Tunggu Sebentar

 

BisnisE-CommerceUMKMTempat Jualan Online untuk UMKM

Sigid SetyoApril 24, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/04/tempat-jualan-online-gratis.jpg

Kehadiran covid-19 menghadirkan tantangan dalam menjalankan bisnis, apalagi UMKM. Karena kemungkinan tak dapat tatap muka, Anda harus menemukan cara lain untuk jualan dari rumah. Salah satunya dengan menjual secara online. Untuk itu, Anda akan butuh tempat jualan online yang bisa membuat jualan laris dan yang lebih penting, gratis.

Dimana Anda dapat mulai menjual secara online tanpa bayar? Banyak. Anda dapat mencoba menjual dengan cara berikut ini.

Jualan Langsung lewat Chatting

Handphone kita pada dasarnya memiliki harta karun yang dapat menjadi sumber rejeki. Apakah itu? Nomor kontak.

Jika selama ini nomor kontak hanya menjadi hiasan pelengkap handphone Anda, pada masa krisis, ia dapat menjadi penyelamat bisnis Anda.

Cobalah untuk menghubungi semua nomor dalam kontak Anda (jumlahnya bisa ratusan atau bahkan ribuan). Kirimi mereka pesan pribadi dan tawarkan untuk menggunakan produk atau layanan Anda.

Tentunya Anda tidak bisa langsung menawarkan karena bisa jadi spam dan kredibilitas Anda justru menurun di mata mereka. Tanyakan dulu kabar. Gunakan basa-basi pertemanan. Lalu tawarkan produk dan layanan Anda dengan catatan: ada diskon atau keuntungan khusus buat mereka.

Program khusus ini bisa jadi pemicu mereka agar berminat menggunakan produk atau jasa Anda.

Dengan cara tersebut, Anda pasti akan mendapatkan pembeli, entah yang baru ataupun pelanggan lama. Jika 5% saja, Misal ada 1000 kontak di handphone Anda, sudah ada 50 pembelian, bukan?

Jualan Online lewat Media Sosial

Media sosial sejatinya memang tempat untuk saling bersosialisasi dalam dunia maya. Tapi dengan segala fitur yang memungkinkannya menjangkau banyak orang, ia bisa jadi tempat jualan online gratis yang potensial.

Kemudahan berjualan lewat media sosial terutama dari fitur sharing atau berbagi. Ini membuat postingan dapat berpotensi untuk menjadi viral.

Tentunya ada teknik tertentu karena tidak semua postingan akan viral. Untuk itu, Anda perlu menguasai teknik copywriting dan pembuatan konten yang tepat. Juga skill untuk menjual secara online dari rumah yang lainnya.

Media sosial saat ini bahkan ada yang sudah dilengkapi fitur marketplace dimana Anda dapat mem-posting produk atau layanan yang Anda jual. Lengkap dengan harga, kriteria, dan lokasi dimana produk atau layanan Anda dipasarkan.

Anda dapat memanfaatkan media sosial tidak hanya untuk branding, tapi juga untuk melakukan penjualan secara langsung.

Ke depannya, beberapa media sosial bahkan berencana membuat sistem escrow atau rekening bersama sendiri. Sehingga Anda dapat langsung melakukan pembelian dan pembayaran langsung secara aman di media sosial tersebut.

Melihat perkembangan ke depan, masuk ke pasar lewat media sosial sangat penting untuk dilakukan.

Jualan Online di Marketplace

Marketplace merupakan sebutan untuk tempat berkumpulnya para penjual di dunia maya. Dapat disebut juga pasar atau supermarket online.

Ada 3 macam kriteria marketplace, yaitu B2B, B2C, dan C2C.

Bagi Anda yang belum paham, B2B berarti dari menjual dari pelaku usaha ke pelaku usaha lain. B2C dari pelaku usaha ke konsumen. Sedangkan C2C dari konsumen ke konsumen.

Sebagai pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah, Anda dapat mendaftar di marketplace model B2C atau C2C. Marketplace model C2C akan membolehkan Anda menjual dengan mudah. Cukup membuat akun dan Anda langsung dapat memposting produk atau layanan Anda.

Sedangkan marketplace model B2C mungkin memiliki syarat tertentu, semisal tentang kualitas, stok barang, dan sebagainya. Dengan sebelumnya mengurus administrasi dan legalitas, hal ini dapat Anda penuhi dengan mudah.

Nah, mulailah gunakan tempat jualan online gratis yang tersedia di internet untuk bertahan dan tetap berkembang di saat krisis. Salam Sukses!