Tunggu Sebentar

 

E-CommerceCiri-Ciri Pinjaman Online Resmi

Sigid SetyoJuni 3, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/06/pinjaman-online-resmi.jpg

Di masa penjualan yang menurun ini, pemasukan finansial sangat dibutuhkan. Terkadang untuk membiayai usaha, Anda terpikirkan untuk menggunakan pinjaman online resmi. Terutama jika bisnis Anda masih belum memungkinkan dibiayai oleh bank besar.

Beberapa bank atau koperasi sering meminta jaminan berupa surat-surat berharga semisal sertifikat dan semacamnya. Jika bisnis Anda belum terlalu besar, Anda mungkin mendapati prosesnya rumit dan berbelit.

Jika Anda terpikirkan untuk menggunakan jasa pinjaman online, Anda perlu berhati-hati agar menggunakan jasa pinjaman online legal atau resmi. Ini untuk menghindari kemungkinan terjadinya masalah di kemudian hari.

Apa saja ciri-ciri pinjaman online resmi tersebut?

1. Terdaftar di OJK

Semua perusahaan yang bergerak di bidang keuangan, termasuk mengumpulkan dan menyalurkan uang dari partnernya, harus terdaftar di otoritas jasa keuangan.

Ini berfungsi sebagai filter bahwa sistem yang digunakan perusahaan tersebut tidak merugikan atau memiliki potensi yang sangat merugikan masyarakat. OJK akan menilai dan mengawasi praktik yang digunakan perusahaan tersebut sehingga masyarakat tidak dirugikan secara sengaja.

Pinjaman online bukan termasuk yang dikecualikan dalam hal ini. Perusahaan yang terkenal dengan sebutan fintech tersebut juga harus mendaftar di OJK untuk memastikan sistem yang digunakan fair bagi masyarakat.

Bagaimana untuk tahu perusahaan fintech tersebut sudah terdaftar di OJK?

Anda dapat mengeceknya pada laman berikut: https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10460.

Jika perusahaan yang Anda maksudkan tidak ada dalam daftar yang dikeluarkan OJK tersebut, sebaiknya Anda hindari untuk menjauhi masalah di kemudian hari.

2. Memiliki Identitas Perusahaan yang Jelas

Seperti halnya manusia, perusahaan yang dapat dipercaya juga wajib memiliki identitas yang jelas. Identitas yang jelas menimbulkan kejelasan dan kepercayaan bahwa transaksi yang dilakukan akan bersifat jangka panjang, tidak bersistem hit and run.

Apa saja identitas yang harus dimiliki oleh perusahaan pinjaman online resmi tersebut?

  1. Nama perusahaan
  2. Alamat perusahaan (kantor utama dan cabang-cabangnya)
  3. Nomor kontak atau hotline perusahaan.
  4. Situs dan email resmi perusahaan tersebut.

Empat hal tersebut merupakan identitas minimal yang harus diberitahukan kepada publik secara rsemi. Entah melalui laman situsnya ataupun pada biografi media sosial perusahaan.

Jika ingin yakin, Anda dapat mengeceknya dengan menghubungi kontak resminya. Baik melalui email, situs rsemi, maupun channel media sosial mereka. Karena perusahaan fintech yang profesional pasti telah memiliki sistem aduan atau layanan pelanggan yang baik.

3. Bunga Normal dan Tidak Berlebihan

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang finansial, penghasilan utamanya tentu berasal dari bunga pinjaman. Hal tersebut normal dan malah menjadi aneh jika ada pinjaman online legal yang tidak mengenakan bunga.

Memang bunga tersebut tidak selalu dalam bentuk persen terhadap nilai pinjaman, bisa juga dalam bentuk bagi hasil yang sesuai dengan prinsip syariah. Yang manapun, pinjaman online resmi memiliki range bunga normal yang tidak berlebihan.

Berapakah range bunga yang normal dan tidak mencekik tersebut?

OJK sendiri menetapkan bahwa maksimal bunga yang diperbolehkan adalah 100% secara kumulatif. Sedangkan dalam rentang waktu per bulan, rerata pinjaman online legal hanya menerapkan bunga antara 0,7 hingga 2%.

Jika Anda mendapati perusahaan money lending online yang mengenakan bunga lebih besar dari itu, lebih baik Anda pertimbangkan untuk menggunakan jasa yang lainnya.

4. Memiliki Mekanisme Pinjaman yang Baik

Online fintech yang resmi seharusnya sudah memiliki sistem atau mekanisme pinjaman yang baik. Mulai dari pengajuan pinjaman, verifikasi data, pencairan, hingga penagihan.

Perusahaan pinjaman online resmi akan memiliki sistem yang memastikan bahwa nasabah mereka dapat dipercaya. Karena itu akan ada mekanisme verifikasi data yang jelas. Menurut OJK, perusahaan juga tidak diperbolehkan untuk menggunakan daftar kontak yang ada dalam hp pelanggan.

Begitu juga dengan penagihan, perusahaan resmi diwajibkan memiliki tenaga penagihan yang telah tersertifikasi. Dengan demikian menghindari adanya konflik yang akan diakibatkan oleh debt collector yang tidak terkontrol.

Nah, sudah jelas kan ciri pinjaman online resmi? Jika Anda ingin mengadakan kontrak, pastikan bahwa perusahaan rekanan Anda memiliki ciri-ciri yang telah disebutkan di atas.