Start Up: Pemanfaatan Teknologi untuk Pendidikan

Sigid SetyoApril 3, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/04/start-up-teknologi-untuk-pendidikan.jpg

Pendidikan merupakan suatu bidang yang akan terus ada sepanjang kehidupan manusia. Hingga beberapa dekade, abad, hingga millenium ke depan. Karena itu ini bidang yang sangat bagus untuk dijadikan basis ide start up. Apalagi kemungkinan pemanfaatan teknologi untuk pendidikan sangat terbuka lebar ke depan.

Dengan semakin majunya perkembangan teknologi, semakin tersedian ruang bagi pemanfaatadidikan teknologi untuk pendidikan. Beberapa di antaranya dapat menjadi ide start up yang menarik.

Start Up Kursus Pendidikan Online

Kursus merupakan salah satu cabang dalam pendidikan yang menarik untuk digarap. Pangsa pasarnya bahkan jauh lebih besar daripada pendidikan formal. Karena kursus tak hanya dilakukan oleh peserta didik di tahap pendidikan dasar dan menengah. Bahkan para pekerja, orang dewasa, pun membutuhkan kursus.

Anda tak harus menjadi penyedia materi, tapi cukup menjadi jasa penyalur koneksi antara pakar dengan pembelajar. Pakar tersebut akan memproduksi konten dan menjadi tempat bertanya dan berdiskusi. Anda cukup menyediakan platform yang simpel, mudah, dan nyaman untuk itu.

Salah satu start up Indonesia yang cukup berhasil di bidang ini adalah Ruang Guru. Dengan menyasar pasar pelajar tingkat dasar dan menengah, prospek ke depannya akan sangat besar dan berkembang.

Anda dapat mengambil ide ini dan memberikan nilai tambah yang lebih daripada yang sudah disediakan pihak lain. Beri nilai tambah untuk penyedia konten maupun pembelajar yang bergabung. Contoh dengan pengambilan kursus per materi yang membuatnya menjadi jauh lebih murah dibandingkan yang lain.

Start Up Teknologi Untuk Administrasi Awan (Cloud Administration)

Administrasi di bidang pendidikan menjadi salah satu kendala yang memakan banyak biaya, waktu, dan energi. Sedangkan hampir semua proses pembelajaran dan pendidikan mengharuskan administrasi agar dapat terdata secara profesional. Mulai dari pra, saat, dan setelah pembelajaran, hingga administrasi sekolah dan laporan lain.

Fitur dapat diperkaya dengan melakukan otomatisasi administrasi hingga update info secara push notification langsung kepada smartphone pengguna. Orang tua jadi bisa memahami proses pendidika anak, mulai kurikulum, kebutuhan sekolah, proses, hingga hasil pembelajaran. Semuanya dapat dilakukan melalui perangkat di tangan masing-masing.

Monetisasinya dapat melalui kontrak dengan sekolah, lembaga pendidikan formal, informal, dan non-formal, hingga pemerintah. Sebelumnya pastikan bahwa nilai tambah yang diberikan selalu jauh lebih besar daripada biaya yang dikeluarkan.

Start Up Teknologi untuk Pendidikan Antarsebaya

Pendidikan antarsebaya atau peer education kerap terlupakan padahal merupakan sesuatu yang penting dalam dunia pendidikan.

Maksud dari peer education adalah memaksimalkan potensi teman sebaya untuk mengajari dan melatih temannya yang lain. Cara ini, khususnya bagi pelajar tingkat menengah, merupakan cara yang sangat efektif. Karena kuatnya dorongan untuk bersosialisasi dan peer aknowledgement pada usia tersebut.

Anda dapat merancang sebuah start up yang mendorong dan memberdayakan pelajar untuk saling berbagi konten dan bimbingan antarmereka. Dengan pelajar Indonesia semakin terdorong ke arah yang positif, efeknya juga jauh lebih luas ke depannya.

Start Up Teknologi Gamifikasi Pembelajaran

Belajar itu membosankan, entah bagaimana kesan tersebut dapat muncul dalam mayoritas pelajar, khususnya tingkat menengah. Solusinya, pembelajaran dapat menggunakan alur seperti game yang menjadi kesukaan banyak orang.

Dibutuhkan kreativitas yang luar biasa untuk menciptakan game yang mampu memberikan dampak di bidang pendidikan. Namun, tantangan seperti ini jelas menjanjikan buah yang sangat manis jika dapat digarap dengan baik. Karena tidak setiap orang suka belajar, tapi jelas setiap orang suka bermain.

Nah, ide start up teknologi untuk pendidikan apa lagi yang ingin Anda kembangkan? Mari memulai dan berbagi untuk Indonesia yang lebih baik.