Tunggu Sebentar

 

E-CommerceTeknologiDaftar Software dan Aplikasi untuk Desain Iklan

Sigid SetyoMei 1, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/05/aplikasi-desain-iklan.png

Kebutuhan akan promosi secara online pada masa pandemi ini semakin meningkat. Anda tentu membutuhkan konten visual untuk membuat tampilan iklan Anda dapat menarik pemirsa. Untuk itu, daftar software dan aplikasi desain iklan berikut dapat Anda coba.

Mengapa Butuh Aplikasi Desain Iklan?

Bandingkan kesan Anda sendiri ketika melihat iklan baris dengan iklan premium yang menampilkan gambar. Tentu lebih menarik dan terlihat dapat dipercaya yang menampilkan gambar. Apalagi jika gambar visualnya terlihat unik dan menarik.

Di sinilah letak poin kebutuhan aplikasi atau software desain, yaitu untuk merancang tampilan iklan yang menarik agar yang melihat tergerak untuk membeli. Aplikasi tersebut juga berguna untuk memudahkan sehingga Anda dapat membuat rancangan iklan secara cepat dan efektif.

Daftar Software Desain Iklan

Software atau aplikasi berikut ini merupakan perangkat lunak untuk membuat desain iklan secara cepat. Anda dapat menggunakannya secara gratis untuk merancang iklan Anda.

Ada aplikasi yang berjalan di OS Android, ada juga yang software berjalan di Windows. Yang jelas, software atau aplikasi ini dapat diakses atau didapatkan dengan mudah dan gratis.

Berikut daftar software atau aplikasi untuk mendesain iklan yang Anda butuhkan.

1. Canva

Canva merupakan aplikasi desain iklan berbasis web yang sangat mudah untuk digunakan. Ia menyediakan lebih dari 2000 template dalam lebih dari 20 kategori yang dapat langsung Anda gunakan.

Anda dapat merancang visual dari iklan Anda hanya dengan melakukan drag n drop serta menyunting teks yang telah tersedia. Cukup kunjungi websitenya di canva.com dan mendaftar aksesnya secara gratis di sana.

Meski gratis, desainnya benar-benar eye cacthcing  dan menarik. Namun, untuk beberapa desain tertentu digolongkan sebagai premium. Anda perlu membayar sejumlah biaya untuk menggunakan desain premium tersebut.

Saat ini, Canva telah memiliki bentuk aplikasi yang dapat kamu download di Google Playstore atau Appstore. Dengan demikian, Anda dapat membuat desain sebuah iklan langsung dari smartphone Anda.

2. PicsArt

Seperti Canva, Picsart juga merupakan aplikasi yang berjalan pada platform Android atau Apple. Bedanya, PicsArt bukanlah tidak menyajikan template yang telah didesain khusus. Untuk membuat visual iklan, Anda perlu membuatnya dari awal.

Memang kurang praktis bagi yang tidak terlalu tertarik dengan dunia desain. Tapi dengan sedikit usaha, fitur-fiturnya akan dapat digunakan secara optimal.

Karena perlu membuat dari awal itulah pengguna PicsArt harus kreatif. Jika sudah terbiasa, desain dari PicsArt ini sangat baik untuk dijadikan konten iklan. Terutama untuk iklan jenis soft selling dan story telling yang cocok untuk sosial media.

3. Powerpoint

Untuk yang satu ini, kemungkinan Anda sudah tahu seperti apa perangkat lunaknya. Ya, Powerpoint merupakah sebuah software buatan Microsoft yang berjalan pada OS Windows.

Saat ini penggunaan power point sudah begitu umum sehingga anak sekolah menengah pun sudah paham cara pakainya. Siapa tahu, ternya Powerpoint dapat digunakan sebagai alat untuk membuat sebuah desain iklan yang menakjubkan.

Contohnya seperti berikut.

aplikasi desain iklan

 

Untuk itu, Anda membutuhkan template banner dalam bentuk power point. Anda dapat mencarinya di internet dan mengunduhnya secara gratis. Dari template tersebut, Anda tinggal mengganti gambar, tulisan, dan mengubah warna atau menambah bentuk dengan mudah.

Nah, itu adalah 3 perangkat lunak baik berupa software PC maupun aplikasi smartphone yang dapat Anda gunakan untuk membuat desain dengan mudah dan cepat.

Gunakan desain iklan yang bagus terutama untuk branding dan soft selling di sosial media. Dengan demikian, meski pandemi masih terjadi, tak ada alasan untuk tidak promosi.